Baca dalam 16 menit

Konferensi Pers Kemenlu China 17 November 2021

Waktu Publish : 18 Nov 2021, 11:02 WIB
SHARE ARTIKEL

Zhao Lijian - Image from Laman Resmi Kementerian Luar Negeri Tiongkok

Beijing, Bolong.id - Olimpiade dan Paralimpiade Musim Dingin Beijing 2022 jadi salah satu bahan di konferensi pers Kementeria Luar Negeri (Kemenlu) Tiongkok, Rabu (17/11/2021). Berikut petikan wawancara dengan Juru Bicara Kemenlu Tiongkok, Zhao Lijian:

CRI: Kami mencatat bahwa MV yang baru dirilis dari lagu promosi tema Olimpiade Musim Dingin dan Paralimpiade 2022 "Together for a Shared Future" menjadi hit instan di dalam dan luar negeri. Pernahkah kamu melihatnya? Apakah Anda ingin memberikan komentar?

Zhao Lijian: Saya menonton MV baru ini seperti kebanyakan dari Anda. Ini adalah mosaik dari banyak cerita individu yang menggambarkan bagaimana orang-orang biasa dari semua lapisan masyarakat menantikan Olimpiade Musim Dingin dan Paralimpiade dengan sukacita dan kegembiraan. Melalui episode-episode yang menghangatkan hati dari kehidupan sehari-hari masyarakat, video klip ini menampilkan perkembangan Beijing sebagai kota tuan rumah Olimpiade Musim Panas dan Musim Dingin serta antisipasi publik yang bersemangat untuk Olimpiade.

Seperti liriknya, “Bersama untuk Masa Depan Bersama”. Saya yakin Olimpiade Musim Dingin Beijing akan menyalakan gairah pecinta olahraga musim dingin di seluruh dunia dan membawa lebih banyak orang untuk merasakan kesenangan es dan salju.

Setelah 13 tahun, api Olimpiade sekali lagi menyala di Beijing. Dalam 79 hari, Beijing akan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin untuk pertama kalinya dan menjadi kota pertama yang menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas dan Musim Dingin.

Saat ini, semua pekerjaan persiapan sedang dilakukan secara intensif dan teratur. Sejauh yang kami ketahui, pertandingan uji coba dan uji logistik di tiga zona kompetisi berjalan dengan baik dan tertib. Semua stadion dan tempat Pertandingan Olimpiade Musim Dingin 100% ditenagai oleh energi hijau, dan langkah-langkah inovatif telah diambil.

Olimpiade akan menjadi acara netral karbon. Ketua Komisi Koordinasi Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk Beijing 2022 Juan Antonio Samaranch Jr mengatakan dia senang dan bangga melihat bahwa Komite Penyelenggara Beijing untuk Olimpiade dan Paralimpiade Musim Dingin (BOCOG) 2022 telah mendedikasikan perhatian besar untuk keberlanjutan . Olimpiade Musim Dingin Beijing memenuhi janji untuk menyelenggarakan Olimpiade netral karbon dan melibatkan 300 juta orang dalam olahraga musim dingin.

Tiongkok akan terus mengikuti pendekatan hijau, inklusif, terbuka dan bersih untuk mempersiapkan dan menjadi tuan rumah Olimpiade, menunjukkan semangat Olimpiade "bersama" dengan IOC dan negara-negara di seluruh dunia, memberikan Olimpiade yang efisien, aman, dan indah kepada dunia , dan membuat kontribusi baru untuk promosi olahraga musim dingin dan tujuan Olimpiade internasional.

Reuters: Media Tiongkok melaporkan bahwa Tiongkok dan Amerika Serikat akan melonggarkan pembatasan akses jurnalis dari negara masing-masing. Bisakah Anda mengonfirmasi apakah pembatasan ini akan dilonggarkan? Secara khusus, apakah jurnalis dari media AS yang diusir dari Tiongkok tahun lalu dan tahun sebelumnya diizinkan kembali?

Zhao Lijian: Tiongkok sangat mementingkan masalah media dan telah melakukan yang terbaik untuk memberikan bantuan, kemudahan, dan layanan kepada jurnalis asing, termasuk jurnalis Amerika, dalam pelaporan mereka yang dilakukan sesuai dengan undang-undang dan peraturan. Sementara itu, kami secara tegas menentang praktik diskriminatif di pihak AS terhadap media Tiongkok di AS. Setelah banyak putaran konsultasi, Tiongkok dan AS baru-baru ini mencapai konsensus tiga poin atas dasar saling menghormati, timbal balik, dan saling menguntungkan:

Pertama, kedua belah pihak menjamin bahwa keduanya akan mengizinkan jurnalis residen yang saat ini bekerja di pihak lain tanpa hambatan keluar dan masuk dengan syarat mereka mematuhi protokol respons COVID dan peraturan konsuler secara ketat.

