Baca dalam 3 menit

Taiwan Klaim 19 Jet Militer China Masuk Wilayah Mereka

Waktu Publish : 06 Sep 2021, 16:26 WIB
SHARE ARTIKEL

Pesawat tempur Tiongkok memasuki wilayah udaya Taiwan - Image from Sina News

Taipei, Bolong.id - Media Taiwan "Liberty Times" menyatakan, Departemen Pertahanan Taiwan mendapati 19 pesawat tempur Tiongkok di atas Taiwan, Minggu (5/9/2021).

Diidentifikasi, 1 sortie pesawat anti-kapal selam "Yun-8", 4 sorti pembom "H-6", 10 sorti pesawat tempur "J-16", dan 4 sorti pesawat tempur "Su-30".

"Liberty Times" mengklaim bahwa menurut informasi yang dirilis oleh bagian "Pembaruan Militer Real-time" dari situs web Departemen Pertahanan Taiwan, 14 dari 19 pesawat militer daratan yang "mengganggu" wilayah udara barat daya Taiwan adalah jet tempur.

Wilayah udara selatan dari "garis tengah" memasuki "zona identifikasi pertahanan udara" Taiwan, dan kebanyakan dari mereka bergerak di sekitar perbatasan "zona identifikasi pertahanan udara" Taiwan, tetapi tidak bergerak lebih jauh ke wilayah udara Taiwan.

Angkatan Udara Taiwan menyatakan bahwa "menurut praktik biasa, mereka akan mengirimkan pasukan patroli udara untuk merespons, menyiarkan untuk mengusir, dan melacak serta memantau rudal pertahanan udara."

Empat pesawa tempur Tiongkok memasuki wilayah udara Taiwan - Image from Dayu News

Dilansir dari Taiwan Huanqiu pada Minggu (5/9/2021) Laporan itu juga mengklaim bahwa, berdasarkan informasi dari zona "Pembaruan Militer Real-time",
Tentara Pembebasan Rakyat (TPR) telah mengirim dua atau lebih pesawat militer ke "zona identifikasi pertahanan udara" Taiwan selama tiga hari berturut-turut sejak 3 September tahun ini.
Selain itu, dilaporkan bahwa pesawat komando "e-8c" Amerika tidak hanya memasuki "Zona Identifikasi Pertahanan Udara" Taiwan hari ini, tetapi juga terbang ke wilayah udara Taiwan untuk menghindari sistem awan selatan dan diusir oleh siaran angkatan udara Taiwan. Namun, Departemen Pertahanan Taiwan sejauh ini belum merilis atau mengkonfirmasi dinamika pesawat militer AS tersebut.
Untuk operasi militer TPR di sekitar Selat Taiwan,Eastern Theater Command telah lama merespons. Zhang Chunhui, juru bicara Eastern Theater Command dari TPR, sebelumnya menyatakan bahwa Taiwan dan pulau-pulau afiliasinya adalah bagian suci dan tidak dapat dicabut dari wilayah Tiongkok.
Zhang Chunhui juga menekankan bahwa pasukan teater memiliki tekad dan kemampuan untuk menggagalkan semua kegiatan separatis "kemerdekaan Taiwan", dengan tegas menjaga kedaulatan nasional, keamanan dan integritas teritorial, dan dengan tegas menjaga perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan.

Terkait

news

Forum Budaya Zhouyi 2021 Dimulai, Bahas Kerja Sama dan Inova...

  • Lupita
  • 18 Oct 2021

news

46 Tewas Akibat Kebakaran di Gedung Kaosiung, Taiwan

  • Djono W. Oesman
  • 15 Oct 2021

news

Pejabat AS Bertemu Pejabat Taiwan, Diprotes China

  • Djono W. Oesman
  • 14 Oct 2021

news

Kemenhan China: Taiwan Urusan China, bukan Jepang

  • Djono W. Oesman
  • 01 Oct 2021

lifestyle

Lu Han Ex-EXO Putuskan Kontrak dengan Audemars Piguet, Kenap...

  • Esy Gracia
  • 24 Sep 2021

news

Taiwan Resmi Bergabung dengan Perdagangan Bebas CPTPP

  • Visco Joostensz
  • 23 Sep 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong