Baca dalam 3 menit

Perut Kembung? Makan Pisang Aja

Waktu Publish : 04 Jul 2021, 10:29 WIB
SHARE ARTIKEL

Buah pisang - Gambar diambil dari Internet, jika ada keluhan hak cipta silakan hubungi kami.

Jakarta, Bolong.id – Siapa sih yang tidak menyukai buah pisang? Selain rasanya lezat, buah pisang menjadi salah satu jenis buah yang selalu ada di musim kapanpun. Karena itu, kamu bisa menyantap buah pisang kapan saja.

Kandungan nutrisi dan vitamin dari buah pisang yang cukup banyak pun membuat buah ini dikenal dengan berbagai manfaat. Lalu, benarkah mengonsumsi buah pisang bisa redakan perut kembung? Yuk, simak alasannya, di sini!

Pisang adalah buah yang bisa mudah ditemukan dimana saja. Kandungan nutrisi dan vitamin didalamnya dinilai mampu menjaga kesehatan tubuh secara efektif. Mulai dari menjaga kesehatan jantung, tekanan darah, hingga masalah pencernaan.

Lalu, benarkah pisang bisa redakan perut kembung? Nyatanya, pisang menjadi salah satu buah yang dinilai bisa meredakan perut yang terasa kembung. Hal ini disebabkan pisang memiliki kandungan kalium cukup tinggi, sehingga bisa menetralisir kelebihan natrium pada tubuh akibat kelebihan mengonsumsi makanan asin.

Selain itu, gejala kembung yang umumnya dialami oleh orang-orang dengan masalah pencernaan dapat diatasi gejalanya dengan mengonsumsi pisang. Untuk itu, jangan ragu memasukkan buah pisang ke dalam menu sarapan kamu agar manfaat buah pisang dapat dirasakan dengan baik.

Manfaat Lain dari Pisang untuk Kesehatan

Selain meredakan perut kembung, nyatanya pisang memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan tubuh. Berikut ini adalah manfaat yang bisa kamu rasakan:

1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Pisang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Salah satu manfaat mengonsumsi makanan yang berserat adalah meningkatkan kesehatan pencernaan. Pisang memiliki dua jenis kandungan serat yang dibutuhkan, yaitu pektin dan pati resisten.

2. Sumber Energi

Pisang menjadi salah satu buah yang memiliki kandungan tiga jenis gula alami, seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Tentunya, ketiga pemanis alami ini dapat menambah energi untuk tubuh dan juga bebas lemak serta kolesterol. Dengan begitu, pisang sangat ideal untuk kamu jadikan menu sarapan dan juga camilan sehat untuk dikonsumsi sehari-hari.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan kalium dalam pisang nyatanya mampu membantu kamu untuk menjaga kesehatan jantung. Orang-orang yang banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan kalium dapat menurunkan risiko gangguan kesehatan jantung sebesar 27 persen. Tidak hanya itu, kandungan magnesium dalam pisang juga cukup penting untuk menjaga kesehatan jantung.

4. Memiliki Kandungan Antioksidan yang Tinggi

Hampir semua buah memiliki kandungan antioksidan, termasuk buah pisang. Dalam buah pisang terdapat kandungan antioksidan yang dikenal sebagai dopamine dan catechins yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan menghindari risiko penyakit degeneratif.

5. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kandungan mangan dalam pisang nyatanya baik untuk kulit. Satu buah pisang ukuran sedang dapat memberikan kebutuhan mangan setiap harinya sebesar 13 persen. Mangan juga bisa membantu tubuh membuat kolagen dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

health

Masalah Rambut Rontok? Makanan Ini Baik Untuk Pertumbuhan Ra...

  • Lupita
  • 02 Aug 2021

culture

Ini Alasan Orang China Suka Makan Kepala Babi

  • Lupita
  • 31 Jul 2021

health

Perhatikan Makanan Pasca Musibah Banjir

  • Djono W. Oesman
  • 29 Jul 2021

news

Penjualan Makanan Ringan di China Diprediksi Rp 267 Triliun ...

  • Lupita
  • 28 Jul 2021

lifestyle

Hidangan Ini Cocok di Musim Panas

  • Djono W. Oesman
  • 28 Jul 2021

lifestyle

Aneka Hidangan Musim Panas Khas Berbagai Daerah Tiongkok

  • Esy Gracia
  • 27 Jul 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong
32
21
16
1
1
3