Baca dalam 4 menit

5 Teknologi China yang Sukses di Abad ke-21

Waktu Publish : 28 Sep 2021, 12:37 WIB
SHARE ARTIKEL

Reaktor fusi nuklir di Tiongkok - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Bolong.id - Tiongkok adalah salah satu peradaban paling tua di dunia. Teknologi pun terus berkembang di Tiongkok dan penemuannya begitu revolusioner bagi dunia, seperti kertas, bubuk mesiu, kompas, dan mesin percetakan.

Seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan teknologi di Tiongkok pun tidak berhenti. Kini memasuki abad ke-21, Tiongkok telah sukses menciptakan dan mengembangkan berbagai teknologi modern.

Dilansir dari 任间科学, berikut adalah lima pencapaian teknologi Tiongkok yang paling fenomenal.

1. Matahari Buatan

“Matahari buatan” Tiongkok disebut HL-2M, sebuah reaktor fusi tokamak yang berada di Southwestern Institute of Physics (SWIP) di Chengdu, Tiongkok. Reaktor ini menghasilkan daya dengan menerapkan medan magnet yang kuat ke hidrogen untuk mengkompresnya hingga menciptakan plasma yang dapat mencapai suhu lebih dari 150 juta derajat celcius, yaitu sepuluh kali lebih panas dari inti Matahari.

2. Robot Zhurong di Mars

Pada 15 Mei 2021, robot penjelajah Mars Tiongkok, Zhurong, berhasil mendarat di Mars. Tujuan pengiriman Zhurong adalah untuk mengumpulkan sampel tanah dan mempelajari geologi di Mars. Menurut data dari China National Space Administration (CNSA), satu hari di Mars berlangsung sekitar 24 jam 40 menit, sehingga Zhurong membutuhkan 90 hari di Mars atau 92 hari di Bumi untuk menyelesaikan misinya.

3.Kapal Selam Fendouzhe

Fendouzhe menyelesaikan 13 penyelaman ke Palung Mariana – yang merupakan titik terdalam di Bumi – di Samudra Pasifik barat dalam misinya yang dimulai 10 Oktober 2020 lalu. Delapan dari penyelaman itu mencapai kedalaman lebih dari 32.808 kaki (10.000 m). Kapal selam berawak dalam misi ini pun bahkan mencapai rekor kedalamannya sendiri pada 10 November 2020 dan mencapai kedalaman yang melebihi ketinggian Gunung Everest.

4.Teleskop Radio Raksasa

Teleskop radio raksasa di Tiongkok disebut Xinjiang Qitai 110m Radio Telescopes (QTT). Teleskop radio ini terletak di Daerah Otonomi Uygur Xinjiang, barat laut Tiongkok. Diameter QTT 10% lebih lebar dari Green Bank, teleskop radio seluler terbesar di dunia yang terletak di Virginia Barat, Amerika Serikat. Ruang observasi QTT bahkan mencakup hingga 75% dari langit.

5.Pembangkit Tenaga Listrik Surya yang Terapung

Pembangkit listrik tenaga surya terapung terbesar di dunia selesai dibangun pada Mei 2015 di Provinsi Anhui, Tiongkok, dan terhubung ke jaringan listrik lokal. Pembangkit listrik tenaga surya berkapasitas 40 megawatt ini dibangun di area pertambangan batu bara yang terisi air. Proyek ini merupakan bagian dari transisi besar Tiongkok dari penggunaan bahan bakar fosil ke sumber energi terbarukan.

Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

technology

China Krisis Listrik, Apa Kabar Matahari Buatan?

  • Visco Joostensz
  • 30 Sep 2021

Technology

China Ciptakan 'Matahari Buatan' sebagai Energi

  • Lupita
  • 10 Dec 2020

Technology

China Ciptakan Reaktor 'Matahari Buatan', Panas 10 kali Lipa...

  • Lupita
  • 06 Dec 2020
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong