Lama Baca 2 Menit

Wang Yi Pimpin KTT tentang Perang Palestina-Israel

28 November 2023, 12:55 WIB

Wang Yi Pimpin KTT tentang Perang Palestina-Israel-Image-1

Baijing, Bolong.id - Sebagai presiden bergilir Dewan Keamanan PBB, Tiongkok akan mengadakan pertemuan tingkat tinggi Dewan Keamanan mengenai masalah perang Palestina-Israel, Rabu 29 November 2023. 

Dilansir dari Shanghai Daily. Menteri Luar Negeri Tiongkok, Wang Yi akan ke New York untuk memimpin pertemuan tersebut, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Wang Wenbin, Senin.

Putaran konflik Palestina-Israel ini telah menyebabkan korban sipil besar-besaran dan bencana kemanusiaan, dan masyarakat internasional sangat prihatin. 

Tiongkok mengharapkan Dewan Keamanan PBB untuk memenuhi tanggung jawab utamanya untuk menjaga perdamaian dan keamanan internasional, dan untuk memainkan peran konstruktif, kata Wang pada konferensi pers harian.

Resolusi 2712, resolusi pertama yang diadopsi oleh Dewan Keamanan PBB setelah putaran konflik 

Palestina-Israel saat ini pecah dan juga yang pertama diadopsi pada masalah Palestina-Israel sejak akhir 2016, telah mempromosikan langkah-langkah awal untuk gencatan senjata dan kondusif untuk menghindari krisis kemanusiaan dan bencana yang lebih besar, katanya.

Tiongkok berharap bahwa dengan mengadakan pertemuan tingkat tinggi, semua pihak dapat mempromosikan pertukaran mendalam dan membangun konsensus, mengambil tindakan nyata dan memberikan kontribusi untuk mengurangi krisis kemanusiaan di Gaza, mewujudkan gencatan senjata dan penghentian pertempuran, melindungi warga sipil dan pada akhirnya mempromosikan solusi yang komprehensif, adil dan abadi untuk masalah Palestina melalui solusi dua negara. Kata juru bicara itu.(*)

 

Informasi Seputar Tiongkok