Baca dalam 3 menit

Xi Jinping: Muslim Uyghur Setara dengan Warga China Lainnya

Waktu Publish : 15 Jul 2021, 09:44 WIB
Sumber : hko1.com
SHARE ARTIKEL

Xi Jinping dan Erdogan - Image from hko1.com

Beijing, Bolong.id - Presiden Tiongkok, Xi Jinping melakukan percakapan telepon dengan Presiden Turki, Tayyip Erdogan, Selasa (13/7). Pihak Turki mengungkapkan dalam pernyataan bahwa Erdogan mengajukan pertanyaan tentang Muslim Uyghur kepada Xi Jinping.

Dilansir dari hko1.com pada (12/07/2021) menurut siaran pers yang dikeluarkan oleh pihak Tiongkok, Xi Jinping menekankan selama panggilan bahwa kedua belah pihak harus bersikeras untuk menghormati masalah inti masing-masing dan meningkatkan rasa saling percaya strategis.

Xi Jinping menyatakan bahwa Tiongkok mendukung Turki dalam menjaga kedaulatan nasional, kemerdekaan, dan integritas wilayah, dan mengambil jalur pembangunan yang sesuai dengan kondisi nasionalnya sendiri, dan bersedia untuk memperkuat kerja sama dengan Turki di bidang-bidang seperti kontra-terorisme dan keamanan.

Menurut rancangan Tiongkok, Erdogan menekankan bahwa Turki telah dengan teguh berpegang pada kebijakan satu Tiongkok di masa lalu, sekarang dan masa depan, mendukung Tiongkok dalam menjaga kemerdekaan, kedaulatan, dan integritas teritorialnya, serta memerangi terorisme, dan tidak mengizinkan siapa pun untuk menggunakan wilayah Turki untuk membahayakan kedaulatan Tiongkok Kegiatan separatis.

Menurut sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Istana Kepresidenan Turki, Erdogan mengatakan kepada Presiden Tiongkok Xi Jinping selama panggilan telepon bahwa penting bagi Turki untuk menikmati kehidupan yang damai bagi Muslim Uighur sebagai "warga negara yang setara dengan warga Tiongkok lainnya."

Pernyataan itu mengatakan, "Erdogan (selama panggilan telepon dengan Xi Jinping) menunjukkan bahwa sebagai warga negara Tiongkok yang setara, orang Turki Uyghur hidup dalam kemakmuran dan perdamaian, yang sangat penting bagi Turki."

Pernyataan itu mengungkapkan bahwa "Erdogan juga menyatakan selama panggilan telepon (dengan Xi Jinping) bahwa Turki menghormati kedaulatan dan integritas teritorial Tiongkok."

Rancangan Tiongkok tidak menyebutkan pernyataan Erdogan tentang Muslim Uyghur.

Pernyataan Istana Kepresidenan Turki juga menyatakan bahwa para pemimpin Turki dan Tiongkok telah membahas kerjasama di bidang energi, perdagangan, transportasi dan kesehatan.

Menurut pernyataan itu, Erdogan mengatakan kepada Xi Jinping bahwa Turki dan Tiongkok memiliki potensi besar untuk mengembangkan hubungan komersial dan diplomatik.(*)

Terkait

news

Kunjungan Resmi Pertama oleh Pemimpin China ke Tibet dalam 3...

  • Lupita
  • 26 Jul 2021

news

Xi Jinping Gencarkan Revolusi Toilet di Daerah Pedesaan

  • Lupita
  • 25 Jul 2021

news

China Serukan Bekerja Sama Demi Masa Depan yang Makmur pada ...

  • Lupita
  • 22 Jul 2021

news

Xi Jinping-Kim Jong Un Saling Kirim Ucapan Peringatan 60 Tah...

  • Lupita
  • 12 Jul 2021

news

China-Rusia di Era Baru Bawa Energi Positif Bagi Dunia

  • Lupita
  • 07 Jul 2021

culture

China Konsisten Promo Pariwisata

  • Djono W. Oesman
  • 28 Jun 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong
32
21
16
1
1
3