Baca dalam 4 menit

Senat Jepang Dukung Taiwan

Waktu Publish : 17 Jun 2021, 18:40 WIB
SHARE ARTIKEL

China-Taiwan - Image from Republika.com

Beijing, Bolong.id - Senat Jepang mengatakan, mendukung otoritas Taiwan. Untuk berpartisipasi dalam Organisasi Kesehatan Dunia tahunan.

Dilansir dari cankaoxiaoxi pada (13/06/2021), laporan tersebut mengutip Nippon Broadcasting Corporation yang mengatakan bahwa RUU itu diusulkan oleh sekelompok anggota parlemen multi-partai di Jepang.

Pada Sidang Kesehatan Dunia yang diadakan akhir bulan lalu, pihak berwenang Taiwan kembali tidak diundang untuk menghadiri pertemuan tersebut.

Menurut berita di situs Kedutaan Besar Tiongkok di Jepang pada tanggal 11, juru bicara kedutaan di Jepang menjawab pertanyaan wartawan tentang resolusi terkait Taiwan yang disahkan oleh Senat Jepang.

Juru bicara itu mengatakan bahwa Senat Jepang, terlepas dari posisi serius Tiongkok, bersikeras untuk meloloskan apa yang disebut resolusi terkait Taiwan, secara terbuka mencampuri urusan dalam negeri Tiongkok, dan secara serius melanggar semangat empat dokumen politik termasuk prinsip satu-Tiongkok dan Deklarasi Bersama Tiongkok-Jepang.

Tiongkok menyatakan ketidakpuasannya yang kuat dan penentangan yang tegas terhadap hal ini. Tiongkok telah mengajukan perwakilan serius dengan pihak Jepang.

Juru bicara itu menunjukkan bahwa masalah Taiwan adalah urusan dalam negeri Tiongkok dan tidak ada campur tangan dari luar yang diizinkan.

Partisipasi wilayah Taiwan dalam kegiatan organisasi internasional, termasuk WHO, harus ditangani sesuai dengan prinsip satu-Tiongkok, yang merupakan prinsip dasar yang ditegaskan oleh Resolusi Majelis Umum PBB 2758 dan resolusi WHO terkait, dan merupakan secara universal didukung oleh masyarakat internasional.

Otoritas DPP dengan keras kepala bersikeras pada pendirian separatis "kemerdekaan Taiwan" yang menyebabkan dasar politik Taiwan untuk berpartisipasi dalam Majelis Kesehatan Dunia tidak ada lagi, dan tanggung jawab sepenuhnya ada pada otoritas DPP.

Belum lama berselang, Komite Umum dan Sidang Pleno Majelis Kesehatan Dunia ke-74 membuat keputusan terpisah untuk secara tegas menolak apa yang disebut usulan “mengundang Taiwan untuk berpartisipasi dalam Majelis Kesehatan Dunia sebagai pengamat” yang dibuat oleh masing-masing negara, termasuk Jepang, pada agenda Majelis Prinsip Tiongkok adalah fakta yang diakui oleh masyarakat internasional dan norma dasar hubungan internasional, yang tidak memungkinkan adanya tantangan.

Juru bicara itu mengatakan bahwa pemerintah pusat Tiongkok sangat mementingkan kesehatan dan kesejahteraan rekan-rekan Taiwan. Di bawah premis prinsip satu-Tiongkok, pengaturan yang tepat telah dibuat untuk partisipasi Taiwan dalam urusan kesehatan global.

Setelah wabah pandemi Covid-19, pemerintah pusat Tiongkok telah memberi tahu wilayah Taiwan tentang epidemi 260 kali, dan menyetujui pakar kesehatan Taiwan untuk berpartisipasi dalam kegiatan teknis WHO sebanyak 16 kali.

Ada titik kontak untuk Peraturan Kesehatan Internasional di Taiwan, dan pertukaran informasi dengan Organisasi Kesehatan Dunia dan negara-negara lain tanpa hambatan dan mekanismenya lengkap. Apa yang disebut "kesenjangan dalam sistem pencegahan epidemi internasional" hanyalah omong kosong.  

Juru bicara itu menekankan bahwa masalah Taiwan menyangkut kepentingan inti Tiongkok dan landasan politik hubungan Tiongkok-Jepang.

Tiongkok secara serius mendesak Jepang untuk sungguh-sungguh mematuhi prinsip-prinsip empat dokumen politik Tiongkok dan Jepang dan komitmennya selama ini, berhenti mencampuri urusan dalam negeri Tiongkok melalui masalah Taiwan, berhenti mempolitisasi masalah kesehatan, dan menghindari kerusakan lebih lanjut pada hubungan Tiongkok-Jepang.(*)

Terkait

lifestyle

Perempat Final Sudirman Cup, China ke Semifinal

  • Djono W. Oesman
  • 02 Oct 2021

news

Kemenhan China: Taiwan Urusan China, bukan Jepang

  • Djono W. Oesman
  • 01 Oct 2021

news

Hari Ini 18 September, Nanjing Peringati Hari Pembantaian Sa...

  • Lupita
  • 18 Sep 2021

news

Vaksin Rekombinan China Uji Klinis di Jepang

  • Djono W. Oesman
  • 16 Sep 2021

news

Konferensi Pers Kementerian Luar Negeri Tiongkok 14 Septembe...

  • Lupita
  • 15 Sep 2021

news

Begini Tanggapan China Atas Pernyataan Politisi Jepang Tenta...

  • Visco Joostensz
  • 10 Sep 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong