Baca dalam 3 menit

Dubes Deng Xijun menghadiri ASEAN Development Outlook

Waktu Publish : 24 Aug 2021, 17:04 WIB
SHARE ARTIKEL

Deng Xijun - Image from 中国驻东盟使团

Jakarta, Bolong.id - Pada Senin (23/08/2021), Duta Besar Tiongkok untuk ASEAN Deng Xijun menghadiri upacara peluncuran laporan ASEAN Development Outlook untuk lembaga-lembaga think tank dan menyampaikan pidato melalui video.

Dilansir dari 中国驻东盟使团 pada Senin (23/08/2021), Duta Besar Deng Xijun mengatakan bahwa ASEAN Development Outlook merupakan laporan komprehensif pertama yang disiapkan oleh ASEAN mengenai isu-isu pembangunan. Tiongkok dengan senang hati memberikan dukungan untuk penyusunan laporan tersebut melalui Tiongkok-ASEAN Cooperation Fund. Perilisan laporan tersebut bertepatan dengan peringatan 30 tahun pembentukan hubungan dialog Tiongkok-ASEAN dan Tahun Kerjasama Pembangunan Berkelanjutan Tiongkok-ASEAN, yang merupakan pencapaian penting dari kemitraan strategis Tiongkok-ASEAN.

Duta Besar Deng mengatakan bahwa sejak pembentukan hubungan dialog antara Tiongkok dan ASEAN 30 tahun yang lalu, pembangunan berkelanjutan selalu menjadi bidang kerja sama praktis yang penting antara kedua belah pihak, memimpin proses pembangunan berkelanjutan di kawasan itu dan memberikan kontribusi penting bagi realisasi tujuan Agenda Pembangunan Berkelanjutan PBB.

Duta Besar Deng juga mengatakan bahwa Tiongkok telah memulai perjalanan baru untuk membangun negara sosialis modern secara menyeluruh, dan bertujuan untuk mencapai pembangunan berkualitas tinggi dan berusaha untuk meningkatkan inklusivitas dan ketahanan pembangunan. ASEAN telah mengeluarkan ASEAN Comprehensive Recovery Framework, yang menganggap langkah menuju masa depan yang lebih berkelanjutan dan tangguh sebagai salah satu bidang strategisnya. Tiongkok-ASEAN memiliki landasan yang kokoh untuk terus memperdalam kerja sama di bidang pembangunan berkelanjutan. Kedua belah pihak harus memperkuat keselarasan strategis, memperkuat kerja sama anti-pandemi dan mengkonsolidasikan mekanisme kerja sama, sehingga menciptakan masa depan yang cerah bagi pembangunan berkelanjutan Tiongkok dan ASEAN.

Hampir 130 orang, termasuk Kang Fu, Wakil Sekretaris Jenderal ASEAN, perwakilan tetap Negara Anggota ASEAN, lembaga diplomatik negara mitra ASEAN seperti Korea Selatan, Inggris, India dan Swiss di ASEAN, think tank terkait, pakar dan cendekiawan dari Tiongkok dan Negara-negara ASEAN, perwakilan lembaga internasional seperti Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan media, menghadiri upacara peluncuran dan mendengarkan pengenalan isi utama laporan Outlook Pembangunan ASEAN, juga melakukan pertukaran dan diskusi tentang topik-topik seperti Pembangunan Berkelanjutan ASEAN berkelanjutan dan kerjasama pembangunan berkelanjutan ASEAN-Tiongkok.

Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

news

KBRI Beijing dan Harini Sondakh Wakili Indonesia Pada 1st AS...

  • Visco Joostensz
  • 21 Jan 2022

news

Konferensi Influencer Online Diadakan Untuk Tingkatkan Hubun...

  • Lupita
  • 18 Jan 2022

business

Nilai Volume Dagang China 2021 Rp88,1 Kuadriliun

  • Djono W. Oesman
  • 17 Jan 2022

news

Konferensi Influencer China-ASEAN Pertama di Fuzhou

  • Djono W. Oesman
  • 14 Jan 2022

news

RCEP Berlaku 1 Januari 2022

  • Djono W. Oesman
  • 01 Jan 2022

news

RCEP Segera Berlaku, Implementasi di China Telah Siap

  • Djono W. Oesman
  • 25 Dec 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong