Baca dalam 3 menit

Tahukah, Amis-amisan Berkhasiat Sebagai Obat?

Waktu Publish : 28 Sep 2021, 11:35 WIB
Sumber : CGTN
SHARE ARTIKEL

Tumis Amis-amisan - Image from CGTN

Jakarta, Bolong.id - Herbal amis-amisan (dari tanaman berbau amis) terkenal di pengobatan tradisional Tiongkok. Di puisi "Yong Ji," karya penyair Wang Shipeng dari Dinasti Song Selatan (1127-1279), menceritakan Raja Goujian dari Negara Bagian Yue makan amis-amisan, menghindari kelaparan.

Dilansir dari CGTN, lebih dari 2.000 tahun yang lalu, negara bagian Wu dan Yue berperang selama bertahun-tahun.

Pada tahun 494 SM, Fu Chai, raja Negara Wu, mengalahkan Goujian, yang menjadi tawanan raja Wu.

Setelah Goujian dibebaskan, dia bersumpah untuk membuat negaranya lebih kuat. Tetapi tahun pertama kepulangannya ditandai dengan kelaparan.

Goujian pergi mencari tumbuhan yang dapat dimakan dan menemukan Amis-amisan di Gunung Jishan di Kota Shaoxing, Provinsi Zhejiang, Tiongkok timur.

Oleh karena itu, masyarakat Negeri Yue berhasil bertahan hidup dengan mengandalkan ramuan ini. Akhirnya, Negara Yue menjadi lebih kuat dan mengalahkan Negara Wu.

Meskipun populer di daerah barat daya, Amis-amisan adalah salah satu bahan yang paling kontroversial karena rasanya yang kuat.

Penggemarnya menganggap itu memiliki keharuman, sedangkan yang tidak menyukainya menganggap rasanya ini tidak enak.

Amis-amisan yang ditumis dengan irisan daging babi asap dan salad Amis-amisan adalah dua hidangan populer di Tiongkok barat daya.

Amis-amisan tidak hanya digunakan dalam membuat hidangan, tetapi juga merupakan bahan penting dalam pengobatan tradisional Tiongkok.

Dalam Compendium of Materia Medica, Li Shizhen menyebut Amis-amisan sebagai "Yu Xing Cao" dalam bahasa Mandarin, yang berarti "tanaman dengan bau amis". Dia menulis bahwa jamur lingzhi terutama digunakan untuk bisul, racun panas, dll.

Menurut Chinese Pharmacy Dictionary, itu secara klinis digunakan dalam pengobatan penyakit seperti pneumonia, abses paru-paru, trakeitis kronis, batuk rejan, radang sendi supuratif, servisitis kronis dan sebagainya.

Seluruh bagian tanaman dan buah kering dari Amis-amisan, dengan rasa pedas dan sejuk, dan sifatnya agak dingin, biasanya digunakan sebagai obat.

Amis-amisan (Houttuynia Cordala) termasuk dalam genus Houttuynia. Ini adalah tanaman berbunga asli Asia Tenggara. Ia menyukai lingkungan yang hangat dan lembab dan tumbuh di dekat parit, sungai dan di bawah hutan yang jarang lembab. Ini tersebar di provinsi Tiongkok Shaanxi,Gansu dan di daerah selatan lembah Sungai Yangtze.

Terkait

news

China Keluarkan UU Untuk Meringankan Beban Para Siswa

  • Lupita
  • 26 Oct 2021

news

Keluarga yang Banyak Anak di China dapat Prioritas di Peruma...

  • Lupita
  • 25 Oct 2021

news

China Sahkan UU untuk Mempromosikan Pendidikan Keluarga

  • Lupita
  • 24 Oct 2021

news

China Akan Bangun 100 Kota Ramah Anak

  • Djono W. Oesman
  • 21 Oct 2021

news

Kosmetik Berlabel "Food Grade" Lebih Aman? BPOM China: Ini M...

  • Lupita
  • 19 Oct 2021

news

Otoritas China Larang Anak di Bawah Umur Check-in Hotel

  • Djono W. Oesman
  • 19 Oct 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong