Baca dalam 3 menit

Siapa Saja yang Paling Rentan Kekurangan Kalsium?

Waktu Publish : 02 May 2021, 13:00 WIB
Sumber : Sohu
SHARE ARTIKEL

Ilustrasi minum susu - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Bolong.id - Tubuh bisa saja mengalami kekurangan kalsium. Dalam dunia kesehatan, penyakit kekurangan kalsium disebut sebagai hipokalsemia. Kondisi ini terjadi ketika darah memiliki kadar kalsium yang rendah. Hipokalsemia merupakan kondisi yang tak boleh dibiarkan begitu saja.

Dalam kehidupan seseorang, dua orang dan satu satu keadaan yang menjadikan paling rentan terhadap kekurangan kalsium. Dilansir dari sohu.com , berikut penjelasannya.

Pertama adalah anak-anak dalam masa neonatal, masa bayi, dan remaja memiliki kebutuhan asupan kalsium yang lebih besar karena kebutuhan tumbuh kembang.

Kebutuhan vitamin D dibutuhkan untuk penyerapan kalsium, kebutuhan vitamin D pada bayi lebih tinggi daripada yang dapat diperoleh dari ASI, sehingga mereka rawan kekurangan vitamin D. Karena itu, bayi sangat membutuhkan paparan sinar matahari untuk memenuhi kebutuhannya.

Kadar vitamin D menurun seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu, orang lanjut usia (lansia) rentan mengalami kekurangan vitamin D.

Kedua, yang dapat kekurangan kalsium adalah wanita hamil dan menyusui.

Selain itu, bagi penderita malabsorpsi atau peningkatan ekskresi kalsium karena berbagai penyakit (seperti penyakit saluran cerna, diabetes, dll), suplemen kalsium dapat diberikan sesuai arahan dokter, dan penyakit primer dapat diobati secara efektif. (*)


Informasi Seputar Tiongkok


Banner Kanan
Logo follow bolong