Kedua, kedua belah pihak setuju untuk memberikan visa masuk ganda satu tahun kepada jurnalis pihak lain. Pihak AS berjanji untuk segera memulai prosedur domestik untuk mengatasi masalah durasi tinggal jurnalis Tiongkok, sementara pihak Tiongkok berjanji untuk memberikan perlakuan yang sama kepada jurnalis AS di Tiongkok setelah kebijakan dan tindakan AS diberlakukan.

Ketiga, kedua belah pihak akan menyetujui, secara timbal balik dan sesuai dengan hukum dan peraturan, aplikasi visa jurnalis yang memenuhi syarat untuk ditempatkan di negara pihak lain.

Hasil yang diraih dengan susah payah yang melayani kepentingan media di kedua sisi ini harus dihargai. Diharapkan AS dapat menghormati kata-katanya, menerapkan langkah-langkah dan kebijakan yang relevan sesegera mungkin, dan bekerja dengan Tiongkok untuk menciptakan lingkungan yang menguntungkan bagi pekerjaan dan kehidupan jurnalis di negara masing-masing.

Zhao Lijian - Image from Laman Resmi Kementerian Luar Negeri Tiongkok

AFP: Saya hanya ingin menindaklanjuti pertanyaan tentang konsensus tiga poin di media. Sebelumnya Anda mengulangi beberapa poin yang dicapai dalam konsensus ini. Kami hanya ingin tahu apakah AS dan Tiongkok juga memiliki garis waktu kapan perubahan yang digariskan ini akan terjadi?

Zhao Lijian: Saya baru saja menguraikan konsensus yang dicapai antara Tiongkok dan AS. Berkenaan dengan masalah timeline yang Anda sebutkan, seperti yang saya katakan sebelumnya, diharapkan kedua belah pihak dapat menindaklanjuti konsensus dan menempatkan langkah-langkah dan kebijakan yang relevan sesegera mungkin.

MASTV: Presiden AS Biden menandatangani Undang-Undang Investasi Infrastruktur dan Pekerjaan senilai $1,2 triliun (sekitar Rp. 170 Kuadriliun) pada 16 November, di hari yang sama pertemuan virtual antara kepala negara Tiongkok dan AS berlangsung. Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki mengatakan bahwa pertemuan virtual itu adalah “kesempatan untuk menetapkan ketentuan persaingan dengan Tiongkok”. Apakah Anda punya komentar?

Zhao Lijian: Saya ingin menekankan bahwa bagaimana AS bermaksud untuk berinvestasi dalam dirinya sendiri adalah urusan dalam negerinya. Saya bekerja di Kedutaan Besar Tiongkok di AS selama bertahun-tahun dan memiliki beberapa gambaran tentang kondisi di negara tersebut. Untuk bagian kami, kami akan senang melihat AS membuat kemajuan yang lebih besar di dalam negeri.

Tidak pernah ada tujuan Tiongkok untuk mengungguli atau menggantikan AS atau terlibat dalam kompetisi zero-sum dengannya. Tujuan kami adalah untuk terus melampaui diri kami sendiri, menjadi versi diri kami yang lebih baik dan memungkinkan orang-orang Tiongkok menjalani kehidupan yang lebih baik. Sebagai dua ekonomi terbesar di dunia, Tiongkok dan AS memiliki kepentingan yang saling terkait.

Keduanya berdiri untuk mendapatkan keuntungan dari kerja sama dan kalah dari konfrontasi. Demi rakyat Tiongkok dan Amerika dan demi rakyat seluruh dunia, kerja sama adalah satu-satunya pilihan yang tepat bagi kedua negara kita.

AS harus menyesuaikan mentalitasnya, melihat Tiongkok dan perkembangannya secara rasional, dan memainkan peran konstruktif dalam perkembangan hubungan bilateral yang sehat dan stabil.

CCTV: Dilaporkan bahwa ketika berbicara tentang pertemuan virtual antara Presiden Tiongkok dan AS, Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan mengatakan pada 16 November di webinar yang diadakan oleh Brookings Institution bahwa kedua Presiden sama-sama mengakui beban tanggung jawab dalam menjaga AS -Hubungan Tiongkok dan dalam menjaga kebijakan luar negeri masing-masing sebagai dua negara signifikan di dunia. “Anda akan melihat di berbagai tingkatan, dan intensifikasi keterlibatan untuk memastikan bahwa ada pagar pembatas di sekitar kompetisi ini sehingga tidak mengarah ke konflik,” katanya. Apakah Anda punya komentar?

