Lama Baca 4 Menit

Alibaba dan DingTalk Bikin Large Language Models

23 August 2023, 10:01 WIB

Alibaba dan DingTalk Bikin Large Language Models-Image-1
Lebih dari selusin mitra industri, kolaborator, dan pengembang perangkat lunak berkumpul di Konferensi Ekosistem DingTalk yang diadakan pada hari Selasa di Shanghai.

Beijing, Bolong.id - Alibaba dan DingTalk sedang membikin infrastruktur large language models (LLM) agar mudah diakses oleh pengembang aplikasi dan konsumen.

Dilansir dari Shanghai Daily (22/08/2023). Presiden DingTalk, Ye Jun mengatakan, perusahaannya akan merilis versi baru bulan depan yang menyertakan kemampuan kecerdasan buatan untuk pengembang perangkat lunak independen di mana model bahasa besar dapat diakses dengan mudah.

Ye berbicara di Konferensi Ekosistem DingTalk yang diadakannya pada hari Selasa di Shanghai.

Saat ini lebih dari 10 juta aplikasi oleh pengembang pihak ketiga tersedia di DingTalk, dengan lebih dari delapan juta aplikasi ringan.

DingTalk berkomitmen untuk melayani usaha kecil dan mikro serta membantu merevitalisasi pembangunan ekonomi dengan meningkatnya penerapan model operasi digital dan perangkat lunak ringan, kata perwakilannya.

Mitra ekosistem, termasuk penyedia perangkat lunak dan perangkat keras serta vendor perangkat lunak independen, telah melampaui 5.000 mitra setelah DingTalk mulai mengkomersialkan rangkaian produknya tahun lalu sambil mempertahankan model dasar tetap gratis dan meningkatkan model untuk perusahaan yang menginginkan fitur khusus.

Alibaba Cloud adalah salah satu perusahaan lokal pertama yang menawarkan asisten robot pintar dengan Tongyi Qianwen, layanan mirip ChatGPT yang diluncurkan pada bulan April yang membantu menganalisis file audio dan video dan menghasilkan ringkasan teks.

Perusahaan berharap produk dan teknologi full-stack-nya akan memberikan keunggulan dibandingkan pemain lain, yang terutama berfokus pada salah satu lapisan.

Alibaba dan DingTalk Bikin Large Language Models-Image-2
Raksasa internet berharap memungkinkan pengembang perangkat lunak untuk dengan mudah mengakses kemampuan kecerdasan buatan.

Asisten robot untuk administrasi kantor dari berbagai industri juga dipamerkan di Konferensi Ekosistem DingTalk.

Untuk kuartal kedua yang berakhir 30 Juni, Cloud Intelligence Group milik Alibaba, termasuk Alibaba Cloud, DingTalk, dan bisnis lainnya, membukukan peningkatan pendapatan tahunan sebesar 4 persen menjadi 25,12 miliar yuan.

Ketua dan Kepala Eksekutif Grup Daniel Zhang sedang mentransisikan peran eksekutifnya untuk memimpin Cloud Intelligence Group sebagai ketua dan kepala eksekutif, yang akan berlaku mulai 10 September.

Secara terpisah, Tencent mengumumkan minggu lalu bahwa mereka juga sedang menguji model bahasa besarnya di antara para karyawan, dan berencana untuk mengungkap model kecerdasan buatan miliknya pada akhir tahun ini.

Tencent mengatakan selama panggilan konferensi pendapatan triwulanannya bahwa ia berada di jalur yang tepat untuk mengembangkan model bahasa yang besar untuk menggerakkan AI generatif dan aplikasi lainnya.

Ketua dan kepala eksekutif Tencent Ma Huateng mengatakan akan terus mendorong inovasi melalui AI generatif, dan menyediakan perpustakaan model untuk mitra melalui penawaran Tencent Cloud Model-as-a-Service (MaaS), serta menyempurnakan model dasarnya sendiri .

Alibaba dan DingTalk Bikin Large Language Models-Image-3