Baca dalam 3 menit

Koleksi Seni China Kuno Milik Rong Geng Dipamerkan

SHARE ARTIKEL

Luang Shu Fou Jar, Dinasti Zhou - Image from CGTN

Beijing, Bolong.id - Ahli paleografi dan kolektor Tiongkok, Rong Geng, terkenal karena studi arkeologisnya tentang prasasti benda-benda perunggu Tiongkok kuno dan prasasti batu. Museum Seni Nasional Tiongkok tahun ini memamerkan penemuannya.

Wadah makanan Zhonghuifu gui, Dinasti Zhou - Image from CGTN

Hampir 300 item dalam koleksi Rong termasuk lukisan, karya kaligrafi, peralatan perunggu kuno, dan prasasti.Dilansir dari CGTN pada Rabu (04/11/2020).

Penelitian tentang kaligrafi merupakan arahan akademis yang penting bagi Rong. "Koleksi Buku Salinan" 755 volume yang sangat besar dianggap luar biasa. Banyak item adalah satu-satunya edisi yang diawetkan atau sangat langka.

Copybook prasasti batu yang dikoleksi oleh Rong Geng. - Image from CGTN

"Tuan Rong Geng menghabiskan 50 tahun mengumpulkan sampah dari prasasti batu," kata Hao Jingyu dari Rumah Penerbitan Rakyat Guangdong. "Kali ini kami memamerkan lima kategori koleksinya, termasuk prasasti batu kerajaan dan yang memiliki karakteristik lokal yang unik dari berbagai tempat di negara ini. Beberapa di antaranya mungkin berasal dari awal Dinasti Song yang hampir seribu tahun yang lalu, dan para saksi mata sejarah. "

Setelah bertahun-tahun mempelajari prasasti peralatan perunggu, Rong menyelesaikan bukunya tentang subjek tersebut pada tahun 1925. Hingga hari ini, buku tersebut tetap menjadi bacaan wajib bagi para pekerja filologi dan kolektor perunggu.

"Investigasi Prasasti di Perunggu Kuno" - Image from CGTN

“Rong Geng dianggap berbeda dari kolektor lain karena koleksinya lebih banyak ditujukan untuk studi akademis,” kata Wu Guobao, kurator pameran. "Dia mengerjakan prasasti pada benda-benda perunggu Tiongkok kuno selama bertahun-tahun. Benda yang sangat penting yang dipamerkan kali ini adalah dari koleksi Rong Geng, Stoples perunggu Luan Shu Fou, yang berusia hampir 3.000 tahun."

Luang Shu Fou Jar, Dinasti Zhou - Image from CGTN

Rong lahir pada tahun 1890-an dan meninggal pada tahun 1980-an. Dia mengalami jatuhnya dinasti kekaisaran terakhir Tiongkok, Dinasti Qing, dan tahun-tahun peperangan berikutnya, berdirinya Republik Rakyat Tiongkok, serta rekonstruksi dan perkembangannya. Sepanjang hidupnya, dia berusaha keras untuk mengumpulkan dan melindungi harta karun seni Tiongkok dan kemudian menyumbangkan sebagian besar darinya. Harta karun ini diyakini sangat berharga untuk penelitian akademis tentang sejarah Tiongkok.(*)

Terkait

culture

Koleksi Seni China Kuno Milik Rong Geng Dipamerkan

  • Lupita
  • 05 Nov 2020
Logo follow bolong