Baca dalam 5 menit

Xi'an, Kota Kuno Tempat Lahirnya Peradaban China

Waktu Publish : 17 Sep 2021, 07:37 WIB
SHARE ARTIKEL

Kota Xi'an - Image from China Xi'an Tour

Xi'an, Bolong.id - Xi'an, terletak di tengah Guanzhong yang subur, dengan Sungai Weihe di utara dan Pegunungan Qinling di selatan. Ini salah satu tempat lahirnya peradaban Tiongkok.

Dilansir dari Chinaxiantour, Xian pernah jadi ibu kota Tiongkok untuk waktu terlama dalam sejarah Tiongkok, berlangsung selama 13 dinasti.

Xi'an pernah menjadi pusat politik, ekonomi dan budaya China dan kota pertama yang terbuka untuk dunia luar. Jalur Sutra yang terkenal dimulai dari Xi'an di timur. Dari situlah sutra, teh, dan porselen Tiongkok menyebar ke seluruh dunia melalui jalan besar sejak dibuka selama Dinasti Han Barat (202BC — 8M).

Disebut sebagai “Keajaiban dunia ke delapan” — Pasukan Terakota Qin Shi Huang berdiri tepat di Distrik Lintong, Xi'an.

Kota ini sudah ada lebih dari 6.000 tahun lalu (seperti yang ditunjukkan oleh penggalian arkeologis) akumulasi budaya menjadikan Xi'an sebagai "Museum Sejarah Alami".

Saat ini, lebih dari 10 juta penduduk tetap tinggal di area seluas 10.752 kilometer persegi ini, Xi'an menarik banyak wisatawan. Dari situ orang bisa membayangkan masa lalu Tiongkok dan melihat apa yang terjadi saat ini di negara tersebut.

Tentara Terakota - Image from China Xi'an Tour

Xi'an adalah rumah bagi banyak situs bersejarah. Itu dinobatkan sebagai Kota Bersejarah Terkenal Dunia oleh UNESCO pada awal 1981.

Itu benar-benar memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada pengunjung. Museum Prajurit dan Kuda Terracotta pasti tidak perlu diperkenalkan lagi. Tidak ada yang melewatkan situs terkenal di dunia ini dalam perjalanan Xi'an mereka.

Wisatawan dapat dengan mudah menghabiskan beberapa jam mengagumi lebih dari 8.000 tentara tanah liat seukuran manusia dan mempelajari sejarah yang menarik.

Tembok Kota Dinasti Ming, dibangun lebih dari 600 tahun yang lalu, adalah tembok kota terbesar dan terlengkap yang masih ada di Tiongkok. Cara terbaik untuk menjelajahi Tembok Kota adalah mengelilinginya dengan sepeda.

Jika Anda sampai ke Xi'an dengan kereta biasa, Anda akan melihat tembok yang menjulang tinggi di depan Anda saat Anda keluar dari stasiun kereta.

Tembok Kota Dinasti Ming Xi'an - Image from China Xi'an Tour


Jika Anda belum tahu, novel klasik Tiongkok "Perjalanan ke Barat" didasarkan pada pengalaman biksu master Xuanzang yang pergi berziarah ke India untuk membaca kitab suci Buddha di Dinasti Tang.

Setelah dia kembali ke Chang'an (Xi'an disebut Chang'an di zaman kuno), Pagoda Angsa Liar Besar dibangun untuk melestarikan sutra dan patung Buddha yang dia bawa kembali.

Wisatawan dapat naik ke puncak pagoda untuk melihat pemandangan kota yang spektakuler. Kunjungilah Museum Sejarah Shaanxi pada hari yang sama dengan museum dan pagoda yang hanya berjarak sekitar 2 kilometer dari satu sama lain.

Anda bisa berjalan kaki atau dengan bus. Museum Sejarah Shaanxi benar-benar adalah rumah harta karun dengan koleksi kaya yang mencakup lebih dari satu juta tahun.

Peninggalan budaya yang berharga itu akan memberi tahu Anda tentang sejarah dan budaya Provinsi Shaanxi yang luar biasa.

Plataran Pagoda Angsa Liar Besar - Image from China Xi'an Tour

Bell Tower dan Drum Tower di jantung kota Xi'an adalah bangunan landmark kota. Mereka terlihat sangat mengesankan di malam hari dengan lampu menyala, dan untuk pecinta belanja, ada beberapa pusat perbelanjaan di daerah sekitarnya.

Jika Anda mendambakan makanan lokal yang lezat, Muslim Quarter adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Menyusuri jalanan yang ramai di tengah arus orang, Anda tinggal memanjakan diri dengan aroma menggoda dari berbagai jajanan dan mencoba beberapa di sana-sini. BTW, jangan lewatkan Masjid Agung yang unik tersembunyi di gang-gang.

Gunung Huashan - Image from China Xi'an

Xi'an adalah tempat yang indah dan pasti bernilai waktu berharga Anda. Anda akan bersenang-senang di sini.

Sangat mudah bagi Anda untuk menavigasi kota dengan bus, taksi dan metro dan juga sangat nyaman bagi Anda untuk pergi ke kota-kota Tiongkok populer lainnya seperti Beijing, Shanghai, dan Chengdu dengan kereta api cepat dan pesawat.

Pertunjukan Wayang di Xi'an - Image from China Xi'an Tour

Terkait

news

Kota Xi'an Membuka Festival Seni Internasional Jalur Sutra k...

  • Visco Joostensz
  • 02 Dec 2021

lifestyle

China Memulai Pertandingan Nasional Disabilitas ke-11 di Xi'...

  • Lupita
  • 23 Oct 2021

lifestyle

10 Fakta Tentang Tentara Terakota yang Jarang Orang Tahu

  • Lupita
  • 19 Sep 2021

news

Museum Terracotta Army Dibuka Kembali di Shaanxi

  • Visco Joostensz
  • 18 Sep 2021

lifestyle

5 Makanan yang Harus Kamu Coba di Xi'an

  • Djono W. Oesman
  • 17 Sep 2021

lifestyle

Xi’an Muslim Street, Area Muslim Legendaris di China

  • Esy Gracia
  • 14 Sep 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong