Lama Baca2 Menit

Angpao Digital Menjadi Trend di China

24 January 2023, 08:58 WIB

Angpao Digital Menjadi Trend di China-Image-1
Orang tua di Fuzhou, provinsi Fujian, menerima hongbao digital dari putra mereka. [Foto/Xinhua]

Changchun, Bolong.Id - Amplop merah (红包/ hóng bāo) atau angpao, kini tidak selalu bentuk amplop. Ada angpao digital melalui aplikasi Alipay dan WeChat di Tiongkok.

Dilansir dari China Daily, Sabtu (21/01/2023) di Festival Musim Semi anak-anak biasa menerima angpao. Dulu, bentuk amplop merah isi uang. 

Kini, bank sentral Tiongkok sudah mendiversifikasi alat pembayaran untuk itu. Namun promosi dan penerapan renminbi digital menghadapi beberapa tantangan, terutama karena belum diakui secara nasional.

Menjelang Tahun Baru Imlek, penerbitan hongbao akan mempercepat dan mendorong pengembangan renminbi digital dan menawarkan instrumen pembayaran yang lebih nyaman kepada publik.

Sebagai alat yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di berbagai bidang, kemungkinan besar akan digunakan secara luas di masa mendatang.

Teknologi pembayaran seluler berdampak besar pada kehidupan kita, dan renminbi digital kemungkinan besar akan mengubah cara masyarakat berbisnis. Revolusi digital ini adalah hasil dari penerapan teori "peradaban digital" dan akan membuat hidup lebih nyaman bagi masyarakat.(*)

<<