Baca dalam 3 menit

Para Pemimpin Dunia Sampaikan Harapan Baik Pada Tahun Kerbau 2021

Waktu Publish : 14 Feb 2021, 09:51 WIB
Sumber : Xinhua
SHARE ARTIKEL

Macron, Presiden Prancis - Image from detik.net.id

Bolong.id - Pada kesempatan Tahun Baru Imlek tahun ini, atau Tahun Kerbau, banyak pemimpin dan pejabat negara asing memberikan salam atau ucapan selamat, menyampaikan harapan terbaik dan harapan positif mereka.

Presiden Zimbabwe Emmerson Mnangagwa pada hari Jumat (12/2) mengucapkan selamat tahun baru kepada rakyat Tiongkok.

"Tahun baru yang membahagiakan bagi pemerintah dan rakyat Tiongkok. Semoga tahun ini membawa kesehatan, kebahagiaan, kemakmuran, dan kesuksesan bagi teman-teman kami di Tiongkok, bagi rakyat Zimbabwe dan bagi umat manusia semuanya," kata Mnangagwa. Dilansir dari Xinhua pada Sabtu (13/2/2021).

Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed Ali pada hari Jumat (13/2) mengirimkan ucapan selamatnya kepada rakyat Tiongkok pada kesempatan Tahun Baru Imlek 2021.

"Semoga rakyat dan pemerintah Tiongkok selamat Tahun Baru Imlek," kata perdana menteri Ethiopia, saat dia menyatakan komitmennya untuk lebih memperkuat hubungan Tiongkok-Ethiopia.

"Ethiopia akan terus membangun hubungan bilateral dan kerja sama yang sudah ada dengan Tiongkok di Tahun Sapi," kata Ahmed dalam pesannya kepada rakyat dan pemerintah China melalui Twitter.

Dengan pesan video dan tweet multibahasa, Presiden Prancis Emmanuel Macron telah menyampaikan salamnya secara online kepada semua orang yang merayakan Festival Musim Semi, atau Tahun Baru Imlek.

Pada Malam Tahun Baru Imlek, Macron menyampaikan salamnya dalam empat tweet menggunakan bahasa Prancis, Tiongkok, Korea, dan Vietnam, mengatakan "Saya menyampaikan harapan terbaik saya kepada semua orang yang merayakan Tahun Baru Imlek, dan berharap semua orang sehat, sukses dan bahagia! "

Pada hari Jumat pagi, Macron membagikan video di Twitter kepada "semua rekan kami yang merayakan Tahun Baru Imlek," berharap "Tahun kerbau menjadi penuh dengan kegembiraan, harapan dan kebahagiaan."

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson pada hari Jumat mengirimkan ucapan selamatnya dalam sebuah video kepada orang-orang yang merayakan Tahun Baru Imlek, mengucapkan selamat Tahun Kerbau yang "bahagia dan sejahtera".

Dalam video satu menit yang diposting ke akun Twitter-nya, Johnson pertama kali mengirimkan ucapan selamat tahun barunya dan berterima kasih kepada komunitas Tionghoa Inggris "atas kontribusi luar biasa yang Anda berikan kepada negara kami, secara konsisten mencapai banyak hal mulai dari pendidikan hingga bisnis dan kedokteran."

Menjelang Tahun Baru Imlek, dia mencatat bahwa Inggris dan Tiongkok "memiliki banyak tantangan yang sama" mulai dari mengalahkan COVID-19 hingga mengatasi perubahan iklim dan mendukung pemulihan ekonomi dunia.

Presiden Malta George Vella pada Jumat malam menyambut Tahun Baru Kerbau dan berharap kedua negara akan meningkatkan kerja sama bilateral di tahun baru.

Berbicara pada upacara Tahun Baru Imlek, Vella berterima kasih kepada Tiongkok atas kontribusinya bagi pengembangan tujuan ekonomi, budaya, dan sosial Malta.

Vella mengatakan bahwa Tahun Kerbau membawa kemakmuran dan kesehatan yang baik bagi semua, kedua negara harus berkomitmen untuk mengambil tindakan tegas dan kemauan politik untuk memastikan tidak ada yang tertinggal.

Menteri Luar Negeri Argentina Felipe Sola pada hari Jumat mengirim ucapan selamat kepada orang-orang Tiongkok untuk Tahun Baru Imlek.

"Selamat Tahun Baru untuk semua rakyat Republik Rakyat China dan khususnya untuk komunitas yang tinggal di Argentina. Semoga Tahun Kerbau membawa kemakmuran bagi semua," tweet Sola. (*)

Alifa Asnia/Penerjemah

Terkait

culture

Museum Konfusius Menjaga Tradisi Agar Tetap Hidup

  • Lupita
  • 28 Feb 2021

news

Kisah Mantan Nelayan Rayakan Imlek di Darat untuk Pertama Ka...

  • Lupita
  • 28 Feb 2021

lifestyle

China Catat 256 Juta Perjalanan Turis Domestik Selama Libur ...

  • Lupita
  • 27 Feb 2021

lifestyle

Pendapatan Pariwisata China Selama Imlek Rp658 Triliun

  • Djono W. Oesman
  • 26 Feb 2021

culture

Festival Lampion dan Maknanya

  • Djono W. Oesman
  • 25 Feb 2021

news

Tiongkok Catat Lonjakan Penerbangan Kargo Luar Negeri Selama...

  • Lupita
  • 23 Feb 2021
Banner Kanan
Logo follow bolong