Baca dalam 4 menit

City Of The Week: 5 Tokoh Legendaris dari Weifang

Waktu Publish : 24 Nov 2021, 08:36 WIB
Sumber : 百度
SHARE ARTIKEL

City Of The Week: 5 Tokoh Legendaris dari Weifang, Shandong - Image from 百度

Weifang, Bolong.id - Kota Weifang, Provinsi Shandong, Tiongkok, indah, memiliki sejarah menarik, juga memiliki beberapa tokoh terkenal. Dilansir dari 百度pada (22/11/2021) terdapat 5 tokoh terkenal yang berasal dari Weifang, yaitu:

1. Mo Yan 莫言

Mo Yan 莫言 - Image from 百度

Mo Yan, yang bernama asli Guan Moye (管谟业), lahir pada 17 Februari 1955 di Desa Pingan, Heya, Gaomi, Provinsi Shandong (sekarang Dalan Pingan, Zona Pengembangan Dongbei, Gaomi ), ia merupakan Penulis Tiongkok kontemporer, Seorang anggota Partai Komunis Tiongkok. Saat ini menjadi profesor di Universitas Normal Beijing dan direktur Pusat Penulisan Internasional.

Pada Oktober 2012, ia menjadi pemenang Hadiah Nobel Sastra Tiongkok pertama. Pada tahun 2021, menjadi profesor terkemuka di Universitas Hebei.

2. Wang Dahua 王大化

Wang Dahua 王大化 - Image from 百度

Wang Dahua (1919-1946), juga dikenal sebagai Duanmuyan (端木炎), adalah seniman anak muda, aktor drama Tiongkok, pemahat kayu, dan penduduk asli Weifang, Shandong.

3. Huang Yuanyu 黄元御

Huang Yuanyu 黄元御 - Image from 百度

Huang Yuanyu (1705-1758) bernama Yulu (玉璐), Yuanyu (元御), dan nama lainnya Yucaozi (玉楸子). Seorang ilmuwan medis terkenal di Dinasti Qing. Ia juga sebagai perwakilan dari Sekolah Zunjing, dokter kekaisaran Kaisar Qianlong.

Buku Kaisar Qianlong "Miao Wu Qi Huang" 《妙悟岐黄》 memuji pengetahuannya, dan bukunya "Kebajikan Dao Yao Ji" 《仁道药济》yang berisi rangkuman kisah hidupnya. Dia mewarisi dan mengembangkan teori medis yang luas dan mendalam dari tanah air, dan memiliki pengaruh besar pada generasi dokter.

Dia dikenal sebagai "Master Pengobatan", "Grand Master dari Generasi Pertama", dan nenek moyang dari Museum Medis Militer Sichuan dari Tentara Qing-Jiuzhentang .

4. Ma Yu 马愉

Ma Yu 马愉 - Image from 百度

Ma Yu (1395-1447), Sebagai pejabat Dinasti Ming, wilayah Linqu , Zhu. Ma Yu lahir dari keluarga terpelajar, masa kecilnya cerdas, rajin belajar.

Saat ujian pertama kalinya ia dinobatkan sebagai juara pertama Jiangbei Ming. Istana kekaisaran memilih 37 sejarawan dan cendekiawan untuk belajar di Paviliun Wenyuan, yang dipimpin oleh Ma Yu.

5. Gong Sun Hong 公孙弘

Gong Sun Hong 公孙弘 - Image from 百度

Gong Sun Hong (200 SM-121 SM), memiliki nama lain yaitu Minghong (名弘), Zi Ji (字季), hal ini diketahui dalam "Catatan Lain-lain Xiji" 《西京杂记》, ia merupakan penduduk asli Qidi, Suchuan (Shandong hari ini), seorang pejabat terkenal di Dinasti Han Barat.

Gong Sun Hong adalah orang pertama yang ditunjuk sebagai perdana menteri sejak berdirinya Dinasti Han Barat. Kemudian, Selama masa jabatannya, ia merekrut, memperhatikan mata pencaharian masyarakat, dan memberikan kontribusi yang tak tergantikan untuk mempromosikan Konfusianisme.

Ia juga telah menulis sepuluh bab "Gong Sun Hong" 《公孙弘》, yang sekarang telah hilang.(*)

Terkait

lifestyle

City Of The Week: Pesona Kota Tua Weifang di Shandong

  • Lupita
  • 28 Nov 2021

lifestyle

City Of The Week: 4 Wisata di Kota Weifang

  • Lupita
  • 28 Nov 2021

lifestyle

City Of The Week: 4 Kebiasaan Warga Kota Weifang

  • Djono W. Oesman
  • 26 Nov 2021

lifestyle

City Of The Week: 4 Makanan Khas dari Kota Weifang

  • Djono W. Oesman
  • 25 Nov 2021

lifestyle

City of The Week: Sejarah Kota Weifang

  • Djono W. Oesman
  • 22 Nov 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong