Baca dalam 3 menit

Sejarah Panjang Bakso yang Populer di Indonesia, Bermula di Dinasti Ming China

SHARE ARTIKEL

Bakso - Image from bobobox.co.id

Jakarta, Bolong.id - Bakso adalah salah satu kuliner yang popular di Indonesia. Terkenal dengan sensi kenyal dan gurih, kuliner lezat ini ternyata memiliki sejarah yang cukup panjang dan dipengaruhi oleh kuliner Tiongkok.

Popularnya bakso di Indonesia berawal setelah para imigran dari Tiongkok, berlabuh di Indonesia ribuan tahun yang lalu. Awalnya bakso merupakan makanan dari Tiongkok, lebih tepatnya di wilayah Fuzhou, di Provinsi Fujian. Di era akhir Dinasti Ming sekitar abad 17.

Pertama kali bakso dibuat oleh Meng Bo Yang sengaja membuat olahan daging lembut, supaya sang ibu yang sakit tetap bisa memakan daging. Lalu ia pun terinspirasi dari kue mochi dan akhirnya ia mulai membuat bulatan daging cincang dan direbus.

Bakso - Image from cpcdn.com

Mulai saat itu bakso pun populer di seluruh Tiongkok. Bakso sendiri terdiri dari dua kata, 'bak' yang artinya daging, dan 'so' artinya sup atau kuah.

Bakso di Tiongkok memiliki perbedaan dengan bakso di Indonesia, yaitu bahan dasarnya. 

Di Tiongkok bakso diolah menggunakan daging babi, sedangkan di Indonesia bakso biasanya dibuat menggunakan daging sapi. Tapi ada juga yang membuat bakso dari daging ayam, ikan, udang, hingga daging kerbau. 

Selain itu, banyak orang Indonesia, yang mencampurkan rempah seperti seledri, bawang daun, hingga gerusan sambal agar bakso lebih enak dan cocok dengan lidah orang Indonesia.

Bakso\- Image from merdeka.com

Awalnya bakso disajikan dengan tauge, mie, potongan sawi, dan siraman kuah kaldu dari tulang sapi. Varian baksonya juga masih terbatas, seperti bakso urat atau bakso isi telur.

Di Indonesia ada beberapa wilayah yang terkenal dengan hidangan baksonya, salah satunya Kota Wonogiri, Solo, dan Malang. Dari tiga kota ini, perkembangan bakso di Indonesia semakin pesat.

Banyak orang dari tiga wilayah itu yang merantau ke berbagai kota di Indonesia, dan berjualan bakso menggunakan gerobak, atau membuka warung bakso sederhana.

Bakso - Image from tempo.co

Dari sana juga bermunculan jenis bakso lainnya, yang mengikuti perkembangan jaman dan tren. Seperti bakso aci yang terbuat dari tepung kanji, bakso mercon yang berisi cabe rawit pedas, atau bakso bentuk unik seperti bakso buaya, bakso jumbo, hingga bakso rambutan. (*)

Terkait

culture

Mari Mengenal Budaya Payung Kertas Tradisional dari Tiongkok...

  • Bolong team
  • 15 Jun 2020

culture

Mongolia Dalam Selamatkan Arsip Sejarah Invasi Jepang Ke Tio...

  • Dwi
  • 08 Jul 2020

culture

Lebih dari 100 Benda Zaman Neolitikum Digali di Tiongkok Sel...

  • Isna Fauziah
  • 16 Jul 2020

culture

Tiongkok - Jepang Bikin Film Dokumenter Anak Yatim Jepang Pa...

  • Aisyah Hidayatullah
  • 18 Jul 2020

culture

Makanan Ringan Bergaya, Daya Tarik Museum Nasional Tiongkok

  • Isna Fauziah
  • 21 Jul 2020

culture

36.000 Barang Antik, Rekam Sejarah Revolusioner Tiongkok

  • Isna Fauziah
  • 22 Jul 2020
Logo follow bolong