Baca dalam 3 menit

SEJARAH: 1946 Lokomotif Mao Zedong Secara Resmi Diberi Nama

Waktu Publish : 30 Oct 2021, 11:07 WIB
Sumber : 搜工具
SHARE ARTIKEL

Lokomotif "Mao Zedong" - Gambar diambil dari Internet, jika ada keluhan hak cipta silakan hubungi kami.

Beijing, Bolong.id – Hari ini 75 tahun yang lalu, pada 30 Oktober 1946, Lokomotif Mao Zedong secara resmi diberi nama di Depot Lokomotif Harbin.

Dilansir dari 搜工具, pada tahun 1946, di Stasiun Zhaodong di Jalur Kereta Harbin-Manzhouli di Area Pembebasan Timur Laut, ada lokomotif bekas yang telah rusak. Para pekerja di Depot Lokomotif Harbin dengan cermat memperbaikinya, yang menghidupkannya kembali. Untuk memperingati pencapaian luar biasa yang diciptakan oleh kelas pekerja ini, dengan persetujuan pemerintah pada saat itu, pada tanggal 30 Oktober 1946, lokomotif ini diberi nama lokomotif "Mao Zedong".

Selama Perang Pembebasan, lokomotif Mao Zedong melakukan tugas mengangkut pasukan dan bahan-bahan perang. Ada slogan yang terkenal saat itu "Di mana pun Tentara Pembebasan Rakyat menyerang, di mana pun rel kereta api diperbaiki, semua akan ada Mao Zedong." Dari pertempuran Liaoshen dan Huaihai hingga pertempuran Pingjin, para pahlawan "Mao Zedong" menerjang peluru.

Keberhasilan dalam menyelesaikan setiap tugas. Pada tahun 1949, lokomotif model ini, yang telah memberikan kontribusi besar dalam Perang Pembebasan, datang ke Beijing, tinggal di Depot Lokomotif Fengtai, dan dimasukkan ke dalam rangkaian lokomotif Sub-Administrasi Kereta Api Beijing.

Pada bulan Februari 1977, Mao Zedong diubah dari lokomotif uap menjadi lokomotif diesel, dan modelnya adalah Dongfeng 4A. Pada bulan Agustus 1991, Mao Zedong diganti dengan yang baru generasi ketiga-lokomotif diesel Dongfeng 4B, dengan nomor mobil 1893, dinamai tahun kelahiran Kamerad Mao Zedong.

Di antara ribuan lokomotif di Tiongkok, lokomotif Mao Zedong adalah lokomotif unggulan yang memiliki perawatan terbaik, penghematan bahan bakar paling banyak, operasi aman terlama, dan tidak pernah mengalami kecelakaan. Untuk mempelajari dan mempromosikan pengalaman kelompok lokomotif Mao Zedong, semua kereta api di Tiongkok telah melakukan kegiatan untuk mempelajari kelompok lokomotif Mao Zedong dan berusaha untuk menjadi kelompok lokomotif teladan. Lokomotif Mao Zedong telah menjadi pusat keselamatan transportasi perkeretaapian nasional dan lokomotif nasional. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

culture

Kegiatan yang Biasa Dilakukan Saat Natal di China

  • Lupita
  • 06 Dec 2021

news

Asrama Pembangkit Listrik Mingtai Terbakar, 8 Tewas 5 Luka

  • Djono W. Oesman
  • 06 Dec 2021

news

Jalur KA Cepat Laos-China Dibuka

  • Djono W. Oesman
  • 06 Dec 2021

business

China Jadi Pasar Robot Terbesar di Dunia

  • Lupita
  • 06 Dec 2021

lifestyle

6 Lokasi Wisata Menarik di Hangzhou

  • Djono W. Oesman
  • 06 Dec 2021

technology

Produksi Garam Tanah, China Teliti Tanaman yang Tahan Garam

  • Lupita
  • 06 Dec 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong