Lama Baca3 Menit

Resep Melon Fuzzy China dengan Bakso dan Mie

23 January 2023, 15:03 WIB

Resep Melon Fuzzy China dengan Bakso dan Mie-Image-1
Melon fuzzy China yang mudah dengan bakso dan mie

Jakarta, Bolong.Id - Fuzzy melon (mo gwa dalam bahasa Kanton) juga dikenal sebagai melon berbulu atau labu. Populer di musim panas Tiongkok karena menyejukkan dan lezat.

Dilansir dari SCMP, berikut resep melon fuzzy dengan bakso dan mie.

Bahan:

- 2-3 (sekitar 20 g /¾ ons) jamur kering
- 30g (1 ons) udang kering
- 1 bungkus kecil (40 g /1⅓ ons) sohun (fen si)
- 250g (9 ons) daging babi cincang (bisa diganti dengan daging ayam atau sapi)
- 10ml (2 sdt) kecap asin
- 10ml (2 sdt) arak beras (rice wine)
- 5ml (1 sdt), minyak wijen
- ¼ sdt garam laut halus (fine sea salt)
- ¼ sdt gula pasir
- ⅛ sdt bubuk lada putih 
- 1 sdt kanji dari tepung jagung (tepung maizena)
- 4 daun bawang 
- 2, total sekitar 700g (25 ons) melon kabur
- 300ml (1¼ gelas) kaldu ayam tawar, sebaiknya buatan sendiri

Cara Membuat:

1. Bilas jamur kering di bawah air dingin, lalu masukkan ke dalam mangkuk, tutupi dengan air hangat dan biarkan terendam sampai terhidrasi sepenuhnya. Masukkan udang kering dan sohun ke dalam mangkuk terpisah, tutupi dengan air hangat dan rendam selama kurang lebih 10 menit.

2. Peras kelebihan air dari jamur dan buang batangnya. Potong topi jamur menjadi dadu kecil dan campurkan dengan daging babi cincang, kecap asin, arak beras, 5ml (1 sdt) minyak wijen, garam, gula, lada putih, dan tepung maizena. Cincang dua daun bawang, lalu tambahkan ke dalam campuran daging babi dan aduk rata. Bentuk campuran menjadi bakso kecil dan dinginkan sampai dibutuhkan.

3. Kupas fuzzy melon dan potong menjadi cakram setebal 3mm ( ⅛ inci). Potong cakram menjadi potongan batang korek api. Tiriskan sohun. Iris daun bawang yang tersisa menjadi potongan berukuran 5 mm (¼ inci).

4. Tuang kaldu ayam ke dalam panci atau pot tanah liat China, bumbui dengan sekitar setengah sendok teh garam dan didihkan dengan api sedang. Tambahkan fuzzy melon dan udang kering (dan cairan perendaman udang) dan masak sampai sayuran mulai lunak, aduk sesekali. Masukkan bakso dan soun. Tutupi wajan dengan tutupnya dan masak dengan api kecil untuk merebus bakso. Saat bakso sudah siap, cicipi cairan masakannya dan bumbui dengan sedikit kecap, jika perlu. Taburkan daun bawang di atasnya dan gerimis dengan minyak wijen. Sajikan segera, sendiri, atau dengan nasi kukus untuk hidangan yang lebih banyak.

Melon fuzzy china dengan bakso dan mie siap dinikmati.(*)

<<