Baca dalam 3 menit

Xi Jinping Beri Selamat Pada Aung San Suu Kyi Atas Kemenangan Pemilu Myanmar

SHARE ARTIKEL

Xi Jinping dan Aung San Suu Kyi - Image from ft.com

Beijing, Bolong.id - Xi Jinping, Presiden Tiongkok, pada hari Senin (16/11) mengirim surat ucapan selamat kepada Aung San Suu Kyi, ketua partai National League for Democracy (NLD) yang berkuasa di Myanmar atas kemenangan NLD dalam pemilihan umum yang diadakan di Myanmar pada 8 November.

Xi, sekertaris jendral Communist Party of China (CPC) juga mengatakan dia yakin NLD akan mencapai kesuksesan yang lebih besar dalam membangun negara yang makmur dan kuat di bawah kepemimpinan Aung San Suu Kyi, yang juga merupakan penasihat negara Myanmar.

Menyambut persahabatan "Paukphaw" (persaudaraan) antara kedua negara tetangga, Xi mencatat bahwa tahun ini menandai peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Tiongkok-Myanmar.

Presiden Tiongkok melakukan kunjungan kenegaraan ke Myanmar pada Januari, di mana kedua negara sepakat untuk bersama-sama membangun komunitas dengan masa depan bersama, membuka era baru hubungan bilateral.

Xi menekankan dukungan dan bantuan timbal balik antara CPC dan NLD dan antara kedua negara dalam perang melawan wabah COVID-19 yang luar biasa.

Persahabatan antara CPC dan NLD telah memainkan peran penting dalam mempromosikan perkembangan hubungan Tiongkok-Myanmar yang sehat dan stabil, katanya, dan menambahkan bahwa ia bersedia bekerja sama dengan Aung San Suu Kyi untuk memperkuat kedua negara.

NLD memenangkan 920 kursi, mayoritas mutlak dalam pemilihan umum Myanmar, menurut hasil akhir yang diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum pada hari Minggu (15/11). Dilansir dari CGTN pada Selasa (17/11/2020). (*)

Terkait

international

Xi Jinping Beri Selamat Pada Aung San Suu Kyi Atas K

  • Lupita
  • 18 Nov 2020
Logo follow bolong