Peneliti China Rilis Genom Panda Raksasa, Ungkap Karakteristik Evolusi

03 March 2021, 08:22 WIB

Peneliti China Rilis Genom Panda Raksasa, Ungkap Karakteristik Evolusi-Image-1

Panda Sichuan dan panda Qinling - Gambar diambil dari Internet, jika ada keluhan hak cipta silakan hubungi kami.

Beijing, Bolong.id – Peneliti Tiongkok telah merilis genom dari dua subspesies panda raksasa, mengungkap karakteristik evolusi panda raksasa. Mereka menemukan bahwa panda raksasa terbelah menjadi subspesies Sichuan dan Qinling sekitar 10.000 hingga 12.000 tahun yang lalu.

Dilansir dari Xinhuanet pada Selasa (2/3/21), Panda raksasa hitam-putih mungkin semuanya terlihat serupa, tetapi ada dua jenis berbeda yang hidup di Tiongkok, yaitu subspesies Qinling dan Sichuan.

Panda dari Provinsi Sichuan, Tiongkok barat daya, memiliki kepala yang lebih besar, lebih panjang, dan lebih mirip beruang. Mereka yang berasal dari Pegunungan Qinling di barat laut Provinsi Shaanxi memiliki kepala lebih bulat dengan hidung lebih pendek, yang berarti mereka lebih mirip kucing.

Dalam terbitan Science Bulletin baru-baru ini, para peneliti dari Universitas Zhejiang, Lembaga Penelitian Ilmu Hayati BGI, Pusat Penelitian dan Konservasi Tiongkok untuk Panda Raksasa dan lembaga penelitian lainnya melaporkan genom dari dua subspesies panda raksasa, termasuk perakitan genom pertama dari subspesies Qinling.

Dibandingkan dengan genom panda raksasa pertama yang diterbitkan pada 2010, kualitas dua genom yang baru dirilis telah jauh lebih baik dengan pengembangan teknologi pengurutan, kata para peneliti.

Analisis genom menunjukkan bahwa hilangnya elemen pengatur pada gen DACH2 dan perubahan pada gen SYT6 mungkin bertanggung jawab atas rendahnya tingkat kesuburan panda raksasa.

Gen IQCD mungkin menjadi penyebab mengapa panda raksasa Sichuan memiliki tingkat kesuburan yang relatif tinggi dibandingkan dengan subspesies Qinling.

Fang Guosheng dari Universitas Zhejiang mengatakan bahwa interaksi antara kedua subspesies harus dihindari dalam program penangkaran. Keturunan hibrida mungkin memiliki cacat genetik, mempengaruhi reproduksi dan kelangsungan hidup spesies panda raksasa.

Pada tahun 2018, Provinsi Shaanxi meluncurkan program koridor ekologi yang dirancang untuk menghubungkan habitat panda raksasa yang terfragmentasi untuk mendorong aliran gen di antara populasi liar.

Fang mencatat bahwa membangun koridor ekologi akan menghubungkan kelompok-kelompok kecil panda liar di Pegunungan Qinling dan meningkatkan stabilitas populasi subspesies Qinling. Namun koridor tersebut tidak boleh menghubungkan habitat dari kedua subspesies.

Dia mengatakan bahwa langkah terakhir untuk melindungi panda raksasa adalah memperkenalkan mereka kembali ke alam liar. Berdasarkan studi genetik, program pemuliaan harus memastikan kebugaran keturunan panda raksasa dan memperkuat mereka untuk beradaptasi dengan kehidupan di alam liar.

Jumlah panda raksasa di penangkaran di seluruh dunia mencapai 633 pada tahun 2020. Kurang dari 2.000 panda hidup di alam liar, kebanyakan di provinsi Sichuan dan Shaanxi.

Pegunungan Qinling adalah pegunungan timur-barat utama di Provinsi Shaanxi, menyediakan batas alami antara Tiongkok utara dan selatan. Provinsi Shaanxi berbatasan dengan Provinsi Sichuan di selatan. (*)