Baca dalam 3 menit

Cek 5 Fakta Menarik Pendidikan di Tiongkok Ini Yuk!

SHARE ARTIKEL

Pendidikan di Tiongkok - Image from liputan6.com

Jakarta, Bolong.id -Tiongkok identik dengan warganya yang kompetitif dan displin. Salah satu alasannya adalah karena sistem pendidikannya yang memiliki karakter yang kuat. Murid-murid di Beijing, Tiongkok memiliki tingkat kemampuan membaca di tingkat teratas.

Bahkan tingkat literasi di Tiongkok sampai 99,4 persen, lho. Karena memang pendidikan adalah salah satu aspek yang menjadi perhatian pemerintah Tiongkok.

Berikut beberapa fakta menarik soal pendidikan di Tiongkok yang berbeda dengan di Indonesia!

Belajar lebih dari 8 jam

Tiongkok memiliki tingkat kompetisi yang tinggi di bidang akademik, murid SMA biasanya didaftarkan orang tuanya ke berbagai tempat les. Ini bertujuan untuk membantu siswa masuk perguruan tinggi terbaik. Murid-murid biasanya mulai sekolah mulai 7.30 pagi dan pulang jam 5 sore. Setelah itu mereka lanjut belajar di tempat les.

Jam tidur siang

Karena jam belajar yang panjang, biasanya murid-murid di Tiongkok tidur siang sebentar sebelum pelajaran setelah makan siang dimulai. Dan ternyata budaya ini tidak hanya berlaku di sekolah saja tapi di kantor juga! Unik ya.

Pemanasan setiap hari


Di Tiongkok sebelum mulai kegiatan belajar para murid diwajibkan untuk pemanasan dulu, lho. Pemanasan ini dipimpin langsung oleh guru olahraga, tujuannya agar murid lebih semangat untuk menjalani hari. Di siang hari akan ada pemanasan kedua yang diiringi musik.

Ada grafik ranking


Kalo di Indonesia biasanya ranking diumumkan per semester atau per tahun ajaran, di Tiongkok ranking di-update terus setiap harinya. Tujuannya untuk memotivasi murid-murid agar semangat belajar dan kompetitif.

Ranking umumnya didasarkan pada nilai dan keaktifan. Misalnya, jika murid menjawab pertanyaan dengan benar di kelas, ia akan mendapat bintang. Kalau dia ngobrol dengan temannya, bintangnya akan berkurang. Ranking ini diperbarui terus setiap harinya di papan sehingga semua murid bisa melihat pencapaian satu sama lain.

Membersihkan sekolah


Jika di Indonesia kita sering menyebutnya piket, sekolah di Tiongkok juga menerapkan hal yang sama. Murid-murid akan berkumpul dan membersihkan sekolah. Ada yang mengepel lantai, menyapu, membersihkan toilet, meja dan lain-lain. Ini bertujuan untuk mengajarkan sikap gotong royong dan kebersihan para murid.

Jadi itu dia beberapa fakta pendidikan di Tiongkok, menarik bukan? (*)

Terkait

culture

Cek 5 Fakta Menarik Pendidikan di Tiongkok Ini Yuk!

  • Lupita
  • 22 Nov 2020
Logo follow bolong