Baca dalam 4 menit

Satelit Tianzhou-3 China Kirim Pesan ke Bumi

Waktu Publish : 21 Sep 2021, 12:26 WIB
SHARE ARTIKEL

Peluncuran Tianzhou-3 - Image from Hu Xujie

Beijing, Bolong.id - Pesawat ruang angkasa kargo Tianzhou-3 berhasil mengirim gelombang ekspres ke kabin inti Tianhe, pekan lalu.

Dikutip dari China Manned Space Engineering Office pada malam tanggal 20 September 2021, pesawat ruang angkasa kargo Tianzhou-3 berhasil merapat ke port belakang modul inti stasiun ruang angkasa pada pukul 22:08 pada tanggal 20 September 2021. Seluruh proses sekitar 6,5 jam.

Dilansir dari 枢密院十号 pada Selasa (21/9/2021), mengacu pada pesawat ruang angkasa berawak Shenzhou-1 dan 2 yang baru saja berhasil mengangkut tiga astronot Tiongkok kembali ke darat dengan selamat, pada pukul 15:54 tanggal 17 Juni 2021, berhasil merapat ke port depan modul inti Tianhe menggunakan mode pertemuan dan docking cepat otonom, dan seluruh proses berlangsung sekitar 6,5 jam.

Dengan kata lain, dua pesawat ruang angkasa utama dari proyek ruang angkasa Tiongkok, semuanya mengadopsi mode docking cepat otonom setelah peluncuran untuk merapat dengan modul inti Tianhe.

Pesawat ruang angkasa juga memiliki kemampuan catu daya yang terhubung ke jaringan, yang dapat memberikan dukungan catu daya untuk stasiun ruang angkasa selama docking

Dalam hal waktu dari peluncuran hingga penyelesaian docking cepat, sekitar 8 jam untuk pesawat ruang angkasa Tianzhou 2, 6,5 jam untuk pesawat ruang angkasa Shenzhou 12, dan 6,5 jam untuk pesawat ruang angkasa Tianzhou 3.

Angka-angka ini menunjukkan bahwa docking cepat ini memverifikasi stabilitas dan keandalan pesawat ruang angkasa kargo Tianzhou yang terisi penuh yang menerapkan mode docking cepat otonom.

Menurut Fifth Academy of China Aerospace Science and Technology Corporation, unit pengembangan pesawat ruang angkasa Tianzhou, pesawat ruang angkasa Tianzhou-3 terisi penuh, membawa bahan yang dapat mendukung 3 astronot yang tinggal di orbit selama 6 bulan, serta cadangan stasiun ruang angkasa, peralatan dan muatan ilmu antariksa, dll. Pesawat ruang angkasa juga memiliki kemampuan catu daya yang terhubung ke jaringan, yang dapat memberikan dukungan catu daya untuk stasiun ruang angkasa selama docking.

Dalam rilis China Manned Space Engineering Office pada penyelesaian docking independen dan cepat Tianzhou-3, selain bahan-bahan di atas, pakaian luar angkasa ekstravehicular dan bahan habis pakai ekstravehicular juga disebutkan secara khusus. Karena kru Shenzhou-12 telah berhasil melakukan dua kegiatan ekstravehicular di tahap orbital, telah mewujudkan dua kegiatan ekstravehicular, meninggalkan seorang astronot untuk mengoperasikan pesawat ruang angkasa di kabin untuk bekerja sama dengan tugas ekstravehicular. Menurut informasi publik, dua set pakaian antariksa yang dikirim ke stasiun luar angkasa oleh Tianzhou II dapat digunakan berkali-kali. Secara teoritis, dengan Tianzhou-3 membawa pakaian luar angkasa ekstravehicular ke orbit, stasiun luar angkasa Tiongkok memiliki kemampuan dan kemungkinan untuk membawa banyak orang keluar dari kapsul. Tentu saja, pakaian ekstravehicular yang dibawa oleh Tianzhou-3 juga dapat digunakan sebagai cadangan peralatan di stasiun luar angkasa. Penggunaan khusus tergantung pada kebutuhan dari misi.

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong