Baca dalam 3 menit

Kembang Tahu Asalnya dari China

Waktu Publish : 12 Jul 2021, 16:58 WIB
Sumber : Bolong.id
SHARE ARTIKEL

Kembang Tahu - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Jakarta, Bolong.id - Kembang tahu atau Wedang tahu adalah minuman sari kedelai dicampur jahe dan gula aren. Makanan yang terkenal sebagai panganan khas Semarang ini ternyata berasal dari Tiongkok.

Kembang tahu dulunya dibawa oleh seorang imigran Tiongkok yang tinggal di Semarang sekitar abad ke-19. Tidak disajikan sebagai hidangan manis seperti sekarang ini, dulu kembang tahu disajikan dengan rasa asin.

Semangkuk kembang tahu dulunya berisikan kuah jahe, rebon udang, kecap asin, irisan sayur, bawang dan ketumbar. Bahkan dulu juga dimakan bersama dengan bakpao dan cakwe. Tapi, karena disesuaikan dengan lidah lokal, kembang tahu ini kemudian disajikan dengan rasa manis.

Dalam bahasa Mandarin, kembang tahu disebut sebagai Douhua (豆花). Penganan ini populer di Tainan, Taiwan, dan biasa disebut Tauhue yang berasal dari dialek Hokkian.

Sama dengan di Indonesia, tauhue atau kembang tahu ini dihidangkan bersama air jahe dan gula. Di Taiwan, biasanya kembang tahu juga dihidangkan dengan berbagai topping seperti kacang merah, air jeruk nipis, dll.

Di berbagai wilayah di Tiongkok, penyajian kembang tahu memiliki ciri khasnya tersendiri.

Di Taiwan, topping manis seperti kacang tanah, kacang merah, oatmeal, sirup berperisa jahe dan almond banyak digunakan. Di musim panas, biasanya kembang tahu akan disajikan dengan es serut.

Di Hubei, kembang tahu disebut sebagai doufunao (豆腐腦) atau doufuhua (豆腐花) dan hanya disajikan dengan gula saja.

Di Hong kong, kembang tahu dibuat secara tradisional dengan dalam timba kayu dan dianggap sebagai bagian dari dim sum. Biasanya disajikan dengan pasta kacang hitam atau santan meski tidak jarang juga disajikan dengan sirup jahe manis.

Kembang tahu khas Sichuan dijual dengan tongkat pikul atau gerobak sepeda dan disajikan dengan rasa asin. Topping yang dipakai biasanya minyak cabai, kecap, andaliman, daun bawang, kacang, atau bahkan dikonsumsi dengan nasi putih.

Sama seperti di Sichuan, kembang tahu di daerah Tiongkok utara tidak disajikan dengan manis. Biasanya kebang tahu hanya ditambahkan kecap sebagai topping sehingga rasanya gurih.

Sama seperti di Tiongkok, kembang tahu di Indonesia juga memiliki nama dan ciri khasnya tersendiri.

Di Solo, kembang tahu dikenal sebagai tahoek, di Kalimantan Barat dikenal sebagai bubur tahu, sedangkan di Bangka Belitung dan Sumatera Selatan dikenal sebagai kembang tahu. (*)

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong
32
21
16
1
1
3