Zhao Lijian: Kemarin pagi, Presiden Xi Jinping dan Presiden Joe Biden mengadakan pertemuan virtual. Kedua Presiden sepakat bahwa pertemuan mereka jujur, konstruktif, substantif dan produktif. Ini membantu meningkatkan saling pengertian, menambah harapan positif masyarakat internasional untuk hubungan ini, dan mengirimkan pesan yang kuat ke kedua negara dan dunia.

Kedua belah pihak sepakat untuk menjaga komunikasi yang erat dalam berbagai bentuk dan mengarahkan hubungan Tiongkok-AS kembali ke jalur yang benar dari pembangunan yang sehat dan stabil, demi kebaikan rakyat di kedua negara dan di seluruh dunia.

Zhao Lijian - Image from Laman Resmi Kementerian Luar Negeri Tiongkok

Bloomberg: Dan hanya klarifikasi tentang perjanjian AS-Tiongkok tentang visa jurnalis. Apakah ini hanya berlaku untuk warga negara AS di media AS? Selain itu, South Tiongkok Morning Post melaporkan bahwa AS meminta Tiongkok untuk melepaskan cadangan minyak sebagai bagian dari diskusi yang sedang berlangsung antara kedua negara. Bisakah kementerian luar negeri mengkonfirmasi itu?

Zhao Lijian: Pada pertanyaan pertama Anda, saya sudah menjelaskan konsensus yang dicapai antara kedua belah pihak.

Pada pertanyaan kedua Anda, selama pertemuan virtual mereka kemarin, kepala negara Tiongkok dan AS berbicara tentang masalah ketahanan energi. Presiden Xi mencatat perlunya Tiongkok dan AS untuk menyerukan kepada masyarakat internasional untuk bersama-sama melindungi keamanan energi global, memperkuat kerja sama di bidang gas alam dan energi baru, dan bekerja dengan negara lain untuk menjaga industri global dan rantai pasokan tetap aman dan stabil.

Kyodo News: Dilaporkan oleh media AS bahwa pemerintahan Biden akan mengumumkan bahwa mereka tidak akan mengirim pejabat pemerintah ke Tiongkok untuk Olimpiade Musim Dingin Beijing dengan alasan masalah hak asasi manusia. Saya ingin tahu apakah Anda memiliki komentar.

Zhao Lijian: Saya tidak mengomentari laporan spekulatif. Saya ingin menegaskan kembali bahwa Olimpiade Musim Dingin Beijing dan Paralimpiade adalah panggung untuk semua atlet olahraga musim dingin di seluruh dunia. Merekalah yang seharusnya menjadi sorotan.

Pekerjaan persiapan Olimpiade telah memasuki peregangan rumah. Komunitas internasional, termasuk IOC, sangat menghargai pekerjaan persiapan dan para atlet asing sangat menantikan untuk datang ke Tiongkok untuk Olimpiade. Kami sangat percaya bahwa, di bawah bimbingan semangat Olimpiade dan dengan upaya bersama dari semua pembantu, kami akan memberikan Olimpiade yang efisien, aman dan indah bagi dunia dan mempromosikan perkembangan yang kuat dari tujuan olahraga internasional.

Associated Press Pakistan: Pada 15 November, Otoritas CPEC menyelenggarakan pertemuan dengan perusahaan-perusahaan Tiongkok yang berbasis di Pakistan dan memberi tahu mereka tentang peluang investasi lebih lanjut di Pakistan. Lebih dari 70 perusahaan Tiongkok berpartisipasi dalam pertemuan tersebut. Apakah Anda memiliki tanggapan?

Zhao Lijian: Kami mencatat laporan yang relevan dan menghargai dukungan dan masukan yang lebih besar untuk Koridor Ekonomi Tiongkok-Pakistan (CPEC) oleh pihak Pakistan.

CPEC, program percontohan penting dari Belt and Road Initiative (BRI), telah memasuki tahap pengembangan berkualitas tinggi. Tiongkok siap bekerja sama dengan Pakistan untuk menerapkan konsensus penting yang dicapai antara para pemimpin kedua belah pihak kita.

Atas dasar memastikan konstruksi dan pengoperasian proyek-proyek yang ada, kami akan lebih fokus pada kerjasama di bidang industri, pertanian dan mata pencaharian masyarakat, dan berusaha untuk mengubah CPEC menjadi proyek percontohan pembangunan BRI berkualitas tinggi.

Kami juga berharap Pakistan akan terus memperbaiki lingkungan bisnis dan memberikan fasilitasi yang lebih besar untuk semua investasi asing.

Wartawan - Image from Laman Resmi Kementerian Luar Negeri Tiongkok

Associated Press: Minggu depan, Interpol, Organisasi Polisi Kriminal Internasional, akan bertemu di Istanbul untuk memutuskan komite eksekutif baru yang beranggotakan 13 orang. Apakah Wakil Direktur Jenderal Kementerian Keamanan Publik Hu Binchen calon Tiongkok? Beberapa anggota parlemen menyatakan keprihatinan atas hal ini. Apakah Anda memiliki tanggapan?

Zhao Lijian: Saya ingin memberi tahu Anda bahwa polisi Tiongkok telah lama memelihara hubungan kerja sama yang praktis dan bersahabat dengan Interpol dan departemen penegakan hukum para anggotanya. Kami melakukan berbagai kerja sama dengan kepatuhan yang ketat terhadap hukum internasional dan Konstitusi Interpol serta peraturan terkait. Interpol adalah organisasi profesional yang fokus menindak kejahatan lintas batas.

Harus bebas dari gangguan politik dan faktor lainnya. Dengan merekomendasikan kandidat yang tepat untuk mencalonkan diri sebagai anggota komite eksekutif, Tiongkok, anggota Interpol, mengambil langkah nyata untuk mendukung tujuan organisasi memerangi terorisme dan kejahatan lintas batas untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih aman, dan berkontribusi pada kerja sama polisi internasional.

Tiongkok akan terus mendukung Interpol dalam memainkan peran kuncinya sebagai platform kerja sama polisi multilateral sesuai dengan Konstitusi dan peraturannya.

Reuters: Penasihat Keamanan NSC Jake Sullivan juga mengatakan bahwa selama pertemuan Biden-Xi, Tiongkok setuju untuk bekerja dengan AS dalam perjanjian senjata nuklir. Bisakah Anda mengkonfirmasi ini?

Zhao Lijian: Saya tidak memiliki informasi apa pun untuk ditawarkan selain pembacaan pertemuan virtual yang dirilis oleh pihak Tiongkok.

Bloomberg: Pada hari Selasa, Biden mengatakan kepada wartawan bahwa Taiwan membuat keputusannya sendiri dan independen. Dia kemudian mengatakan bahwa “kami tidak mendorong kemerdekaan, tetapi kami tidak akan mengubah kebijakan kami sama sekali. Kami mendorong mereka untuk melakukan persis seperti yang diminta oleh Undang-Undang Taiwan. Itulah yang kami lakukan. Biarkan mereka mengambil keputusan. Periode." Apakah Tiongkok memiliki komentar tentang komentar ini?

Zhao Lijian: Mengenai diskusi dua Presiden tentang pertanyaan Taiwan dalam pertemuan virtual mereka, saya sudah memberi tahu Anda tentang situasinya kemarin. Tiongkok juga merilis pembacaan pada pertemuan tersebut.

Saya ingin menekankan bahwa apa yang harus dipatuhi AS adalah prinsip satu-Tiongkok dan tiga Komunike Bersama Tiongkok-AS, yang merupakan konsensus politik penting antara Tiongkok dan AS dan landasan politik hubungan Tiongkok-AS. Baik yang disebut "Undang-Undang Hubungan Taiwan" dan "Enam Jaminan", yang dibuat oleh beberapa kekuatan di AS, bertentangan dengan tiga Komunike Bersama Tiongkok-AS. Intinya, mereka menempatkan hukum domestik AS di atas kewajiban internasional dan ilegal serta tidak sah. (*)

Wartawan - Image from Laman Resmi Kementerian Luar Negeri Tiongko

Terkait

culture

Kegiatan yang Biasa Dilakukan Saat Natal di China

  • Lupita
  • 06 Dec 2021

news

Asrama Pembangkit Listrik Mingtai Terbakar, 8 Tewas 5 Luka

  • Djono W. Oesman
  • 06 Dec 2021

news

Jalur KA Cepat Laos-China Dibuka

  • Djono W. Oesman
  • 06 Dec 2021

business

China Jadi Pasar Robot Terbesar di Dunia

  • Lupita
  • 06 Dec 2021

lifestyle

6 Lokasi Wisata Menarik di Hangzhou

  • Djono W. Oesman
  • 06 Dec 2021

technology

Produksi Garam Tanah, China Teliti Tanaman yang Tahan Garam

  • Lupita
  • 06 Dec 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong