Baca dalam 3 menit

Mengapa Provinsi Guangdong Terlihat Seperti Tiga Provinsi di China?

Waktu Publish : 27 Sep 2021, 07:00 WIB
SHARE ARTIKEL

Guangzhou - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Bolong.id - Mengapa tiga provinsi di Tiongkok Timur Laut seperti satu provinsi, dan satu provinsi Guangdong seperti tiga provinsi? Apakah Anda tahu alasannya?

Salah satu alasan mengapa Guangdong terlihat seperti tiga provinsi adalah kendala bahasa. Ada tiga bahasa yang paling populer yaitu Kanton, Hakka dan Min. Di Guangdong, Anda akan melihat gambar yang sangat menarik: dua orang Kanton berkomunikasi dalam bahasa Mandarin sepanjang jalan, karena mereka tidak berasal dari tempat yang sama.

Dilansir dari 悠悠爱旅行, orang Chaoshan mungkin perlu menonton subtitle untuk menonton serial TV TVB, dan orang Guangzhou mungkin tidak mengerti apa yang dikatakan penduduk setempat saat bepergian ke Meizhou.

Ada juga perbedaan besar dalam masakan, dibagi menjadi masakan Kanton, Hakka dan Chaoshan. Orang-orang di tempat yang berbeda memiliki kebiasaan makan dan selera yang berbeda, jadi inilah mengapa Guangdong terlihat seperti tiga provinsi.

Selanjutnya, mari kita lihat di Timur Laut. Orang-orang dari Liaoning, Jilin, dan Heilongjiang secara kolektif disebut sebagai orang-orang dari Tiongkok Timur Laut. Saat memperkenalkan diri, mereka juga akan mengatakan: “Saya dari Timur Laut”, ini terdengar seperti sebuah provinsi. Tapi, sebenarnya, ini ada hubungannya dengan sejarah.

Sebagian besar orang Timur Laut saat ini adalah keturunan orang Shandong yang melakukan perjalanan melalui Guandong. Bahkan jika mereka berjauhan, mereka akan sangat dekat setelah bertemu satu sama lain. Alasan lain adalah bahwa selama Dinasti Qing, wilayah timur laut adalah milik unit administrasi yang sama untuk waktu yang lama dan dikelola oleh kepala eksekutif yang sama. Bahkan jika dibagi menjadi tiga provinsi, hampir tidak ada perbedaan. (*)


Informasi Seputar Tiongkok


Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong