Baca dalam 3 menit

Berbagai Manfaat dan Efek Samping Dari Teh, Apakah Bisa Untuk Diet?

Waktu Publish : 06 Jul 2021, 10:04 WIB
SHARE ARTIKEL

Teh - Gambar diambil dari Internet, jika ada keluhan hak cipta silakan hubungi kami.

Jakarta, Bolong.id – Teh diet adalah minuman yang terbuat dari daun teh hijau tanpa campuran gula. Akhir-akhir ini teh diet menjadi cukup populer, karena banyaknya manfaat yang terkandung di dalamnya. Sudah banyak orang yang merasakan manfaat teh diet.

Dilansir dari berbagai sumber, kebanyakan orang mengkonsumsi teh diet untuk menurunkan berat badan. Walaupun begitu, ternyata masih ada beberapa manfaat lain dari teh diet.

Ada beberapa manfaat lain dari teh selain menurunkan berat badan:

Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung bisa dicegah karena kandungan alami yang ada di dalam daun teh hijau. Sebuah penelitian dalam bidang kesehatan mengemukakan bahwa rutin mengkonsumsi teh diet mampu menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung sebesar 30%.

Mencegah Penyakit Stroke

Penyakit stroke bisa dicegah karena kandungan alami yang ada di dalam daun teh hijau. Sebuah penelitian dalam bidang medis mengemukakan bahwa rutin mengkonsumsi teh diet mampu menurunkan risiko terjadinya penyakit stroke sebesar 30%.

Mencegah Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes bisa dicegah karena kandungan alami yang ada di dalam daun teh hijau. Sebuah penelitian dalam bidang kesehatan mengemukakan bahwa rutin mengkonsumsi teh diet mampu menurunkan risiko terjadinya penyakit diabetes sebesar 40%.

Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Dengan adanya senyawa alami di dalam teh hijau, bakteri-bakteri jahat yang ada di dalam mulut bisa teratasi. Jadi apabila kita mengkonsumsi teh diet secara rutin, maka kesehatan mulut dan gigi kita akan tetap terjaga. Selain itu kita juga bisa menghindari gigi berlubang akibat bakteri.

Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat teh diet yang lain adalah mencegah penyakit kanker. Penyakit kanker bisa dicegah karena daun teh hijau merupakan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Jadi berbagai penyakit kanker seperti kanker usus, kanker payudara, dan kanker prostat bisa dicegah.

Membantu Mengontrol Nafsu Makan

Kebanyakan orang mengkonsumsi teh diet untuk menurunkan berat badan. Hal tersebut disebabkan oleh senyawa alami dari daun teh hijau yang mampu mengendalikan nafsu makan dari seseorang. Jadi, nantinya nafsu makan seseorang yang mengkonsumsi teh diet akan tetap terkendali sehingga program untuk menurunkan berat badan bisa berjalan dengan baik.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Teh diet dikonsumsi oleh banyak orang khususnya para wanita untuk program diet. Diet bisa berjalan dengan baik apabila metabolisme dari tubuh dalam kondisi yang baik. Senyawa alami pada daun teh hijau akan membuat metabolisme tubuh menjadi lebih baik.

Meningkatkan Fungsi Dari Otak

Teh diet mengandung kafein yang berfungsi untuk meningkatkan fungsi dari otak. Jadi dengan mengkonsumsi teh diet, kemampuan berpikir kita akan menjadi lebih baik karena peningkatan fungsi otak. Tak hanya itu, konsentrasi kita juga akan lebih baik setelah mengkonsumsi teh diet sebelum beraktivitas.

Cara Membuat Teh Diet

Untuk membuat teh diet, kamu hanya membutuhkan bahan-bahan yang simpel. Yang kamu butuhkan hanyalah teh hijau dan juga air panas. Ambil teh hijau secukupnya dan tempatkan pada gelas. Setelah itu tuangkan air panas ke dalam gelas.

Aduk beberapa saat hingga warnanya berubah dan diamkan beberapa menit supaya tidak terlalu panas. Apabila sudah tidak terlalu panas, kamu bisa langsung mengkonsumsi teh diet. Dengan pengolahan yang tepat, kamu akan merasakan banyaknya manfaat teh diet.

Cara Kerja Teh Diet

Cara kerja teh diet dalam tubuh ialah dengan menggunakan sifat dari teh itu sendiri. Secara umum, teh memiliki fungsi diuretik, atau mengeluarkan cairan tubuh ke luar. Maka dari itu, kebanyakan orang mengonsumsi teh biasa bahwa frekuensi buang air kecilnya meningkat. Hal yang sama terjadi pada teh diet, di mana tubuh mengeluarkan cairan dan air dalam tubuh dan memiliki fungsi seperti obat pencahar, sehingga kita merasa lebih sering buang air kecil dan buang air besar.

Efek Samping Teh Diet

Teh diet memiliki efek samping yang buruk bila dikonsumsi dalam jangka waktu panjang. Memang saat beberapa hari atau minggu menggunakan, pengguna merasakan cepat sekali turun berat badan. Namun, sebenarnya pengguna teh diet telah kehilangan cairan dan air dari dalah tubuhnya. Tubuh mengandung 60-75% air pada tiap organnya, dan teh diet bekerja seperti menarik air tersebut dari dalam sel dan organ tubuh. Hal inilah yang dapat menyebabkan seseorang dehidrasi dan malah mengalami masalah fungsi organ pada jangka panjang. (*)

Terkait

health

Kopi Bisa Membuat Ketagihan?

  • Lupita
  • 01 Aug 2021

health

Bubur Lima Merah Khas China, Hidangan yang Enak dan Kaya Man...

  • Lupita
  • 31 Jul 2021

health

Perhatikan Makanan Pasca Musibah Banjir

  • Djono W. Oesman
  • 29 Jul 2021

news

Bandara Guangzhou Baiyun Peringkat I Keamanan COVID-19

  • Djono W. Oesman
  • 29 Jul 2021

news

Penjualan Makanan Ringan di China Diprediksi Rp 267 Triliun ...

  • Lupita
  • 28 Jul 2021

health

Anggapan Minum Susu Sebelum Tidur Bahaya, Benarkah?

  • Djono W. Oesman
  • 26 Jul 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong
32
21
16
1
1
3