Baca dalam 5 menit

CIIE Tingkatan Posisi Ekonomi China di Dunia

Waktu Publish : 08 Nov 2021, 13:14 WIB
SHARE ARTIKEL

Peningkatan Posisis Ekonomi Tiongkok di Dunia - Image from 百度

Beijing, Bolong.Id - CIIE (China International Import Expo) bertema "Era Baru, Berbagi Masa Depan" telah menjadikan pasar Tiongkok sebagai pasar dunia.

Ketika CIIE pertama diadakan 2018, bersamaan peringatan 40 tahun keterbukaan Tiongkok. Tahun ini, CIIE ke-4 bertepatan dengan peringatan 20 tahun aksesi Tiongkok ke Organisasi Perdagangan Dunia.

Dilansir dari 人民日报 pada (8/11/2021) “Tekad Tiongkok untuk memperluas keterbukaan tingkat tinggi tidak akan berubah, tekadnya untuk berbagi peluang pembangunan dengan dunia tidak akan berubah, dan tekadnya untuk mempromosikan globalisasi ekonomi ke arah yang lebih terbuka, inklusif, inklusif, seimbang, dan saling menguntungkan. tidak akan berubah."

Presiden Xi Jinping menyampaikan pidato utama pada upacara pembukaan Expo Impor Internasional Tiongkok ke-4, mengumumkan langkah-langkah baru Tiongkok untuk memperluas keterbukaan, dan menunjukkan arah upaya dalam mempromosikan keterbukaan dan kerja sama global.

Peserta umumnya merasakan tekad Tiongkok untuk memperluas keterbukaan tingkat tinggi, dan memperkuat kepercayaan diri mereka dalam memperluas kerja sama dengan Tiongkok dan mencapai situasi yang saling menguntungkan.

CIIE muncul atas gelombang keterbukaan Tiongkok yang luar biasa, dan telah menjadi platform penting bagi Tiongkok untuk mempromosikan babak baru keterbukaan tingkat tinggi. Presiden Xi Jinping telah menghadiri upacara pembukaan CIIE selama empat tahun berturut-turut dan menyampaikan pidato utama.

Langkah-langkah pembukaan yang diumumkan pada tiga CIIE sebelumnya telah terus maju, berakar dan membuahkan hasil, menunjukkan tanggung jawab negara besar yang dapat di percaya.

Pada CIIE ini, Presiden Xi Jinping mengumumkan bahwa Tiongkok akan semakin mengurangi daftar negatif akses investasi asing, dan secara teratur memperluas pembukaan industri jasa seperti telekomunikasi dan perawatan medis; itu akan memperbaiki dan memperluas "Katalog Industri dalam Mendorong Investasi Asing .

Pelabuhan Perdagangan Bebas Hainan telah melakukan uji pembukaan tingkat tinggi, dan mengeluarkan daftar negatif perdagangan layanan lintas batas di zona percontohan perdagangan bebas; hal itu akan sangat berpartisipasi dalam kerja sama internasional seperti, rendah karbon dan ekonomi digital.

Angka-angka internasional percaya bahwa langkah-langkah keterbukaan baru Tiongkok akan menciptakan peluang baru untuk pengembangan perdagangan global dan meningkatkan kepercayaan dalam pemulihan ekonomi dunia.

Peningkatan Posisis Ekonomi Tiongkok di Dunia - Image from 百度

Pada tanggal 10 November 2001, Konferensi Tingkat Menteri Keempat Organisasi Perdagangan Dunia di Doha, ibukota Qatar, membahas dan mengeluarkan keputusan tentang aksesi Tiongkok ke WTO melalui consensus ini adalah tonggak sejarah partisipasi mendalam Tiongkok dalam globalisasi ekonomi, dan ini menandakan bahwa Tiongkok telah memasuki tahap baru keterbukaan.

Selama 20 tahun terakhir, Tiongkok telah sepenuhnya memenuhi komitmen WTO-nya. Tingkat tarif keseluruhan telah turun dari 15,3% menjadi 7,4%, lebih rendah dari komitmen WTO sebesar 9,8%. Pemerintah pusat Tiongkok telah membersihkan lebih dari 2.300 undang-undang dan peraturan, dan pemerintah daerah telah membersihkan lebih dari 190.000 item, yang telah meningkatkan kerjasama pasar.

Reveka Greenspan, Sekretaris Jenderal Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Perdagangan dan Pembangunan, menunjukkan bahwa aksesi Tiongkok ke WTO telah membawa dividen besar bagi pembangunan ekonomi Tiongkok, dan pemenuhan Tiongkok atas komitmen WTO-nya juga sangat mendorong pembangunan ekonomi dunia.

Saat itu, Tiongkok juga memiliki keraguan tentang globalisasi ekonomi, dan juga khawatir untuk bergabung dengan Organisasi Perdagangan Dunia. Namun, perkembangan dan kemajuan Tiongkok dalam 20 tahun terakhir sejak aksesi ke WTO telah sepenuhnya membuktikan bahwa ini adalah pilihan strategis yang tepat. Lautan ekonomi dunia, apakah akan menginginkannya atau tidak.

Peningkatan Posisis Ekonomi Tiongkok di Dunia - Image from 百度

Selama 20 tahun terakhir, total output ekonomi Tiongkok telah meningkat dari keenam menjadi kedua di dunia, perdagangan barang telah meningkat dari keenam menjadi yang pertama di dunia.

Saat ini, Tiongkok yang sedang berkembang memiliki populasi lebih dari 1,4 miliar, kelompok berpenghasilan menengah lebih dari 400 juta, dan mengimpor barang dan jasa sekitar US$2,5 triliun (Rp 35.814 Triliun) setiap tahun.




Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong