Baca dalam 5 menit

10 Makanan Lezat Khas Xi'an yang Rugi Jika Dilewatkan!

Waktu Publish : 25 Sep 2021, 09:44 WIB
SHARE ARTIKEL

Roujiamo - Image from Clean Eating

Bolong.id – Jika anda akan atau sedang berkunjung ke Xi’an, jangan lewatkan untuk mencoba 10 jenis makanan lezat ini.

Roujiamo (Burger Daging) 肉夹馍

Dilansir dari 中国日报网 pada Rabu (22/9/2021), Roujiamo adalah salah satu makanan jalanan paling terkenal di Xi'an dan juga dikenal sebagai hamburger versi Tiongkok.

Biasanya diisi dengan daging babi potong dadu yang dicampur dengan paprika hijau dan ketumbar sebelum diisi untuk mengisi roti panggang oven yang renyah.

Yangrou Paomo (Roti Pita Yang Direndam Dalam Sup Domba) 羊肉泡馍

yangrou Paomo - Image from China Daily

Yangrou paomo, atau roti pita yang direndam dalam sup domba, adalah makanan khas Xi'an lainnya. Bahan utama dalam hidangan lezat ini adalah daging kambing dan roti pita.

Roti yang keras diparut dan ditambahkan ke mangkuk, di atasnya diberi daging kambing rebus dan irisan, daun bawang, ketumbar dan cabai, lalu dituangkan sup di atasnya.

Mie Biangbiang 裤带面

Mie Biangbiang - Image from MOB Kitchen

Mie biangbiang snagat tebal, gemuk dan panjang. Setiap untaian seperti sabuk yang lebarnya tiga jari. Disajikan kering, dengan topping cabai dan perut babi.

Mie Biangbiang terkenal tidak hanya karena rasanya yang khas, tetapi juga karena namanya, yang merupakan karakter yang begitu rumit sehingga banyak orang Tiongkok bahkan tidak tahu cara menulisnya.

Biang adalah nama onomatopoeic yang diberikan pada mie, mengacu pada suara yang dibuat oleh koki saat mereka menarik adonan ke dalam mie dan membenturkannya ke meja.

Liangpi (Mie Dingin) 凉皮

Liangpi - Image from IC

Liangpi adalah mie dingin yang terbuat dari gandum atau tepung beras, dan hidangan populer di banyak tempat lain di Tiongkok, terutama di musim panas. Mienya tembus pandang dan rasanya dingin, dan dikenal karena warna putihnya, bentuknya yang tipis, permukaannya halus, teksturnya yang lentur dan rasanya yang empuk dan gurih.

Mie Youpo (Mie Yang Disemprot Minyak) 油泼面

Mie Youpo - Image from IC

Youpo mian, mi yang disemprot dengan minyak dengan saus pedas, adalah mi yang ditarik dengan tangan dengan saus minyak yang mendesis. Minyak mendidih dituangkan di atasnya untuk menciptakan aroma khusus saat disajikan.

Zenggao (Kue Beras) 甑糕

Zenggao - Image from IC

Zenggao adalah kue beras yang terbuat dari ketan dan jujube Tiongkok. Namanya diambil dari dari alat masaknya yaitu, zeng, alat kukus tradisional dengan lubang kecil.

Huluji (Ayam Berbentuk Labu) 葫芦鸡

Huluji - Image from IC

Huluji, ayam berbentuk labu, direbus dan digoreng hingga empuk. Setelah dipilih dengan cermat, ayam tersebut akan direbus, dikukus, dan digoreng dalam bentuk labu, sesuai dengan namanya. Ayamnya memiliki kulit keemasan dan renyah serta daging yang segar dan empuk.


Sup Pangsit 灌汤包子

Sup Pangsit - Image from IC

Sup pangsit adalah roti kukus yang disajikan dengan saus di dalamnya. Mereka diproses secara halus dengan bahan yang dipilih dengan cermat. Makanan ini menampilkan daging segar, pembungkus tipis dan elastis, permukaan berkilau dan rasa yang kaya.

Guokui (Roti Kering) 锅盔

Goukui - Image from IC

Guokui, atau roti kering, rasanya renyah di luar dan lembut di dalam. Ini biasanya dipasangkan dengan merica, bawang merah, bawang putih dan rempah-rempah lainnya.

Dumpling Banquet 饺子宴

Dumpling Banquet - Image from IC

Tidak ada kunjungan ke Xi'an yang lengkap kecuali Anda mencoba pangsitnya. Mereka dibuat dalam berbagai bentuk, warna dan rasa, dari asam, manis hingga pedas.

Koki yang membuat pangsit telah beralih dari isian tradisional babi, sapi, kambing, dan sayuran ke isian campuran dengan ayam, bebek, ikan, telur, dan makanan lezat lainnya dari darat dan laut. Metode memasak juga telah berkembang, dari direbus dan dikukus hingga diggoreng dan dipanggang. (*)



Informasi Seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong