Baca dalam 3 menit

Perpustakaan Berteknologi Canggih Dibuka di Guizhou China

SHARE ARTIKEL

Smart library Guiyang - Image from CGTN

Guizhou, Bolong.id - Perpustakaan berteknologi canggih dibuka di kota Guiyang, Provinsi Guizhou, Tiongkok. Di area sekitar 56.000 meter persegi, perpustakaan tujuh lantai ini bagian dari proyek Perpustakaan Provinsi Guizhou yang dibangun sejak November 2018 itu. Dilansir dari CGTN Sabtu (02/01/2021).

Berbagai teknologi canggih dan sistem Internet of Things telah diadopsi untuk pengelolaan buku yang lebih baik. Ini adalah perpustakaan dengan teknologi pertama di Tiongkok.

"Kami telah menggunakan 37 robot dengan fungsi seperti laser, radar, dan pemosisian nirkabel, untuk menggantikan pemilahan buku yang lebih cepat dan mudah," kata Yan Kankan, kepala insinyur proyek Perpustakaan Provinsi Guizhou. "Pembaca hanya membutuhkan waktu lima hingga 15 menit untuk mengambil buku yang mereka inginkan."

Selain ruang baca, perpustakaan ini juga memiliki area khusus untuk sains dan teknologi, musik, rekaman, sumber daya digital, dan lain-lain. Ia juga menawarkan layanan untuk orang-orang dengan kebutuhan khusus.

"Melalui platform layanan multimedia perpustakaan digital, pembaca juga dapat mengakses sumber daya digital dari buku, jurnal, dan video dari rumah," kata Luo Jing, direktur perpustakaan digital Perpustakaan Provinsi Guizhou. (*)

Terkait

News

Perpustakaan Berteknologi Canggih Dibuka di Guizhou China

  • Lupita
  • 03 Jan 2021
Logo follow bolong