Baca dalam 3 menit

4 Pemimpin Negara Terima Kasih ke China Dibantu Vaksin COVID-19

Waktu Publish : 16 Feb 2021, 08:27 WIB
Sumber : CGTN
SHARE ARTIKEL


Pujian terhadap China - Image from CGTN

Beijing, Bolong.id - Para pemimpin Zimbabwe, Chili, Bolivia, dan Hongaria mengucapkan terima kasih kepada Tiongkok yang telah menyediakan atau menyumbangkan vaksin COVID-19.

Dalam wawancara dengan media Tiongkok, Presiden Emmerson Mnangagwa dari Zimbabwe mengatakan sumbangan tersebut merupakan bukti hubungan jangka panjang antara rakyat Zimbabwe dan Tiongkok.

Mnangagwa mengatakan sikap baik hati itu berbicara banyak tentang hubungan baik antara kedua negara sejak tahun 1960-an ketika Tiongkok memberikan bantuan kepada Zimbabwe selama perjuangannya melawan pemerintahan kolonial.

"Kami merasa sangat terhormat, dan ini menunjukkan banyak hal tentang hubungan antara kami dan rakyat Tiongkok," katanya.

Zimbabwe pada Senin (8/2/21) menerima 200.000 dosis vaksin yang disumbangkan oleh Tiongkok, vaksin pertama yang diterimanya saat negara itu meningkatkan upaya untuk mengekang penyebaran pandemi.

Negara tersebut telah menyelesaikan strategi penyebaran vaksin yang akan melihat setidaknya 10 juta orang, sekitar 60 persen dari populasi, diinokulasi. Dilansir dari CGTN pada Minggu (14/02/21).

Dia juga menyatakan keyakinannya bahwa vaksin akan membantu Zimbabwe melawan pandemi dan memainkan peran penting dalam memastikan kesehatan dan keselamatan rakyatnya.

Presiden Chili Terima Vaksin CoronaVac Tiongkok

Presiden Chili Sebastian Pinera pada hari Jumat menerima dosis pertama vaksin CoronaVac yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi China Sinovac melawan penyakit virus corona baru, bersama dengan mereka yang berusia 71 tahun ke atas.

Saat mengunjungi pusat perawatan kesehatan komunitas di wilayah selatan Los Rios, tempat presiden menghabiskan liburan musim panasnya di Australia, Pinera bergabung dengan lebih dari 1,5 juta warga Chili untuk menerima setidaknya dosis pertama vaksin.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden menyampaikan pesan kepercayaan kepada publik terkait penerapan vaksin CoronaVac dari Sinovac, yang paling banyak digunakan sebagai bagian dari program vaksinasi nasional.

"Saya ingin memberitahu semua rekan saya bahwa vaksin ini aman, efektif, dan kami telah melakukan upaya besar untuk dapat memvaksinasi semua warga Chili," kata Pinera kepada wartawan pada konferensi pers setelah divaksinasi.

Bolivia - Tiongkok Tandatangani Kerjasama Vaksin COVID-19

Bolivia dan Tiongkok menandatangani perjanjian untuk penyediaan vaksin perusahaan farmasi Sinopharm di markas pemerintah Bolivia, sebuah acara yang dihadiri oleh Presiden Bolivia Luis Arce, Wakil Presiden David Choquehuanca, dan duta besar Tiongkok untuk Bolivia Huang Yazhong.

Arce mengakui upaya Sinopharm untuk memasok Bolivia dengan vaksin sejak bulan ini. Itu tidak akan mungkin terjadi jika pemerintah Bolivia tidak memiliki "hubungan terbaik" dengan pemerintah Tiongkok, kata Arce, seraya menambahkan vaksin itu adalah salah satu yang "paling aman" karena teknologinya yang tinggi.

Vaksin COVID-19 Tiongkok Menggembirakan Hongaria

Berkat vaksin COVID-19 Tiongkok, Hongaria akan dapat memvaksinasi jutaan lebih banyak orang pada akhir Mei daripada negara-negara Eropa lainnya dengan ukuran serupa, Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban mengatakan dalam sebuah wawancara radio pada hari Jumat.

“Jika kita mulai menggunakan vaksin Tiongkok yang akan segera terjadi, maka menjelang Paskah kita bisa memvaksinasi setiap orang yang sudah mendaftar selama ini,” ujarnya.

Ia membandingkan negaranya akan lebih banyak vaksinasi dibandingkan negara-negara Eropa.

"Jika kita membandingkan rencana vaksinasi Hongaria dengan situasi Eropa, maka Hongaria dapat memvaksinasi 3,5 juta lebih banyak orang pada akhir Mei daripada negara Eropa dengan ukuran dan populasi yang sama. Saya pikir ini sangat besar," kata viktor (*)

Alifa Asnia/Penerjemah

Terkait

health

Aturan Wajib Vaksin di China, Begini...

  • Djono W. Oesman
  • 30 Jul 2021

news

China Sediakan Kendaraan Vaksinasi di Stasiun Kereta Api Tim...

  • Visco Joostensz
  • 29 Jul 2021

news

Vaksinasi di Guangdong Sudah 54%

  • Djono W. Oesman
  • 29 Jul 2021

health

Studi China: Vaksin Buatan China Efektif Selama Setidaknya 6...

  • Lupita
  • 27 Jul 2021

news

Provinsi Hainan Vaksinasi Anak 12-17 Tahun

  • Lupita
  • 27 Jul 2021

news

Vaksin Pfizer/BioNTech Boleh Dipakai di China

  • Lupita
  • 24 Jul 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong
18
9
11
0
1
2