Baca dalam 3 menit

7 Sebab Rambut Uban di Usia Muda, Kurang Vitamin Hingga Hobi Mewarnai Rambut

Waktu Publish : 04 May 2021, 16:00 WIB
Sumber : amodrn.com
SHARE ARTIKEL

Ilustrasi ambut beruban - Image from WESTEND61/GETTY IMAGE

Bolong.id Penuaan adalah ketakutan rasional yang kita semua miliki, dari pria hingga wanita, hingga orang-orang dari segala usia. Salah satu tanda penuaan adalah munculnya rambut uban.

Perubahan warna rambut adalah hal yang wajar, seiring bertambahnya usia dan bertambahnya usia orang. Rambut uban bisa muncul hampir setiap saat dalam hidup, bahkan saat Anda masih muda.

Menurut Medical News Today, tubuh manusia memiliki jutaan folikel rambut atau kantung kecil yang melapisi kulit. Folikel menghasilkan rambut dan sel warna atau pigmen yang mengandung melanin. Seiring waktu, folikel rambut akan kehilangan sel pigmen, dan menghasilkan warna rambut putih.

Kali ini Bolong.id akan menguraikan beberapa alasan mengapa muncul rambut uban di usia muda. Mari kita simak!

1. Kekurangan vitamin

Menurut Medical News Today, kekurangan vitamin B6, B12, biotin, vitamin D, atau vitamin E dapat menyebabkan munculnya uban prematur.

2. Genetika

Dikutip dari amodrn.com, munculnya rambut uban prematur pada seseorang sebagian besar terkait dengan genetika, ras dan etnis. Uban prematur pada orang kulit putih dapat muncul sejak usia 20 tahun, sementara pada orang Asia akan muncul sekitar usia 25 tahun, dan usia 30 tahun pada populasi Afrika-Amerika.

Ilustrasi stress - Image from iStockphoto/BrianAJackson

3. Stres oksidatif

Sementara uban sebagian besar bersifat genetik, stres oksidatif dalam tubuh mungkin berperan ketika prosesnya terjadi sebelum waktunya. Stres oksidatif menyebabkan ketidakseimbangan ketika antioksidan tidak cukup untuk melawan efek merusak dari radikal bebas.

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang merusak sel, berkontribusi pada penuaan dan penyakit. Terlalu banyak stres oksidatif dapat meningkatkan perkembangan penyakit, termasuk kondisi pigmen kulit vitiligo. Vitiligo ini dapat memutihkan rambut karena kematian sel melanin atau hilangnya fungsi sel.

4. Kondisi medis tertentu

Beberapa kondisi medis, termasuk penyakit autoimun, dapat meningkatkan risiko seseorang beruban lebih awal. Faktanya, penelitian yang diterbitkan pada tahun 2008 menunjukkan adanya hubungan antara kelainan rambut dan disfungsi tiroid.

Rambut putih juga umum terjadi di alopecia areata, kondisi kulit autoimun yang menyebabkan rambut rontok di kulit kepala, wajah, dan bagian tubuh lainnya. Rambut yang tumbuh kembali cenderung menjadi putih karena kekurangan melanin.

5. Pemicu stres dalam kehidupan

Satu studi dari New York University, yang dilaporkan dalam Nature Medicine, menemukan bahwa sel-sel yang bertanggung jawab atas warna rambut bisa habis saat tubuh sedang stres. Penelitian lain menunjukkan bahwa meskipun stres mungkin berperan, namun itu hanyalah sebagian kecil dari gambaran yang lebih besar di mana penyakit dan faktor lain turut berkontribusi.

Ilustrasi merokok - Image from Justin Sullivan/Getty Images

6. Merokok

Sebuah studi dari tahun 2013 yang dilaporkan dalam Italian Dermatology Online Journal, menunjukkan bahwa perokok 2.5 kali lebih mungkin mulai beruban sebelum usia 30 tahun dibanding bukan perokok. Sebuah studi tahun 2015 di Journal of the American Academy of Dermatology juga menunjukkan bahwa merokok terkait dengan munculnya uban prematur pada pria muda.

7. Pewarna rambut kimiawi dan produk rambut

Pewarna rambut kimia dan produk rambut, bahkan sampo, dapat menyebabkan rambut beruban prematur. Banyak dari produk ini mengandung bahan berbahaya yang menurunkan kadar melanin. Hidrogen peroksida, yang ada di banyak pewarna rambut, adalah salah satu bahan kimia berbahaya. Penggunaan produk yang berlebihan juga akan menyebabkan rambut beruban.

Daun kari - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Bagaimana mengatasinya?

Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini, tetapi pada akhirnya tubuh Anda akan memutuskan apa yang ingin dilakukannya. Makan lebih banyak makanan yang mengandung antioksidan adalah kuncinya. Anda dapat mengonsumsi buah-buahan segar, sayuran, teh hijau, minyak zaitun, dan ikan.

Ada juga banyak pengobatan alami seperti daun kari. Penggunaan obat daun kari sudah ada sejak berabad-abad lalu. Jika dikombinasikan dengan minyak rambut dan dioleskan ke kulit kepala, daun kari bisa memperlambat uban prematur. Daun kari dapat mempertahankan warna rambut hitam dan bahkan mencegah uban prematur. (*)

Informasi Seputar Tiongkok



Banner Kanan
Logo follow bolong