Baca dalam 4 menit

Booming di Banyak Negara, Kok McD BTS Meal Ga Ada di China dan Jepang?

Waktu Publish : 13 Jun 2021, 11:31 WIB
Sumber : Bilibili
SHARE ARTIKEL

BTS Meal - Image from kompas

Bolong.id - Penggemar BTS di Indonesia tengah euforia dengan peluncuran paket BTS Meal McDonald's. BTS Meal merupakan menu kolaborasi antara boy band Korea BTS dengan McD.

Menu BTS Meal berisi 9 potong Chicken McNuggets, Medium Fries, Medium Coca Cola, dan saus sweet chili serta saus cajun.

“Band ini memiliki kenangan indah dengan McDonald's. Kami senang dengan kolaborasi ini dan tidak sabar untuk membagikan BTS Meal kepada dunia,” kata BigHit Entertainment, dikutip dari The Independent pada 21 April 2021.

Chief Marketing Officer McDonald’s AS, mengatakan, McDonald’s sangat bersemangat saat membawa pelanggan lebih dekat dengan BTS.

“BTS benar-benar menerangi panggung dunia, menyatukan orang-orang di seluruh dunia melalui musik mereka,” ujar Flatley.

Tak hanya di Indonesia, paket BTS Meal ini juga diluncurkan di sejumlah negara. Setidaknya, hampir 50 negara yang restoran McD-nya menjual BTS Meal.

Meski demikian, dikutip dari Business Korea, kehadiran BTS ini tidak tersedia di Mc Donald’s Tiongkok dan Jepang.

Business Korea menuliskan, tidak adanya paket BTS Meal di Tiongkok karena komentar salah satu anggotanya mengenai Perang Korea pada Oktober 2020 lalu.

Saat itu, Kim Namjoon atau RM, dalam sebuah acara, menyinggung perang Korea yang merujuk pada sejarah penderitaan yang dialami antara Korea Selatan dan AS.

“Tahun ini menandai peringatan 70 tahun Perang Korea. Kami akan selalu mengingat sejarah rasa sakit yang dialami kedua negara bersama dan pengorbanan pria dan wanita yang tak terhitung jumlahnya,” ujarnya saat itu.

Dilansir dari bilibili, sejumlah netizen Tiongkok mengkritik pernyataan tersebut dan menganggap BTS tidak menghargai pengorbanan Tiongkok.

Kemudian, segmen BTS dalam edisi khusus sitkom AS “Friends” yang tayang di Tiongkok dihapus oleh pihak berwenang. Sementara itu, di Jepang, boy band Korea ini menjadi incaran orang-orang yang tak menyukai negara itu dan warganya.

Pada tahun 2018, penampilan BTS yang seharusnya muncul di TV Asahi juga dibatalkan. Hal ini dipicu dari media sayap kanan Jepang yang mempermasalahkan penampilan Jimin di sebuah acara yang mengenakan kaus untuk memperingati Hari Pembebasan Korea.

T-Shirt Jimin dicetak dengan gambar orang Korea yang berteriak "hore" untuk pembebasan dan bom atom yang jatuh di Jepang. Meski demikian, sebenarnya popularitas BTS tetap tinggi. Para penggemar bahkan membanjiri akun Twitter McDonald’s Jepang dan meminta hadirnya BTS Meal di sana.

"Peluncuran makanan BTS adalah sebuah pilihan dan McDonald's di Tiongkok dan Jepang secara suka rela menyerah," kata seorang pejabat McDonald's. (*)


Informasi Seputar Tiongkok



Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong