Baca dalam 3 menit

Wajib Dicoba, 6 Kuliner Halal di Pecinan Glodok Jakarta!

Waktu Publish : 12 Mar 2021, 20:30 WIB
Sumber : jajanbeken
SHARE ARTIKEL

Jalan Pancoran, Glodok - Image from jajanbeken

Jakarta, Bolong.id - Glodok adalah kawasan pecinan di sekitar Jalan Pancoran, Jakarta Barat, yang sudah terkenal sejak dulu. Kawasan di sekitarnya yang juga akrab disebut Petak Sembilan oleh warga setempat merupakan area pertokoan yang menjual pakaian, perlengkapan rumah tangga, dan hidangan legendaris.

Meski berada di daerah pecinan, kawasan Glodok tetap dapat Anda dijelajahi untuk berwisata kuliner yang halal. Meski tidak bersertifikat halal MUI, hidangan terkenal di Glodok berikut ini dapat Anda coba karena disebutkan tidak menggunakan bahan-bahan yang dilarang menurut syariat. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, simak 6 kuliner Glodok halal yang terkenal!

1. Nasi Ulam Betawi Haji Nana

Nasi Ulam Haji Nana - Image from jajanbeken

Berada di pinggir Jalan Pancoran di depan Bank Mandiri, Nasi Ulam Betawi Haji Nana menjual nasi ulam dan nasi uduk dari pukul 3 sore hingga 9 malam. Meski sederhana hanya dengan gerobak, nasi ulam betawi Haji Nana ini cukup komplit. Anda bisa memesan dendeng, perkedel, telur dadar, kerupuk, daun kemangi,
taburan kacang tumbuk, serundeng, bawang goreng, sambal dan kuah spesial. Jika belum puas, tambahlah rempeyek sebagai pelengkap makan sore Anda.

2. Es Jeruk Murni Afuk

Es Jeruk Murni Afuk - Image from jajanbeken

Anda haus setelah menyantap seporsi nasi ulam? Jalan terus di deretan ruko Jalan Pancoran dan berhenti di sebuah gerobak es jeruk murni segar Afuk. Es jeruk ini sangat segar karena dibuat langsung setelah dipesan dan terbuat dari jeruk murni. Untuk segelas es jeruk murni, sekitar 4 buah jeruk dibelah kemudian diperas sarinya dan ditambahkan es batu.

3. Bihun Kari Lam

Bihun Kari Lam - Image from jajanbeken

Di sebuah pertigaan di Jalan Pintu Besar Selatan 1, cobalah masuk ke sebuah gang kecil tepat di sebelah kanan toko kaset tempo dulu bernama Memories Old Song. Jika Anda berada di sebuah gang kecil yang dipenuhi dengan pedagang kaki lima mulai dari makanan hingga perabot, berarti Anda berada di jalan yang tepat untuk menikmati Bihun Kari khas Medan yang halal, Kari Lam.

Bihun Kari Lam yang buka dari jam 9 pagi hingga 3 sore ini hanya menggunakan daging ayam atau sapi dalam masakannya. Dalam semangkuk bihun kari Lam, Anda akan mendapatkan bihun, jeroan, kentang, dan potongan daging yang Anda pilih.

4. Cempedak Goreng Cik Lina

Cempedak Goreng Cik Lina - Image from jajanbeken

Kuliner halal Glodok yang berikutnya mungkin tidak familiar di telinga Anda, yaitu cempedak goreng. Berada di sebuah gang kecil di kawasan Petak Sembilan, jajanan unik yang sudah sangat langka ditemukan ini dapat Anda jumpai di teras rumah Cik Lina.

Menurut Cik Lina, buah cempedak sendiri sudah jarang ditemukan di Jakarta. Untuk berdagang, Cik Lina mengaku harus mencari buah langka ini sampai ke Kota Bogor. Jika Anda berhasil sampai ke kedai sederhana Cik Lina, jangan ragu untuk memesan cempedak goreng yang disajikan bersama saus gula merah tersebut. Jajanan yang memiliki aroma khas buah cempedak dengan tekstur yang renyah di luar dan meleleh di dalam ketika panas ini pun banyak peminatnya. Buktinya, Anda dapat menjumpai ojek online yang menunggu Cik Lina menggoreng cempedak ini dengan sabar.

5. Rujak Shanghai Encim

Rujak Shanghai Encim - Image from jajanbeken

Setelah puas menjelajahi gang-gang pertokoan di Pancoran, Glodok, saatnya Anda mampir ke lantai 5 gedung Pancoran Chinatown Point yang bersih dan dilengkapi dengan AC. Di foodcourt gedung tersebut, mampirlah ke Rujak Shanghai Encim.

Bagi Anda yang belum mengenal makanan yang cukup langka ini, rujak shanghai adalah sejenis salad sayur dan seafood yang disiram dengan kuah kental. Uniknya, seafood yang akan Anda temukan terdiri dari ubur-ubur dan cumi-cumi di atas sayur kangkung. Untuk menikmati hidangan ini, Anda dapat mengaduknya bersama-sama dan memberi perasan jeruk nipis. Tekstur kenyal dan sarat akan serat membuat hidangan ini terasa unik di lidah. Jika masih ada ruang di perut Anda, cicipi juga rujak juhi-nya yang tidak kalah menarik.

6. Bakso Adam

Bakso Adam - Image from jajanbeken

Masih di Pancoran Chinatown Point, Anda dapat menemukan Bakso Adam di food court pelataran gedung. Bakso Adam di pelataran gedung ini sebenarnya sama dengan Bakso Adam yang ada di pinggir Jalan Pancoran. Hanya saja, Bakso Adam ini berjualan di dua lokasi untuk mengakomodasi waktu operasi yang berbeda.

Bakso yang sudah sangat akrab di lidah warga setempat ini buka sejak pukul 10 pagi. Dengan suasana outdoor dan taman terbuka, Anda dapat mencicipi bakso populer ini dengan lebih nyaman. Seperti bakso pada umumnya, Anda pun dapat memilih mie atau bihun serta mencari bakso urat dan daging sesuai selera.

Selamat mencoba ! (*)

Terkait

culture

Bagaimana Budaya Orang Fujian Menyebar ke Seluruh Dunia?

  • Lupita
  • 14 Jun 2021

lifestyle

POTRET: Petak Enam Wisata Kuliner Bernuansa Pecinan

  • Lupita
  • 08 Jun 2021

news

Penjualan Pernah Pernik Imlek Menurun di Tengah Pandemi

  • Lupita
  • 09 Feb 2021

Culture

5 Tempat Unik di Glodok, Chinatown-nya Jakarta

  • Lupita
  • 20 Dec 2020
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong
32
21
16
1
1
3