Baca dalam 3 menit

Tencent Akuisisi Saham Meituan, Sebuah Monopoli?

Waktu Publish : 17 Jul 2021, 08:22 WIB
SHARE ARTIKEL

Driver Meituan - Image from Bloomberg/Qilai Shen

Bolong.id – Pada Rabu (13/7/2021) malam, Meituan mengeluarkan pengumuman bahwa Tencent telah membeli saham Meituan.

Menurut pengumuman tersebut, semua prasyarat yang terkandung dalam perjanjian telah terpenuhi, dan Meituan telah mengalokasikan dan menerbitkan 11.352.600 saham kepada Tencent. Jumlah ini setara dengan 0,2% dari modal saham yang diterbitkan Meituan yang diperluas dengan menerbitkan saham langganan Tencent.

Banyak orang menganggap bahwa ini adalah sebuah monopoli. Namun, menurut sistem saham AB Meituan, pembelian saham Meituan oleh Tencent tidak berarti bahwa, Tencent akan mengakuisisi Meituan dan dapat mengendalikan Meituan.

Menurut Anggaran Dasar Meituan, 17,2% saham Tencent adalah saham Kelas B, dengan hanya 9% hak suara. Diperlukan lebih dari 50% suara untuk dapat bisa mengendalikan Meituan.

Dilansir dari 前瞻经济学人 pada Rabu (14/7/2021), banyak orang menyebutkan bahwa meskipun Tencent memiliki saham di Meituan, itu tidak akan mengganggu operasi Meituan.

Meituan mengumumkan bahwa, setelah dikurangi biaya terkait, perkiraan hasil bersih dari pembelian saham oleh Tencent diperkirakan sekitar US$400 juta.

Meituan bermaksud menggunakan perkiraan hasil bersih dari pembelian saham ini untuk inovasi teknologi, termasuk penelitian dan pengembangan di bidang teknologi mutakhir seperti kendaraan tak berawak dan distribusi drone, dan tujuan umum perusahaan. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

technology

Mobil Tanpa Sopir Sudah Melaju di Beijing

  • Lupita
  • 26 May 2021

technology

Pembayaran Meituan Lewat WeChat Pay Sempat Bermasalah

  • Esy Gracia
  • 26 May 2021

news

China Selidiki Praktik Monopoli Meituan

  • Lupita
  • 28 Apr 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong
32
21
16
1
1
3