Baca dalam 4 menit

Sempat Jadi Kontroversi, Boy Band dengan Anggota Berusia 7 Tahun Asal China Akhirnya Bubar

Waktu Publish : 01 Sep 2021, 08:20 WIB
Sumber : RADII
SHARE ARTIKEL

Panda Boys - Image from Weibo

Bolong.id - Boy band yang berbasis di Chengdu, Panda Boys, terdiri dari anggota berusia 7 hingga 11 tahun, dibubarkan minggu lalu, menurut agensi grup, Asia Starry Sky Group (ASE). Terhitung empat hari sejak grup tersebut debut.

Grup bernama Panda Boys ini pertama kali menarik perhatian publik saat mereka tampil di Chengdu pada hari Jumat, 20 Agustus 2021. Pengumuman tersebut mendapat reaksi cepat dan keras di media sosial, dengan netizen menuduh agensi tersebut menggunakan anak-anak tersebut sebagai mesin penghasil uang.

Dilansir dari RADII pada Selasa (31/8/2021), usia rata-rata anggota Panda Boys hanya 8 tahun, yang setara dengan usia siswa kelas dua SD.

Pada jam 12 pagi tanggal 24 Agustus 2021, ASE mengeluarkan tanggapan bahwa mereka tidak mengambil untung dari budaya penggemar dan operasi modal. Perusahaan juga mengumumkan akan mengubah nama grup menjadi Panda Children’s Art Troupe.

Pernyataan itu muncul setelah tanggapan media sosial pertama perusahaan pada 22 Agustus 2021, yang menekankan bahwa band muda itu tidak bermaksud menjadi viral.

Dalam waktu 24 jam setelah pernyataan kedua ASE, perusahaan mengumumkan bahwa Panda Boys telah bubar.

Beberapa media pemerintah mengkritik pembentukan band tersebut. Media pemerintah Tiongkok, CCTV, mengatakan di Weibo bahwa perusahaan mempekerjakan anak-anak yang belum menyelesaikan wajib belajar sembilan tahun, menyebut langkah itu berbahaya bagi anak di bawah umur di Tiongkok.

Debut boy band ini terjadi di tengah regulasi industri idola Tiongkok yang semakin ketat dalam beberapa bulan terakhir. Komisi Penyiaran Tiongkok, yang mengawasi semua acara streaming, mengumumkan awal bulan ini bahwa mereka akan secara ketat memantau acara survival idola.

Awal tahun ini, Beijing melarang anak di bawah umur menghadiri acara idola.

Regulasi yang meningkat telah dipicu oleh meningkatnya insiden buruk dalam industri idola negara tersebut. CEO dan pendiri situs streaming populer IQIYI, Gong Yu, mengatakan pada 25 Agustus 2021 bahwa perusahaan akan menangguhkan acara survival idola dalam beberapa tahun ke depan.

Acara idola paling terkenal IQIYI, termasuk Youth with You dan Idol Producer, telah mendapat peringkat teratas di kalangan penggemar juga dikritik karena menyebarkan nilai-nilai hedonisme.

Beberapa juga membandingkan Panda Boys dengan kelompok serupa yang menggunakan model pelatihan remaja, di mana anggotanya memulai industri ini pada usia muda. TF Entertainment, misalnya, mempopulerkan boy band seperti TF Boys dan TNT, yang rata-rata memiliki usia rata-rata 13 dan 18 tahun saat mereka debut.

Namun, dengan usia rata-rata hanya 8 tahun, Panda Boys terlalu muda bagi sebagian besar netizen, mungkin menjadi boy band berumur terpendek dalam sejarah Tiongkok. (*)

Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

lifestyle

Heboh, Boy Band China Usia 7 - 11 Tahun

  • Lupita
  • 25 Aug 2021

lifestyle

Single baru WayV-LUCAS&HENDERY "Jalapeño" Dirilis Besok

  • Lupita
  • 25 Aug 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong