Baca dalam 3 menit

SEJARAH: 1997 Dam Raksasa Xiaolangdi Sungai Kuning Usai Dibangun

Waktu Publish : 28 Oct 2021, 06:11 WIB
Sumber : 逸名網
SHARE ARTIKEL

Proyek Pengendalian Air Sungai Kuning Xiaolangdi - Gambar diambil dari Internet, jika ada keluhan hak cipta silakan hubungi kami.

Jiyuan, Bolong.id – Hari ini 24 tahun lalu, 28 Oktober 1997, proyek pembangunan dam raksasa, pengendalian air Sungai Kuning Xiaolangdi di Kota Jiyuan, Provinsi Henan, Tiongkok, berhasil ditutup.

Dilansir dari 逸名網, itu proyek terbesar dalam sejarah Tiongkok, dalam pengendalian Sungai Kuning. Bendungan dengan tinggi 154 meter dan lebar 1.317 meter ini dibangun untuk mengatasi erosi tanah yang bisa menyebabkan banjir.

Sebelum ada dam, tercatat sekitar 390 juta ton lumpur per tahun dikirim ke hilir sungai. Setelah ada dam, menjadi 30 juta ton per tahun. Berkat metode yang memasukkan air melalui celah-celah dam.

Ini proyek strategis. Selain mencegah banjir, bendungan air ini juga disebut sebagai proyek 'hijau', yang menghemat konsumsi listrik. Xianglangdi punya kapasitas pembangkit listrik 1.836 Mega Watt, menghasilkan 5,1 miliar kWh listrik per tahun.

Ketika tahap akhir penutupan dam, dihadiri Anggota Komite Tetap Biro Politik Komite Sentral CPC dan Perdana Menteri Dewan Negara Li Peng, anggota Biro Politik Komite Sentral CPC. Wakil Perdana Menteri Jiang Chunyun dari Dewan Negara.

Pada pukul 10:28 pagi, truk sampah besar di tepi selatan dan utara Sungai Xiaolangdi Penutupan Die secara bersamaan menuangkan batu-batu besar ke Gerbang Longkoukou. Air Sungai Kuning ditahan dan dibuang keluar dari terowongan pengalihan di pegunungan di tepi utara.

Sejak itu, Sungai Kuning telah sepenuhnya dialihkan. Bendera merah bintang lima besar digantung di lereng tepi utara oleh para pembangun yang bersemangat.

Zhang Jiyao, wakil menteri Kementerian Sumber Daya Air dan direktur Biro Manajemen Konstruksi Sungai Kuning Xiaolangdi, dengan lantang melaporkan penyelesaian penutupan. Wakil Perdana Menteri Jiang Chunyun secara resmi mengumumkan bahwa "Penutupan Proyek Xiaolangdi Sungai Kuning, Sukses!”.

Pada saat ini, ribuan pembangun dan puluhan ribu orang yang datang untuk menonton secara spontan bersorak serempak, balon warna-warni terbang ke langit, musik ceria dan suara sirene mesin konstruksi bergema di kedua sisi Sungai Kuning. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

business

Forum Merek China 2021 Diadakan di Beijing

  • Djono W. Oesman
  • 03 Dec 2021

culture

SEJARAH: 1997 Kota Kuno Pingyao Masuk Dalam Daftar Warisan B...

  • Lupita
  • 03 Dec 2021

news

Jembatan KA Cepat Lintas Laut Pertama China Selesai Dibangun

  • Djono W. Oesman
  • 03 Dec 2021

news

China Bentuk Pendidikan Bermutu dan Seimbang di Semua Kabupa...

  • Djono W. Oesman
  • 03 Dec 2021

news

Olimpiade-Paralimpiade Musim Dingin Beijing 2022, Siap

  • Djono W. Oesman
  • 03 Dec 2021

news

Rumah Sakit Rakyat Universitas Peking di Distrik Tongzhou Di...

  • Edwin Adriaansz
  • 03 Dec 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong