Lama Baca3 Menit

Makau Fokus Pulihkan Ekonomi di Tahun Kelinci

25 January 2023, 13:59 WIB

Makau Fokus Pulihkan Ekonomi di Tahun Kelinci-Image-1
Pengunjung terlihat di Reruntuhan St. Paul di Makau, Tiongkok selatan, pada 27 Agustus 2022. (Xinhua/Cheong Kam Ka)

Makau, Bolong.id - Kepala Eksekutif Daerah Administratif Khusus (Special Administrative Region/SAR) Makau, Tiongkok, Ho Iat Seng mengatakan, Sabtu (21/1/2023) bahwa Makau fokus pemulihan ekonomi di Tahun Kelinci.

Dilansir dari Xinhua Minggu (22/1/2023), Ho mengatakan pemerintah Macao SAR menerapkan sistem pemerintahan sehat dan stabil untuk Makau di tahun mendatang.

Juga mempromosikan zona kerjasama Guangdong-Makau di Hengqin, kota tetangga Zhuhai, dan dengan teguh menjaga keamanan nasional.

Pemerintah Makau berusaha untuk memecahkan masalah yang mengakar dalam pembangunan sosial-ekonomi, memberikan keuntungan dan karakteristik Macao sendiri untuk lebih terintegrasi ke dalam pembangunan nasional secara keseluruhan, tambah Ho.

Zheng Xincong, Direktur Kantor Penghubung Pemerintah Rakyat Pusat di Makau, mengatakan pada hari Sabtu fajar muncul kembali di Makau setelah kabut pandemi, dengan dekorasi meriah di seluruh kota dan kerumunan orang kembali ke tempat-tempat wisata dan restoran.

Zheng menekankan, dalam pesannya untuk Tahun Baru Imlek, upaya untuk sepenuhnya, akurat, dan teguh menerapkan prinsip "satu negara, dua sistem", dengan tegas menjaga yurisdiksi otoritas pusat secara keseluruhan, menerapkan prinsip "patriot yang mengelola Makau", sepenuhnya memanfaatkan keunggulan dan karakteristik Makau, dan integrasi yang lebih baik ke dalam pembangunan nasional secara keseluruhan untuk bersama-sama membangun masa depan yang lebih cerah bagi Makau.

Liu Xianfa, komisaris Kementerian Luar Negeri Tiongkok di Makau, mengatakan bahwa Makau menawarkan keunggulan yang jelas dalam hal pertukaran dan kerja sama internasional, dan memainkan peran khusus dalam meningkatkan kerja sama dengan negara-negara berbahasa Portugis dan negara-negara Asia Tenggara, serta dalam membangun Inisiatif Sabuk dan Jalan, yang memberikan kondisi dan peluang yang baik untuk transformasi dan pengembangan Makau.

Kantor komisioner akan secara aktif membantu Makau dalam memperluas pertukaran dan kerja sama eksternal, dan menciptakan lingkungan yang menguntungkan bagi kemakmuran dan stabilitas jangka panjang Makau, serta pembangunan yang stabil dan berkelanjutan dari "satu negara, dua sistem," kata Liu. (*)

<<