Robot Ultrasound Jarak Jauh Bertenaga 5G Bantu Para Dokter Beroperasi Di Tibet

11 February 2021, 09:31 WIB

Robot Ultrasound Jarak Jauh Bertenaga 5G Bantu Para Dokter Beroperasi Di Tibet-Image-1

dokter di Lhasa - Image from metallurgprom.org


Lhasa, Bolong.id – Seorang dokter di sebuah rumah sakit di Lhasa, Tibet China menggunakan robot bertenaga 5G untuk melakukan pemindaian ultrasound untuk pasien yang berjarak lebih dari 400 km dari rumah sakit.

Dilansir dari Xinhuanet pada Senin (08/02/21), Para dokter di rumah sakit rakyat daerah Tibet di Lhasa mengoperasikan lengan robotik melalui jaringan 5G untuk memindai pasien, seorang wanita yang menderita pembengkakan pascapersalinan di rumah sakit di daerah Nyainrong, dan menggunakan gambar ultrasound waktu-nyata untuk mendiagnosisnya dengan efusi rongga serosa.

Ini diyakini sebagai pemeriksaan USG dengan bantuan robot pertama yang dilakukan di Tibet. Para dokter Lhasa juga memberikan perawatan untuk pasien tersebut.

Chen Hu, wakil direktur eksekutif rumah sakit rakyat daerah Tibet, mengatakan pasien awalnya berencana untuk dipindahkan ke rumah sakit tingkat atas, tetapi menggunakan robot membantu mempercepat waktu untuk diagnosis dan pengobatan dari dua hari menjadi hanya 10 menit.

Otoritas lokal di Tibet sedang mengembangkan telemedicine bertenaga 5G untuk memberikan layanan medis yang lebih baik kepada penduduknya, terutama mereka yang berada di daerah terpencil dengan sumber daya medis terbatas. (*)

Megawati Putri/Penerjemah