Ilmuwan China Pindai Dinding Kuno dengan Sinar Kosmik

02 June 2023, 14:50 WIB

Ilmuwan China Pindai Dinding Kuno dengan Sinar Kosmik-Image-1
Ilustrasi

Beijing, Bolong.id - Ilmuwan Tiongkok memindai tembok kota kuno Xi'an berusia 600 tahun di Provinsi Shaanxi, Tiongkok barat laut. Pengecekan menggunakan sinar kosmik.

Dilansir dari 人民网 Kamis (01/06/23), pemindaian berteknologi tinggi ini dilakukan oleh sistem pencitraan muon sinar kosmik non-destruktif buatan sendiri pertama di Tiongkok berdasarkan sintilator plastik.

Dengan enam titik pengamatan yang dipasang di bagian ke-58 yang menonjol dari dinding luar, peralatan tersebut dapat melakukan pengumpulan data dan memperoleh gambar interior melalui sistem.

Metode ini memungkinkan untuk mendeteksi kemungkinan kerusakan di dalam dinding, kata Liu Zhiyi, profesor dari Universitas Lanzhou, yang memimpin tim peneliti.

"Ini adalah aplikasi domestik pertama dari sistem pencitraan muon di bidang perlindungan peninggalan budaya," kata Liu.

Tim juga sedang mempersiapkan kemungkinan kerjasama dengan departemen pelestarian peninggalan budaya di seluruh negeri, termasuk yang bertanggung jawab atas Gunung Maiji. Gua dan Gua Mogao di Provinsi Gansu.

Xi'an membanggakan salah satu tembok kota kuno Tiongkok yang paling terpelihara dengan baik.  Ini sangat berharga dalam studi konstruksi perkotaan, sejarah, budaya, pertahanan militer, dan arsitektur dalam masyarakat Tiongkok kuno.

Namun, setelah ratusan tahun, beberapa bagian tembok telah tenggelam atau runtuh.  Beberapa lesi tertanam jauh di dinding, menimbulkan lebih banyak tantangan bagi konservator arkeologi dalam deteksi dan restorasi peninggalan.

Teknologi pencitraan muon serupa telah lama diadopsi di bidang arkeologi internasional.  Pada awal tahun 2017, tim peneliti gabungan memindai Piramida Agung Giza, yang dikenal luas sebagai Piramida Khufu, di Mesir.

Pemindaian mengungkapkan ruang kosong sepanjang 30 meter yang baru ditemukan, yang diyakini sebagai ruang rahasia dan dapat membantu mengungkap bagaimana monumen kuno yang hebat itu dibangun. (*)