Baca dalam 3 menit

Maksimalkan Manfaat Jalan Kaki Agar Lebih Sehat

Waktu Publish : 19 Jul 2021, 11:15 WIB
Sumber : BBC
SHARE ARTIKEL

Ilustrasi berjalan kaki - Image from Standford University

Bolong.id - Jalan kaki adalah olahraga yang paling populer dan paling mudah dilakukan. Tidak perlu gym atau peralatan, cukup melangkahkan kaki. Namun, ada banyak pengetahuan tentang memanfaatkan secara maksimal olahraga berjalan kaki, seperti kapan harus pergi, dan berapa lama kita berjalan kaki. Mari kita simak penjelasan berikut!

Kapan harus pergi jalan kaki?

Dilansir dari BBC, hal pertama yang harus diperhatikan adalah kapanpun anda pergi berjalan kaki, pasti hasilnya baik untuk tubuh Anda. Tetapi, penelitian menunjukkan bahwa berjalan di pagi hari mungkin memiliki manfaat tambahan.

Ini karena jalan kaki tidak hanya olahraga, tetapi juga berhubungan dengan cahaya. Cahaya alami memang sangat penting, namun berjalan kaki saat makan siang, sore hari atau setelah bekerja tidak sama dengan berjalan kaki setelah bangun pagi, karena cahaya alami di pagi hari memiliki efek membangunkan otak dan tubuh serta pikiran.

Cahaya pagi membantu menyesuaikan jam biologis internal tubuh, yang memberi tahu kita kapan harus tidur dan kapan harus bangun. Jika Anda pergi jalan-jalan di pagi hari, itu sama saja dengan mengatakan pada diri sendiri bahwa hari telah dimulai, sehingga ketika tiba waktunya untuk tidur di malam hari, tubuh Anda akan siap untuk tidur dengan nyenyak.

Selain itu, berjalan-jalan di pagi hari dan mendapatkan lebih banyak paparan cahaya alami, juga dapat membantu mengurangi produksi melatonin, yang membantu tidur, dan juga membuat Anda lebih energik dan terjaga di siang hari.

Penelitian telah menunjukkan bahwa jika Anda mengalami kesulitan tidur di malam hari, itu mungkin terkait dengan tidak mendapatkan cukup cahaya alami di siang hari, terutama di pagi hari.

Tidak hanya itu, penelitian juga menunjukkan bahwa hal itu juga akan memberikan efek positif pada kualitas dan kuantitas tidur Anda, menghindari bangun di tengah malam, dan membuat tidur lebih nyenyak.

Lalu, bagaimana jika Anda bukan tipe orang yang bisa bangun pagi? Anda cukup berjalan kaki selama 2 jam setelah bangun secara normal.

Kecepatan jalan yang sesuai?

Dalam hal ini, Marie Murphy, seorang profesor olahraga dan kesehatan di Universitas Ulster di Irlandia Utara, mengatakan bahwa jalan cepat membantu untuk hidup lebih lama.

Sejumlah besar penelitian dan analisis data tentang penyakit jantung dan kematian akibat kanker yang mereka lakukan menemukan bahwa semakin banyak mereka berjalan, angka kematian akibat kanker akan berkurang.

Namun untuk penyakit jantung, jalan cepat dapat memberikan perlindungan yang lebih baik. Misalnya, jika Anda mengambil jumlah langkah yang sama, berjalan cepat dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular sebesar 10-20%.

Jadi bagaimana jalan cepat itu? Profesor Murphy mengatakan bahwa ketika Anda dapat merasakan jantung Anda berdetak lebih cepat, tubuh Anda menghangat, dan pernapasan Anda lebih cepat dari biasanya, Anda mencapai kecepatan berjalan cepat. Anda masih dapat berbicara dengan normal, tetapi Anda tidak dapat lagi bernyanyi.

Lebih baik dilakukan sebelum atau sesudah makan?

Profesor Murphy mengatakan bahwa kesimpulan penelitian tentang aspek ini berbeda. Ada beberapa bukti bahwa berjalan tanpa sarapan mungkin lebih bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan mengontrol glikemik; tetapi berjalan setelah sarapan lebih kondusif untuk memecah dan memproses lemak dan gula dalam tubuh.

Pilihan ada di tangan masing-masing individu, tetapi Profesor Murphy dan Dr. Moseley menyarankan, lebih baik sarapan terlebih dahulu di pagi hari sebelum berjalan-jalan.

Berapa lama kita harus berjalan untuk mendapatkan efek olahraga yang terbaik?

Rekomendasi saat ini adalah 30 menit sehari. Tetapi jika Anda tidak bisa menyelesaikan jalan cepat setengah jam di pagi hari, Anda juga bisa membaginya menjadi dua atau tiga kali.

Profesor Murphy mengatakan bahwa tidak seperti metode latihan lainnya, latihan berjalan sangat fleksibel dan lebih cocok untuk dilakukan dalam beberapa kali.

Profesor Murphy juga mengatakan bahwa sebenarnya, jika Anda dapat berjalan beberapa kali, itu mungkin lebih bermanfaat, karena berjalan dapat meningkatkan metabolisme, apalagi sekarang banyak orang bekerja di rumah, setiap kali mereka pergi keluar dan berjalan, mereka dapat meninggalkan tempat, dan bisa mendapatkan manfaat maksimal. (*)


Informasi Seputar Tiongkok



Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong
32
21
16
1
1
3