Baca dalam 5 menit

Memancing Jadi Trend Hobi Baru di Kalangan Anak Muda China

Waktu Publish : 13 Oct 2021, 11:40 WIB
Sumber : RADII
SHARE ARTIKEL

Anak muda memancing di China - Image from RADII

Bolong.id - Memancing adalah kegiatan rekreasi yang sederhana dan agak ketinggalan zaman di Tiongkok, dan hobi yang populer bagi para lansia. Tapi baru-baru ini, memancing telah menjadi tren di kalangan Gen Z Tiongkok.

Tiantian Li, editor majalah seni yang berbasis di Beijing dan seorang mikro-influencer fesyen berusia pertengahan 20-an, pergi memancing dengan pacarnya setiap akhir pekan sejak awal musim panas.

“Kami tidak bisa sabar untuk terus kembali ke sini,” Li memberi tahu RADII tentang kualitas memancing yang membuat ketagihan. “Di satu sisi, ini memberi kita solusi yang bagus untuk terhubung dengan alam.”

Dia melanjutkan, “Di sisi lain, memancing mengharuskan Anda memiliki konsentrasi dan pengamatan tingkat tinggi, jadi ini adalah cara terbaik untuk bersantai dan membebaskan diri dari jadwal kerja saya yang padat.”

Memancing Miliki Penggemar Muda

“Saya telah melihat minat orang untuk memancing meningkat baik di media sosial maupun dalam pertemuan offline,” kata Li. “Tren ini adalah bagian dari gelombang minat untuk keluar rumah pasca-Covid, tetapi tampaknya menjadi tren yang sangat populer di kalangan anak muda — ketidakpastian dan petualangan memancing, serta hubungan manusia dengan alam, menarik populasi yang lebih muda.”

Menurut publikasi e-commerce yang didukung Alibaba Global Netrepreneur, untuk festival belanja Tmall 618 tahun ini, lebih dari 300.000 orang membeli peralatan memancing secara online setiap hari selama festival.

Dilansir dari RADII pada Selasa (12/10/2021), data dari Tmall juga menunjukkan bahwa persentase konsumen alat tangkap yang berusia di bawah 18 tahun ini meningkat 190% dibandingkan tahun sebelumnya. Selain itu, dalam 12 bulan menjelang festival belanja 618 tahun ini, lebih dari 2 juta pelanggan yang lahir setelah tahun 1995 membeli perlengkapan memancing secara online — indikasi kuat dari kegemaran memancing di kalangan anak muda.

Selain menjadi tren sosial baru di situs e-commerce, memancing juga menjadi tren di seluruh media sosial Tiongkok.

Pada Juni 2021, total volume pencarian kata 'memancing' di platform gaya hidup Gen Z Xiaohongshu 7,2 kali lebih tinggi dari satu tahun lalu, pada Juni 2020, menurut laporan Xiaohongshu. Pengguna di platform berbagi kiat-kiat tentang peralatan memancing mana yang harus dibeli, lokasi terbaik untuk memancing, dan pakaian terbaik untuk memancing.

Influencer Memancing

Menurut Laporan Statistik Douyin 2020, memancing telah menjadi olahraga paling populer bagi pengguna Douyin (TikTok Tiongkok), dengan video terkait yang menarik lebih dari 800 juta likes di platform. Munculnya influencer Tiongkok memancing, seperti Deng Gang dan Liu Zhiqiang, yang berbagi video memancing secara online, juga berkontribusi signifikan terhadap tren ini.

Deng Gang, influencer dengan konten memancing paling terkenal di Tiongkok, mengumpulkan lebih dari 10 juta pengikut di Douyin hanya dalam satu bulan di bulan Mei tahun ini dan kini telah mencapai sekitar 25 juta penggemar di platform tersebut. Keberhasilannya diraih setelah video legendarisnya viral, di mana ia menangkap sejumlah besar ikan dalam waktu singkat.

“Memancing sudah cukup populer, tetapi Deng Gang membuat kegiatan ini dikenal masyarakat umum, terutama di kalangan anak muda,” kata Louis Lu, seorang mahasiswa berusia 20 tahun. Saat terjebak di Tiongkok karena pandemi, mengambil kelas online untuk program universitasnya di AS selama setahun terakhir, Lu menemukan memancing sebagai hobi akhir pekan barunya.

Meskipun perkenalan awalnya dengan memancing tidak ada hubungannya dengan influencer memancing, Lu mengakui bahwa sensasi memancing online baru ini telah memainkan peran penting dalam menghidupkan kembali dan mempromosikan olahraga tradisional yang sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong