Baca dalam 4 menit

Empat Negara Perkuat Koordinasi Dalam Masalah Afghanistan

Waktu Publish : 20 Sep 2021, 12:38 WIB
SHARE ARTIKEL

Pertemuan antara Tiongkok, Rusia, Pakistan, dan Iran - Image from Laman Resmi Kemenlu Tiongkok

Bolong.id - Penasihat Negara dan Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov, Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mahmood Qureshi dan Asisten Menteri Luar Negeri Iran Seyed Rasoul Mousavi mencapai konsensus pada pertemuan informal tentang Afghanistan di ibukota Tajik, Dushanbe.

Wang mengatakan bahwa keempat negara perlu memperkuat komunikasi dan koordinasi, berbicara dalam satu suara, dan memberikan pengaruh positif atas masalah ini, sehingga dapat memainkan peran konstruktif untuk kelancaran transisi di Afghanistan.

Dilansir dari Laman Resmi Kementerian Luar Negeri Tiongkok pada Jumat (17/9/2021), Wang mengajukan proposal lima poin tentang koordinasi dan kerja sama antara empat negara mengenai Afghanistan pada tahap berikutnya:

Pertama, mendesak Amerika Serikat untuk sungguh-sungguh memenuhi kewajibannya dan mengambil tanggung jawabnya. Bersama dengan negara-negara lain yang berpikiran sama, keempat negara harus mendesak Amerika Serikat untuk memikul tanggung jawab utama untuk rekonstruksi Afghanistan, dan memberikan bantuan ekonomi, mata pencaharian dan kemanusiaan untuk Afghanistan.

Kedua, terlibat dan memberikan bimbingan kepada Afghanistan. Dengan premis untuk benar-benar menghormati kedaulatan, kemerdekaan dan integritas teritorial Afghanistan, keempat negara harus mendukung rakyat Afghanistan dalam memilih jalur pembangunan mereka secara mandiri, mendorong Afghanistan untuk membangun struktur politik yang luas dan inklusif pada akhirnya, menerapkan kebijakan dalam dan luar negeri yang moderat dan bijaksana, mengejar hubungan persahabatan dengan negara-negara tetangga, dan menghormati hak-hak dasar minoritas, perempuan dan anak-anak.

Ketiga, waspada terhadap limpahan risiko keamanan. Diharapkan bahwa pemerintah Afghanistan yang baru akan menghormati komitmennya dan membuat terobosan bersih dengan pasukan teroris, terutama dengan tegas memerangi mereka yang menargetkan negara-negara tetangga.

Keempat, mendorong semua pihak untuk melakukan upaya bersama untuk membantu Afghanistan. Sebagai tetangga penting Afghanistan, keempat negara seharusnya tidak hanya memberikan bantuan mendesak untuk memenuhi kebutuhannya, tetapi juga mendorong negara-negara regional dan organisasi internasional untuk membantu rakyat Afghanistan mengatasi kesulitan.

Kelima, membantu Afghanistan bergabung dalam kerja sama regional. Dalam jangka panjang, keempat negara dapat, berdasarkan menjaga stabilitas dan pembangunan kawasan secara keseluruhan, membantu Afghanistan secara bertahap mengembangkan kapasitasnya untuk pembangunan yang mandiri dan berkelanjutan, dan bergabung dalam kerja sama ekonomi regional dan jaringan konektivitas untuk mengentaskan kemiskinan dan mencapai pertumbuhan ekonomi.

Menurut Wang, negara-negara kawasan memiliki tiga harapan utama bagi pemerintah Afghanistan yang baru: inklusivitas, kontra-terorisme, dan bertetangga yang baik.

Peserta lain pada pertemuan itu mengatakan bahwa keempat negara harus berbicara dan mengirim sinyal yang konsisten dan jelas kepada rakyat Afghanistan, seluruh kawasan dan bahkan masyarakat internasional, menciptakan lingkungan eksternal yang menguntungkan bagi rakyat Afghanistan untuk memegang nasib mereka sendiri. tangan dan mendorong Afghanistan untuk membangun pemerintahan yang inklusif dari berbagai kelompok etnis dan agama.

Mereka juga berharap bahwa Taliban akan memutuskan hubungan dengan semua organisasi teroris dan mendesak masyarakat internasional, terutama Amerika Serikat dan sekutunya, untuk memikul tanggung jawab mereka untuk menyelesaikan krisis kemanusiaan di Afghanistan. (*)


Informasi Seputar Tiongkok





Terkait

news

Delegasi AS Akan Temui Perwakilan Taliban di Doha

  • Djono W. Oesman
  • 09 Oct 2021

news

Rumah Sakit di Kandahar Ini Dibangun China 1970-an

  • Djono W. Oesman
  • 04 Oct 2021

news

Taliban Tuduh Drone AS Langgar Udara Afghanistan

  • Djono W. Oesman
  • 02 Oct 2021

news

China Desak Pencabutan Sanksi Ekonomi Terhadap Afghanistan

  • Visco Joostensz
  • 24 Sep 2021

news

Taliban Afghanistan Nominasikan Perwakilan untuk Pidato di M...

  • Djono W. Oesman
  • 23 Sep 2021

news

Walikota Kabul: Pembangunan Sedang Berlangsung

  • Djono W. Oesman
  • 21 Sep 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong