Lama Baca 3 Menit

Kapal China Peace Ark Layani Medis di Indonesia

14 November 2022, 16:01 WIB

Kapal China Peace Ark Layani Medis di Indonesia-Image-1
Kapal rumah sakit Tiongkok 'Peace Ark'- Global Times

Jakarta, Bolong.id - Kapal rumah sakit Tiongkok, Peace Ark sudah berlabuh di Jakarta. Kru medis melayani kesehatan warga secara gratis. Warga menyambut gembira. 

Warga Bogor, Jawa Barat, bernama Eunice, mengatakan: “Saya berterima kasih atas pelayanan yang diberikan oleh kapal rumah sakit Peace Ark, yang menyehatkan kami," 

Dilansir dari Global Times (12/11/2022) Eunice adalah salah satu pasien pertama yang diterima oleh kapal rumah sakit Angkatan Laut Tiongkok, Peace Ark, saat memulai layanan medis 11 November 2022 di pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta, Indonesia.

Kapal rumah sakit Peace Ark menarik banyak pengunjung dan mereka memuji para dokter Tiongkok atas "keterampilan medis yang sangat baik" dan "pelayanan yang bijaksana".

Eunike berusia 60 tahun. Karena kaki dan kakinya yang tidak nyaman, dia menggunakan kursi roda dan dia bersama keluarganya berkendara sejauh 100 kilometer ke pelabuhan Tanjung Priok untuk mengikuti upacara penyambutan Bahtera Perdamaian pada 10 November.

Kapal China Peace Ark Layani Medis di Indonesia-Image-2
Tim Medis Tiongkok Sedang Melakukan Pemeriksaann - Global Times

Eunice kembali pagi-pagi sekali tanggal 11 November, berharap bisa menemui dokter profesional. Chen Feng, wakil kepala dokter dari Departemen Kardiologi, melakukan pemeriksaan mendetail terhadapnya dan memberikan saran diagnosis dan pengobatan yang komprehensif.

Warga negara Indonesia lainnya mengatakan bahwa dia membawa ibunya ke dokter. Ibunya terkena serangan jantung, dan sudah lama dirawat tetapi belum sembuh.

Kapal China Peace Ark Layani Medis di Indonesia-Image-3
Tim Medis Tiongkok Sedang Melakukan Pemeriksaann - Global Times

Dia mendengar dari seorang teman bahwa kapal rumah sakit angkatan laut Tiongkok "Peace Ark" akan datang ke Indonesia untuk memberikan layanan medis.

“Saya dengar Peace Ark berkunjung ke sini tahun 2013 lalu. Saat itu, banyak orang yang berobat dan akhirnya sembuh. Jadi saya datang ke sini kali ini, berharap mendapat pengobatan untuk penyakit jantung ibu saya,” ungkapnya.

Seluruh area rawat jalan di sisi dermaga dipenuhi oleh warga negara Indonesia lokal dan Tionghoa perantauan. Di pintu tenda masing-masing departemen rumah sakit, banyak orang berbaris. Di bawah terik matahari, tim medis melayani dengan hati-hati. Relawan dan staf perawat membawa kursi untuk orang tua, wanita dan anak-anak yang mengantri. Banyak pasien berbicara satu sama lain tentang dokter militer Tiongkok dan "Peace Ark", mengatakan bahwa mereka membantu membawa kesehatan dan harapan bagi orang-orang di sini. "Rumah sakit dan kapal menghangatkan dunia kita dengan cinta," kata seorang pasien.

Pada tanggal 11 November, "Peace Ark" memberikan perawatan medial kepada lebih dari 700 pasien.(*)

Informasi Seputar Tiongkok