Baca dalam 3 menit

Pertama! Robot Bawah Laut China Selesaikan Penelitian Ilmiah Dasar Laut Arktik

Waktu Publish : 10 Oct 2021, 15:40 WIB
SHARE ARTIKEL

Xuelong-2 - Image from 中国科学院沈阳自动化研究所

Bolong.id – Institut Otomasi Shenyang, Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok merilis berita pada Kamis (7/10) bahwa robot bawah air otonom "Eksplorasi 4500" yang dikembangkan oleh institut tersebut adalah yang ke-12 di Tiongkok.

Dalam ekspedisi ilmiah Arktik kedua, kami berhasil menyelesaikan ekspedisi ilmiah daerah yang tertutup es laut di garis lintang tinggi Arktik.

Dilansir dari 中国青年报 pada Sabtu (9/10/2021), beberapa hari yang lalu, empat personel penelitian ilmiah yang bertanggung jawab atas proyek tersebut telah kembali dengan kapal penelitian ilmiah "Xuelong".

Menurut Li Shuo, wakil direktur Institut Otomasi Shenyang, Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok, "Eksplorasi 4500" adalah peralatan laut dalam yang dikembangkan oleh dukungan khusus teknologi percontohan strategis Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok untuk Sistem Samudra Pasifik Barat Tropis Pertukaran Energi Material dan Dampaknya.

Mengingat lapisan es laut berdensitas tinggi di wilayah kerja ekspedisi ilmiah Arktik, tim peneliti ilmiah telah berinovasi dan mengembangkan teknologi pemulihan bawah es yang menggabungkan kendali jarak jauh akustik dan panduan otomatis, yang mengatasi pergerakan cepat es laut dan wilayah laut sempit untuk pemulihan oleh robot bawah air.

Kesulitan yang disebabkan oleh robot bawah air memastikan bahwa robot bawah air berhasil menyelam di daerah yang tertutup es laut padat di perairan Arktik lintang tinggi dan memulihkan semuanya dengan aman

Li Shuo mengatakan bahwa keberhasilan penerapan "Eksplorasi 4500" dalam ekspedisi ilmiah sepenuhnya memverifikasi kemampuan beradaptasi suhu rendah yang baik di wilayah es Arktik, kinerja navigasi presisi tinggi lintang tinggi, kemampuan penanganan darurat untuk kesalahan di daerah es yang padat, dan dekat dengan pegunungan tengah laut. Kemampuan deteksi halus kapal selam telah menciptakan preseden untuk penerapan robot bawah air otonom Tiongkok dalam ekspedisi ilmiah Arktik.

Dalam penerapan penelitian ilmiah, "Eksplorasi 4500" telah berhasil memperoleh data multi-balok, hidrologi, dan magnetik resolusi tinggi hampir-bawah, yang menyediakan penelitian ilmiah mutakhir di laut dalam Arktik seperti ekspansi ultra-lambat dari Topografi Gake Ocean Ridge, aktivitas magma dan hidrotermal, dll. Teknologi deteksi tercanggih.

Dilaporkan bahwa ini adalah pertama kalinya Tiongkok menggunakan robot bawah air otonom untuk melakukan aplikasi penelitian ilmiah di dekat dasar laut di wilayah lintang tinggi Kutub Utara. Ini akan memberikan dukungan ilmiah yang penting untuk partisipasi mendalam Tiongkok dalam perlindungan lingkungan Arktik. (*)

Terkait

news

China Selesaikan Ekspedisi Ilmiah Arktik ke-12

  • Djono W. Oesman
  • 01 Oct 2021

news

Kapal Pemecah Es, Riset China Xuelong 2 Selesaikan Ekspedisi...

  • Djono W. Oesman
  • 08 May 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong