Fosil Dinosaurus Tertua dan Telur Ditemukan di Guizhou

16 November 2023, 08:11 WIB

Fosil Dinosaurus Tertua dan Telur Ditemukan di Guizhou-Image-1
Fosil dinosaurus tersebut digali di distrik Pingba di kota Anshun di Provinsi Guizhou, Tiongkok Barat Daya. Foto: Atas perkenan Kantor Pengelola Peninggalan Budaya Distrik Pingba dan Museum Provinsi Guizhou.Foto dari web

Guizhou, Bolong.Id - Tim peneliti Tiongkok menemukan kelompok fosil dinosaurus tertua di dunia, termasuk telurnya di Provinsi Guizhou.

Dilansir dari Global Times, Selasa (14/11/2023) fosil tersebut berasal dari 190 juta tahun lalu dan terdiri dari tiga dinosaurus dewasa dan 50 telur dari spesies yang sama.

Ditemukan di Distrik Pingba, Kota Anshun, kelompok fosil sauropoda herbivora ini memiliki karakteristik unik yang membedakannya dari spesies lain.

Diberi nama Qianlong shouhu, fosil ini memiliki tengkorak dan kerangka postcranial yang relatif lengkap.

Para peneliti memperkirakan bahwa Qianlong shouhu dewasa dapat tumbuh lebih dari enam meter panjangnya dan beratnya mencapai satu ton. Penelitian ini memberikan wawasan penting tentang perilaku dinosaurus purba, termasuk strategi reproduksi dan kelangsungan hidup mereka.

Analisis telur menunjukkan bahwa cangkangnya semi-kaku, menempatkannya di antara telur dinosaurus lunak dan kaku. Temuan ini memberikan kontribusi signifikan untuk pemahaman kita tentang evolusi dan biologi dinosaurus purba.(*)