Baca dalam 3 menit

Tiongkok Lakukan Langkah Pencegahan dan Pengendalian Miopia pada Anak-anak

Waktu Publish : 15 Jul 2021, 12:20 WIB
SHARE ARTIKEL

Miopia pada anak umur 0-6 tahun - Image from IDN times

Bolong.id - Pada konferensi pers pada Selasa (13/7), penanggung jawab Komisi Kesehatan Nasional menyatakan bahwa negara Tiongkok telah mengadopsi sejumlah langkah untuk mencegah dan mengendalikan miopia pada anak-anak dan remaja, dan tingkat cakupan perawatan mata anak dan pemeriksaan kesehatan mata telah mencapai 91,8%.

Dilansir dari CCTV News Client pada Rabu (14/7/2021), Tiongkok telah menjadikan perawatan mata dan pemeriksaan kesehatan mata untuk anak-anak dari 0 hingga 6 tahun ke dalam layanan kesehatan masyarakat dasar nasional. Pemeriksaan ini total berjumlah 13 pemeriksaan.

Pada tahun 2020, tingkat cakupan pemeriksaan mata dan penglihatan anak mencapai 91,8%, yang pada dasarnya mencakup semua anak prasekolah. Negara menggalakkan pelaksanaan pemantauan dini, deteksi dini, peringatan dini, dan intervensi dini penyakit mata dan penglihatan buruk pada anak usia 0-6 tahun.

Komisi Kesehatan Nasional telah merumuskan "Standar Pelayanan Perawatan Mata dan Pemeriksaan Penglihatan Anak Berusia 0-6" Pemeriksaan yang berbeda dilakukan pada periode yang berbeda dari periode neonatal, periode bayi, periode anak usia dini dan periode prasekolah.

Shen Haiping, Wakil Direktur Departemen Perempuan dan Anak Komisi Kesehatan Nasional: Mempromosikan pembentukan jaringan layanan perawatan mata anak-anak, mengklarifikasi bahwa layanan perawatan mata pada dasarnya disediakan oleh pusat kesehatan kota dan pusat layanan kesehatan masyarakat yang memenuhi syarat.

Rumah sakit umum dan rumah sakit khusus di semua tingkatan memberikan dukungan teknis untuk menyediakan layanan bagi anak-anak yang membutuhkan pemeriksaan mata dan intervensi perawatan yang lebih profesional.

Pada konferensi pers Komisi Kesehatan kemarin, para ahli mengatakan bahwa ada banyak metode dan peralatan untuk pencegahan miopia pada anak-anak di pasaran, tetapi sebagian besar peralatan ini hanya dapat menghilangkan kelelahan visual, dan setiap orang harus memperhatikan skrining.

Para ahli mengatakan bahwa tidak ada alat ajaib untuk membalikkan miopia di dunia, dan ada tiga metode utama yang diakui oleh kalangan internasional dan ilmiah sebagai efektif.

Wang Ningli, pemimpin Kelompok Pengarah Teknis Kebutaan Pertahanan Nasional. Salah satunya adalah bahwa lensa ortokeratologi telah terbukti memiliki efek tertentu pada pencegahan dan pengendalian miopia, mencegah pertumbuhan sumbu mata.(*)


Informasi Seputar Tiongkok



Terkait

health

5 Penyebab Mata Kering dan Solusinya

  • Lupita
  • 05 Jun 2021

Health

6 Tips Aman Gunakan Ponsel agar Tak Ganggu Kesehatan Mata

  • Lupita
  • 27 Dec 2020

news

Cegah Kebutaan, Rayakan Hari Penglihatan Sedunia

  • Maureen
  • 08 Oct 2020
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong
32
21
16
1
1
3