Baca dalam 4 menit

Serial K-Drama Squid Game yang Populer di China

Waktu Publish : 03 Oct 2021, 09:34 WIB
Sumber : RADII
SHARE ARTIKEL

Squid Game - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Bolong.id - Squid Game, drama Korea Selatan tentang tahanan yang dipaksa memainkan permainan klasik anak-anak untuk bertahan hidup, sedang dalam perjalanan untuk menjadi hit terbesar Netflix yang pernah ada. Obsesi terhadap serial tersebut bahkan meledak di Tiongkok, negara yang tidak memiliki akses ke platform streaming Netflix.

Dilansir dari RADII pada Sabtu (2/10/2021), topik 'Squid Game' ( #鱿鱼游戏 #) telah ditonton lebih dari 1,6 miliar kali dan 310.000 diskusi dalam seminggu terakhir, sementara 'Mengapa Game Squid begitu populer?' ( #鱿鱼游戏为什么这么火 #) memiliki 250 juta view. Di Douban, jawaban Tiongkok untuk IMDb, 1,53 juta netizen telah menonton, dan mendapat peringkat 7,7.

Tak pelak, netizen pun mulai membuat meme dengan konten tersebut.

Topik 'Seberapa sulitkah game karamel Squid Game?' ( #鱿鱼游戏的抠糖饼有多难 #) memiliki 32.000 diskusi dan berisi pilihan 'bentuk' yang menurut netizen akan jauh lebih menantang bagi para protagonis.

Meme tentang bentuk dalgona - Image from RADII/Weibo

Sementara itu, pemain Wolf Warrior Wu Jing telah dikaitkan dengan game seri 'Stop Stop Go' setelah netizens mencatat betapa miripnya jumpsuit hijaunya (bertuliskan karakter 'China') dalam film Song of Youth dengan pakaian tahanan Squid Game.

Wu Jing dan seragam hijau bertuliskan "China" - Image from Weibo

Kata salah satu penonton yang senang, “Dari pengambilan gambar, naskah, hingga tempo, tidak ada yang perlu dikeluhkan. Plotnya seru dan penuh suspense. Di atas segalanya, tema — permainan bertahan hidup — sangat langka di Tiongkok.”

“Permainan yang familiar itu ditafsirkan dengan cara yang berbeda, dan suasananya sangat intens! Banyak adegan juga mewakili kemunafikan dan kebenaran sifat manusia, ditambah dengan akting para aktor yang luar biasa. Plotnya langsung membuat saya tertarik,” ujar pengguna Weibo @鲜娱君.

Fans menemukan cara untuk mengakses pertunjukan melalui VPN dan berbagai aplikasi yang mengunggah pertunjukan secara ilegal. Tidak jelas berapa lama drama ini akan tetap tayang, karena situs streaming menghadapi peraturan yang semakin ketat selama setahun terakhir.

Meskipun Tiongkok adalah salah satu pasar film dan TV yang tumbuh paling cepat secara global, sangat sedikit konten asing yang diizinkan untuk diputar di Tiongkok setiap tahun. Dari yang masuk ke tanah air, adegan-adegan yang dianggap sensitif, berisi kekerasan, atau vulgar dipotong.

Pada bulan Februari, pihak berwenang menangkap pemilik salah satu platform streaming konten video asing yang paling menonjol — YYeTs.com, atau Renren Yingshi.

Bahkan pita hukum menjadi semakin gelisah. Hanya beberapa jam setelah Administrasi Radio dan Televisi Nasional Tiongkok merilis pemberitahuan bagi perusahaan untuk “dengan tegas menolak penyiaran kartun yang mengandung adegan kekerasan, darah, dan pornografi,” platform video utama Bilibili, Youku, dan Tencent Video menarik Ultraman Tiga dari situs mereka.

Beberapa netizen tidak dapat menahan diri untuk tidak menggunakan hype seputar acara Korea untuk mengomentari keadaan peraturan televisi dan film Tiongkok saat ini.

“Aku sangat cemburu,” komentar @芝士少女BaRa. “Meskipun kita sering melihat orang Korea sebagai orang gila, mereka melakukan ekspor budaya yang luar biasa. Mereka terus-menerus mendorong program TV ke seluruh dunia, sementara kami hanya memproduksi program online berkualitas rendah, serangkaian serial tentang Tiongkok kuno, dan menjatuhkan Ultraman. Terkadang saya melihat kata-kata 'kepercayaan budaya' dan merasa ingin menampar diri sendiri.” (*)


Informasi Seputar Tiongkok



Terkait

lifestyle

Dituduh Jiplak Squid Game, Acara China Ini Langsung Ubah Nam...

  • Lupita
  • 25 Oct 2021

news

Pengawas CPNS Berpakaian ala Squid Game di Jatim, Viral di C...

  • Lupita
  • 24 Oct 2021

culture

Resep Permen Dalgona Ala Squid Game yang Viral

  • Lupita
  • 24 Oct 2021

news

Sebuah Toko di Shanghai Populerkan Dalgona Challenge

  • Lupita
  • 23 Oct 2021

lifestyle

Unik! Kue Ku Khas China Ini Dibentuk Seperti Karakter di Squ...

  • Lupita
  • 20 Oct 2021

news

Dalgona Candy Ala Squid Game Booming di China Hingga Ludes d...

  • Lupita
  • 19 Oct 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong