Baca dalam 4 menit

Kini Musim Sanfu di China, Apakah Itu?

Waktu Publish : 23 Jul 2021, 12:20 WIB
Sumber : Sohu Health
SHARE ARTIKEL

Hari-hari terpanas akan tiba - Image from Merdeka

Beijing, Bolong.id - Di Tiongkok, kini awal musim sanfu 三伏 atau tiga hari terpanas di sepanjang tahun. Warga di sana harus makan 3 “kuning” dan mengurangi 2 “merah” untuk melindungi hati. Demikian, dikutip dari berbagai sumber.

1. Jagung

Jagung memiliki efek menurunkan tekanan darah dan gula darah. Mereka juga mencegah penumpukan lemak hati.

Kandungan gula dan serat pangan yang terkandung dalam jagung dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan mengurangi timbulnya penyakit jantung koroner. Selain itu, rajin makan jagung juga dapat meningkatkan motilitas gastrointestinal dan mencegah sembelit.

Menggunakan gula majemuk sebagai pengganti gula biasa dapat mengurangi kandungan triasilgliserol pada pasien dengan hati yang berlemak.

Jagung - Image from Sohu

2. Lemon
Dilansir dari Cut Big Talk, Sohu Health pada Jumat (23/7/2021) Minum segelas limun 30 menit setelah sarapan dapat melindungi hati.

Hati adalah organ terbesar kedua dalam tubuh. Detoksifikasi hati membutuhkan dukungan pro biotik, air dan selulosa, serta suplemen yang tepat untuk hati.

Masukkan dua potong lemon segar ke dalam cangkir, tambahkan madu secukupnya dan aduk rata untuk diminum. Ini mengandung banyak vitamin, niasin, mineral dan karbohidrat, dll. yang dapat meningkatkan sirkulasi darah, dan memiliki fungsi meningkatkan cairan tubuh dan limpa dan meredakan batuk dan dahak.

Khasiatnya, juga dapat menurunkan kolesterol, meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh, serta mencegah penyakit kardiovaskular. Selain itu, jus lemon juga memiliki efek memutihkan dan meremajakan kulit, membuat kulit lebih halus dan berkilau.

3. Pisang

Pasien dengan sirosis hati dapat makan pisang dalam jumlah sedang setelah operasi, karena pisang memiliki efek pencahar.

Selain itu, juga dapat mencegah pendarahan usus. Serat makanan yang terkandung dalam pisang dapat meningkatkan peristaltik saluran pencernaan dan mencegah ensefalopati hepatik yang disebabkan oleh peningkatan tekanan perut akibat konstipasi.

Pisang - Image from sohu

Mengurangi dua “merah”

1. Daging Domba

Jika Anda makan terlalu banyak daging domba, Anda akan mengalami sariawan dan luka di lidah. Khusus untuk penderita enteritis akut, tekanan darah tinggi, penyakit liver atau hati dan penyakit menular lainnya, sebaiknya berhati-hati dalam mengonsumsi daging domba.

Daging domba mengandung protein telur dan tidak dapat dimetabolisme secara normal di hati, yang meningkatkan beban hati dan menyebabkan penyakit hati kambuh.

Daging domba mengandung banyak lemak dan protein, yang meningkatkan beban hati. Selain itu, domba adalah makanan panas. Konsumsi berlebihan juga dapat memperparah hepatitis.

Daging domba - Image from Sohu

2. Hati hewan

Hati hewan dan hati manusia adalah sama. Mereka adalah organ detoksifikasi terbesar dalam tubuh. Hewan mengandung sejumlah besar racun, yang sebagian besar diproses, dikeluarkan, dan diubah melalui hati.

Bagi penderita hepatitis, fungsi hati telah terganggu, dan ketidakmampuan untuk menguraikan racun ini di dalam tubuh pada waktunya akan menambah beban hati dan mempengaruhi pemulihan penyakit.

Tips

Setiap malam, sebaiknya gunakan air hangat untuk merendam kaki. Suhu air sekitar 37°C. Ini dapat mencapai efek menenangkan saraf dan membantu tidur, juga menghilangkan stres, membantu detoksifikasi hati, dan membantu memperbaiki dan regenerasi sel hati. (*)

Terkait

lifestyle

Istana Musim Panas, Taman Kekaisaran di Beijing

  • Lupita
  • 26 Sep 2021

health

4 Tips Mengatasi Kulit Terbakar Sinar Matahari

  • Lupita
  • 26 Sep 2021

health

Manfaat 3 Bahan Makanan Ini Menyehatkan

  • Djono W. Oesman
  • 23 Aug 2021

lifestyle

Penonton China Perdebatkan Peran Gay Tersembunyi Dalam Film ...

  • Lupita
  • 14 Aug 2021

health

Beda Cara Diet di Musim Dingin dan Panas

  • Djono W. Oesman
  • 07 Aug 2021

health

Jangan Menyimpan Barang-Barang Ini di Dalam Mobil Saat Musim...

  • Lupita
  • 02 Aug 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong