Lama Baca6 Menit

Konferensi Pers Kemenlu China 16 Maret 2023


Konferensi Pers Kemenlu China 16 Maret 2023-Image-1
Wang Wenbin

Beijing, Bolong.id - Konferensi pers rutin  Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Tiongkok, Kamis, 16 Maret 2023, berikut petikannya:

CCTV: Sekretaris Jenderal Xi Jinping memperkenalkan Inisiatif Peradaban Global di CPC dalam Dialog dengan Pertemuan Tingkat Tinggi Partai Politik Dunia pada 15 Maret. Bisakah Anda memberikan informasi lebih lanjut?

Wang Wenbin: Pada tanggal 15 Maret, Sekretaris Jenderal Komite Pusat CPC dan Presiden Xi Jinping menghadiri CPC dalam Pertemuan Tingkat Tinggi Dialog dengan Partai Politik Dunia di Beijing dan menyampaikan pidato utama berjudul “Bergandengan Tangan di Jalan Menuju Modernisasi”. 

Dia menguraikan pemahaman CPC dalam mengeksplorasi jalan menuju modernisasi, mengusulkan Inisiatif Peradaban Global (GCI), dan menyatakan kesiapan tulus CPC untuk bekerja dengan partai politik dari semua negara untuk memajukan modernisasi dengan fitur nasional yang berbeda, mempromosikan pertukaran antar peradaban dan saling menguntungkan. belajar di seluruh dunia dan membangun komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia. 

Ini menunjukkan keberanian politik dan rasa tanggung jawab CPC untuk menghadapi tantangan bersama yang dihadapi umat manusia dan memberikan kontribusi solusi Tiongkok untuk memajukan modernisasi global dan kemajuan peradaban manusia.

Sekretaris Jenderal Xi Jinping mengatakan bahwa karena masa depan semua negara terhubung erat, toleransi, koeksistensi, pertukaran, dan saling belajar di antara berbagai peradaban memainkan peran yang tak tergantikan dalam memajukan proses modernisasi umat manusia dan membuat taman peradaban dunia berkembang. 

Kami menganjurkan penghormatan terhadap keragaman peradaban, nilai-nilai umum kemanusiaan, pentingnya warisan dan inovasi peradaban, dan pertukaran dan kerja sama antarmanusia yang kuat. 

Kami siap untuk bekerja sama dengan komunitas internasional untuk membuka prospek baru peningkatan pertukaran dan pemahaman di antara orang-orang yang berbeda dan interaksi yang lebih baik serta integrasi budaya yang beragam. 

Bersama-sama kita bisa membuat taman peradaban dunia penuh warna dan semarak.

GCI adalah satu lagi barang publik penting yang dibagikan Tiongkok kepada dunia di era baru setelah Global Development Initiative (GDI) dan Global Security Initiative (GSI), yang akan menyuntikkan dorongan kuat untuk memajukan proses modernisasi umat manusia dan membangun komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia.

GCI telah diterima dengan hangat di komunitas internasional. Orang-orang di banyak negara mengatakan bahwa inisiatif terbaru yang diusulkan oleh Presiden Xi Jinping ini akan memberikan dorongan kuat untuk pertukaran dan saling belajar di antara berbagai peradaban dan memajukan proses modernisasi umat manusia.

Dari GDI dan GSI hingga GCI, Tiongkok selalu menjadi kekuatan perdamaian dunia, kontributor pembangunan global, pembela tatanan internasional, dan promotor kemajuan peradaban manusia. 

Kami tetap berkomitmen pada misi kami untuk mencari kemajuan bagi umat manusia dan harmoni bagi seluruh dunia. 

Dalam perjalanan ke depan, modernisasi Tiongkok, sebagai bentuk baru kemajuan manusia, akan memanfaatkan keunggulan peradaban lain dan menjadikan taman peradaban dunia lebih semarak.

 Ketika Tiongkok dan seluruh dunia bergandengan tangan menuju modernisasi di era baru, itu pasti akan memberikan kontribusi baru dan lebih besar untuk mempromosikan perdamaian dan pembangunan serta membangun komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia.

Kantor Berita Yonhap: Menurut laporan, DPRK meluncurkan rudal balistik, diduga rudal balistik antarbenua, ke perairan lepas pantai timur hari ini. Apa komentar Anda?

Wang Wenbin: Kami telah mencatat laporan yang relevan. 

Baru-baru ini, AS dan beberapa negara lain telah mengadakan latihan militer gabungan skala besar di wilayah tersebut, terus meningkatkan frekuensi penyebaran senjata strategis, dan membuat pengaturan untuk mentransfer kapal selam nuklir ke negara lain. dampak negatif dari langkah tersebut pada situasi Semenanjung Korea mengkhawatirkan. 

Apa yang diminta oleh situasi di Semenanjung Korea adalah menurunkan suhu, bukan mengipasi api. Pihak terkait perlu tetap berkomitmen pada arah penyelesaian politik, dan bergerak maju di jalur yang benar untuk meredakan ketegangan dan melanjutkan dialog.

TASS: Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Alexander Grushko mengatakan baru-baru ini bahwa kesepakatan biji-bijian Laut Hitam telah diperpanjang dengan syarat sebelumnya selama 60 hari. Dia menekankan bahwa kesepakatan paket terdiri dari dua bagian, termasuk ekspor produk pertanian Ukraina melalui Laut Hitam dan normalisasi ekspor biji-bijian dan pupuk Rusia. Rusia berharap kesepakatan itu dapat membantu menormalkan ekspor Rusia dalam 60 hari. Apa komentar Anda?

Wang Wenbin: Inisiatif Butir Laut Hitam adalah kesepakatan penting yang dicapai oleh PBB, Rusia, Türkiye, dan Ukraina setelah beberapa putaran negosiasi. Tiongkok berharap agar kesepakatan tersebut terus dilaksanakan secara berimbang, komprehensif dan efektif. 

Tiongkok telah mengajukan prakarsa kerja sama dalam ketahanan pangan global, dan ingin memperkuat komunikasi dan kerja sama dengan semua pihak dalam hal ini untuk membangun konsensus internasional dan berkontribusi pada ketahanan pangan dunia. (*)

<<