Peneliti China Mengembangkan Sutra yang Sangat Kuat

29 October 2022, 11:50 WIB

Peneliti China Mengembangkan Sutra yang Sangat Kuat-Image-1
Kepompong ulat sutra terlihat di bengkel produksi sutra di Kota Lianyungang, Provinsi Jiangsu, China, 8 Oktober 2022. /CFP

Beijing, Bolong.Id - Peneliti Tiongkok mengembangkan ulat sutra untuk membikin sutra super kuat. Antara lain, dicampur bahan kimia. Kualitasnya lebih baik dibanding cara lama.

Dilansir dari CGTN, Sabtu (29/10/2022) ulat sutra, selain bahan pembuat kain sutra, juga untuk biomedis sebagai bahan operasi bedah.

Sutra adalah biopolimer berbasis protein dengan kombinasi unik. Sutra berbahan ulat sutera, lebih lemah dibanding sutra sintetis.

Ada sutra berbahan jaring laba laba, Para ilmuwan memasukkan DNA laba laba ke bahan pembuat sutra. Hasilnya, kekuatan sutra meningkat.

Dalam penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal Matter, para peneliti dari Universitas Tianjin Tiongkok tetap menggunakan ulat sutra untuk membikin sutra. Tapi dicampur bahan kimia.

Para peneliti merendam ulat sutra ke bahan kimia tertentu. Itu melarutkan lem sambil membatasi degradasi protein sutra.

Hasilnya, serat buatan itu halus dan kuat. Diperkirakan, sekitar 70 persen lebih kuat dari sutra berbahan laba laba.

Analisis struktural menunjukkan bahwa kekuatan luar biasa dapat dianggap berasal dari kristalinitas tinggi dan nanokristal kecil yang terbentuk dalam serat buatan.

Penggabungan ion seng ke dalam serat selama pemintalan dan gambar pasca pemintalan juga dapat berkontribusi pada sifat mekaniknya yang sangat baik, menurut para peneliti.

Mereka berharap pendekatan baru mereka dapat menawarkan cara yang menjanjikan untuk menghasilkan sutra buatan berkinerja tinggi yang menguntungkan.(*)